Transaksi Terbesar dalam 5 Tahun, Penambang Bitcoin Transfer Massal 55.068 BTC ke Exchange!

Transaksi Terbesar dalam 5 Tahun, Penambang Bitcoin Transfer Massal 55.068 BTC ke Exchange!

Firma analitik blockchain, Glassnode, melaporkan bahwa grafik pergerakan rata-rata harian selama 7 hari untuk penambang BTC menunjukkan aliran ke exchange mencapai puncak 5 tahun sebesar 55.068 BTC. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Keseimbangan Penambang Bitcoin

bitcoin miners exchange flow
Bitcoin Miners to Exchange Flow. Sumber: Glassnode

Meski aliran dana dari penambang ke exchange cukup tinggi, penambang masih memiliki sekitar 1,829 juta BTC (sekitar $49 miliar), menurut data dari Glassnode.

Cadangan penambang meningkat pada awal Juni, naik dari 1,836 juta yang dicatat pada 31 Mei 2023 menjadi 1,845 juta pada 2 Juni 2023.

Namun, cadangan tersebut mengalami penurunan ringan setelah berita tentang gugatan SEC AS terhadap Coinbase dan Binance muncul di periode yang sama.

Pada 11 Juni 2023, Glassnode melaporkan bahwa penambang mengirimkan koin signifikan ke exchange, dengan aliran terbesar setara dengan $70,8 juta.

Baca Juga: Wah, Perusahaan Cipher Mining Beli 11.000 Mesin Mining Bitcoin Baru dari Canaan!

Dampak pada Saldo BTC di Exchange

bitcoin miners balance
Bitcoin miners balance. Source: Glassnode

Meskipun aliran penambang ke exchange meningkat, saldo BTC di bursa mencapai titik terendah 3 bulan sebesar 2,28 juta BTC karena aliran keluar melebihi aliran masuk.

Sebagai konteks, aliran keluar Bitcoin dari exchange melebihi aliran masuk dalam 24 jam terakhir sebesar $56,3 juta, menurut data Glassnode.

Meski demikian, peningkatan transaksi ini menunjukkan bahwa penambang Bitcoin mungkin mencari kesempatan untuk meraup keuntungan.

Baca Juga: Energy Web Luncurkan Serfitikasi untuk Penambangan Bitcoin, Apa Saja Syaratnya?

Apa Arti Ini Bagi Harga Bitcoin?

Ada berbagai reaksi terhadap apa yang bisa ini berarti untuk Bitcoin. Umumnya, aliran dana ke exchange mengindikasikan bahwa entitas berencana menjual.

Hal ini mungkin berarti penambang ingin menukarkan BTC mereka menjadi tunai akibat lingkungan regulasi yang kurang menguntungkan.

Namun, beberapa analis pasar percaya bahwa transaksi penambang ini menunjukkan kepercayaan mereka pada harga Bitcoin di masa depan, karena keuntungan mereka sangat bergantung pada kinerja aset tersebut.

Melihat dari berbagai sudut pandang, Bitcoin telah mengalami penurunan nilai yang signifikan dalam dua minggu terakhir, dengan berbagai berita negatif yang mempengaruhi kinerjanya. Namun, sentimen seputar aset digital unggulan tampaknya telah berubah setelah BlackRock mengajukan permohonan untuk Bitcoin Spot ETF. Baca berita lengkapnya di ETF Bitcoin Spot oleh BlackRock, Langkah Berani Menuju Adopsi Bitcoin yang Lebih Luas!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: