Jeffrey Huang Bikin Geger Pasar NFT, BAYC Terhempas atau Terbang?

Jeffrey Huang Bikin Geger Pasar NFT, BAYC Terhempas atau Terbang?

Bored Ape Yacht Club (BAYC), salah satu koleksi NFT terkemuka, mengalami turbulensi signifikan akhir pekan ini karena serangkaian transaksi yang dilakukan oleh Jeffrey Huang, yang juga dikenal sebagai Machi Big Brother.

Huang menjual lebih dari 50 Bored Apes dalam beberapa hari terakhir, dengan satu transaksi saja menghasilkan 651 Ethereum (sekitar $1,2 juta) di NFT marketplace Blur. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dampak Penjualan Machi Big Brother terhadap Harga NFT BAYC

machi big brother
Sumber: Token Insight

Pengaruh penjualan Huang sangat jelas saat harga dasar NFT Bored Ape Yacht Club, yang sudah mengalami tekanan dalam beberapa bulan terakhir, mencapai titik terendah dalam Ethereum sejak November 2021.

Pada April 2022, harga dasar NFT Bored Ape mencapai puncak sekitar 152 Ethereum, namun baru-baru ini menurun menjadi sekitar 33 Ethereum (setara dengan $62.000), menurut data NFT Price Floor.

Koleksi BAYC memiliki kapitalisasi pasar lebih dari $737 juta, menjadikannya koleksi terbesar kedua setelah Crypto Punks. Namun, koleksi BAYC mengalami rebound sebagian pada hari Minggu ketika Huang membeli 14 Bored Apes, termasuk satu NFT dari koleksi sebanyak 41 Ethereum (lebih dari $77.000).

Sebagai hasilnya, Bored Ape termurah saat ini meminta harga sekitar $74.000, mencerminkan peningkatan nilai sekitar 14% selama sehari, menurut NFT Price Floor.

Baca Juga: Raup Rp319 Miliar, BAYC Mendominasi Penjualan Pasar NFT. Gimana Nasib Bitcoin Ordinals?

Polemik Hukum Seputar Jeffrey Huang

Selama periode ini, Huang menggunakan Twitter, mengumumkan bahwa “meme terbaik memenangkan ape” dan membagikan gambar dirinya sedang memegang senapan sebagai template untuk pembuatan meme.

Transaksi Bored Ape profil tinggi oleh Huang ini terjadi segera setelah penyelidik blockchain ZachXBT mengungkapkan bahwa dia sedang digugat oleh Huang karena pencemaran nama baik.

Gugatan tersebut berasal dari artikel investigasi yang diterbitkan oleh ZachXBT tahun lalu, yang menuduh bahwa Huang telah menyelewengkan puluhan juta dolar Ethereum dari platform manajemen treasury crypto yang sudah tidak beroperasi lagi yang didirikan oleh Huang. ZachXBT menggambarkan gugatan tersebut sebagai tidak berdasar dan mencoba mengekang kebebasan berbicara.

Baca Juga: Forj Meluncurkan Akselerator Ape untuk Komunitas BAYC, Bakal Seperti Apa?

Masa Depan Pasar NFT Pasca Kontroversi

masa depan nft bayc
Sumber: Blockworks

Situasi yang berkembang seputar transaksi Huang dan sengketa hukum menambah volatilitas dan ketidakpastian dalam pasar NFT.

Bored Ape Yacht Club, meskipun mengalami penurunan baru-baru ini, tetap menjadi koleksi yang menonjol dengan nilai lebih dari $737 juta. Trajektori masa depannya kemungkinan akan dipengaruhi oleh kekuatan pasar, sentimen investor, dan perkembangan berkelanjutan seputar tokoh utama seperti Jeffrey Huang.

Seiring berkembangnya pasar NFT, kejadian semacam ini menyoroti kebutuhan akan transparansi, due diligence, dan pendekatan hati-hati di antara peserta. Investor dan kolektor harus tetap mengikuti dinamika pasar, memantau perubahan harga, dan berhati-hati dalam menavigasi lanskap yang cepat berubah ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: