Filecoin Buat Gebrakan di Q2 2023: Peningkatan Penggunaan Penyimpanan Lebih dari 7%!

Filecoin Buat Gebrakan di Q2 2023: Peningkatan Penggunaan Penyimpanan Lebih dari 7%!

Filecoin, platform layanan data terdesentralisasi berbasis Interplanetary File System (IPFS), mencatat peningkatan 64% dalam kesepakatan aktif di Q2 2023. Meskipun menghadapi dampak berat dari litigasi SEC terhadap Coinbase dan Binance, catatan ini cukup mengesankan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan Penggunaan Penyimpanan Filecoin

peningkatan penggunaan adopsi filecoin
Pertumbuhan tingkat adopsi Filecoin. Sumber: Messari

Dilansir dari Cointelegraph, pada Q2 2023, utilitas penyimpanan Filecoin meningkat dari 4% di Q1 2023 menjadi hampir 8%. Hal ini menyebabkan kapasitas penyimpanan menurun sebesar 12% QoQ.

Pendapatan dari biaya telah tumbuh sebesar 67% dalam USD menjadi 91%, yang sangat dipengaruhi oleh peningkatan 60% dalam klien dataset besar dan peningkatan 64% QoQ dalam kesepakatan penyimpanan aktif.

Baca Juga: Polygon dan Solana Melonjak! Apa yang Mendorong Kenaikan Harga Crypto Ini?

Dampak Harga FIL dan Biaya Penalti

Meskipun biaya dasar FIL meningkat sekitar tiga kali lipat QoQ, biaya penalti koin menurun 17% QoQ dan 29% dibandingkan dengan puncak $0,7 juta di Q4 2022.

Biaya penalti tinggi di masa lalu disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penghentian unit penyimpanan dasar oleh penyedia penyimpanan sebelum periode penyimpanan yang disepakati.

Baca Juga: Standard Chartered Prediksi Harga Bitcoin Capai Rp1,8 Miliar? Ini Faktor Utamanya!

Peran Filecoin Virtual Machine (FVM)

peran filecoin vitual machine
Sumber: Filecoin

Filecoin menggunakan Filecoin Virtual Machine (FVM), yang membawa smart contract ala Ethereum ke jaringan, memungkinkan kasus penggunaan baru, termasuk penyimpanan abadi, staking likuid, dan komputasi terdesentralisasi. Mesin virtual ini telah membantu mengatasi hambatan dari bergantung pada penyimpanan data terpusat.

Meskipun menghadapi tantangan berat, Filecoin telah mencatat pertumbuhan yang mengesankan dalam Q2 2023. Dengan peningkatan 64% dalam kesepakatan aktif dan penggunaan baru yang diperkenalkan oleh Filecoin Virtual Machine, Filecoin terus menunjukkan potensinya sebagai platform layanan data terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: