Gara-gara Friend.tech, Aktivitas Base Melonjak dan Kalahkan Ethereum

author:

Gara-gara Friend.tech, Aktivitas Base Melonjak dan Kalahkan Ethereum

Friend.tech, aplikasi sosial terdesentralisasi yang baru diluncurkan, telah menjadi pendorong utama di balik lonjakan aktivitas pada jaringan Layer-2 Coinbase, Base. Dengan kemampuan untuk meng-tokenisasi akun media sosial dan menjual kepemilikan fraksional, Friend.tech telah menarik perhatian besar dari komunitas crypto.

Lonjakan Aktivitas pada Base Lampaui Ethereum

Base, yang baru-baru ini diluncurkan sebagai solusi scaling Layer-2 dari Coinbase, telah melihat lonjakan aktivitas yang signifikan. Menurut Brian Armstrong, CEO Coinbase, Friend.tech bertanggung jawab atas sebagian besar dari lonjakan transaksi per detik (TPS) di Base.

Baca juga: Transaksi Harian Base Melampaui Ethereum dengan Gebrakan Friend.tech

Armstrong mencatat bahwa Base telah mencapai lebih dari 16 TPS, melebihi kapasitas Ethereum, dengan Friend.tech menjadi kontributor utama volume ini.

“Banyak yang disebabkan oleh Friend.tech, namun tetap saja – pertumbuhan yang luar biasa,” tambahnya, mengakui bahwa satu platform yang mendorong aktivitas.

aktivitas base kalahkan ethereum
Perbandingan aktivitas Base vs Ethereum. Sumber: L2beat

Per 21 Agustus 2023, L2beat melaporkan bahwa aktivitas Base sebenarnya melonjak di atas Ethereum. Total aktivitas di semua jaringan layer-2 sekitar lima kali lipat dari Ethereum dalam hal transaksi per detik.

Selain itu, aktivitas Base TPS telah melonjak selama seminggu terakhir yang memungkinkannya melampaui pemimpin pasar lapisan-2 Arbitrum dan Optimisme.

Meskipun Base telah menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan, sebagian besar aktivitasnya saat ini didorong oleh popularitas Friend.tech, yang memungkinkan pengguna untuk meng-tokenisasi akun media sosial mereka.

Apa Itu Friend.tech?

platform friendtech

Friend.tech adalah platform yang memfasilitasi tokenisasi akun media sosial. Individu dapat memperoleh “saham” dari akun-akun ini, yang memberi mereka kesempatan untuk berinteraksi secara pribadi dengan pemilik akun.

Banyak influencer, terutama yang beroperasi di sektor crypto, telah menunjukkan ketertarikan besar pada Friend.tech, melihatnya sebagai evolusi potensial dalam dunia media sosial.

Sebagai jaringan Layer-2, Base bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas dan mengurangi biaya dengan menyelesaikan transaksi di luar rantai sebelum mengelompokkannya ke Ethereum.

Baca juga: Tren Crypto Friend.Tech Merajalela, Anak John Lennon Ikutan Terjun!

Masa Depan Friend.tech dan Base

Kesuksesan awal Friend.tech menunjukkan bahwa Base memenuhi janjinya sebagai solusi scaling yang komersial. Dengan demikian, aplikasi ini memberikan Base kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam mendukung adopsi konsumen skala besar di dunia nyata.

Namun, dengan popularitas yang meningkat, ada juga tantangan yang muncul. Beberapa pengamat telah menunjukkan kekhawatiran tentang kehadiran bot dan spammer di Friend.tech.

Meskipun demikian, dengan dukungan dari Coinbase dan potensi yang ditawarkan oleh Friend.tech, masa depan untuk kedua platform ini tampak cerah.

Pada akhirnya, kemitraan antara Friend.tech dan Base menandai langkah penting dalam evolusi teknologi blockchain dan media sosial. Dengan inovasi dan kolaborasi, kedua platform ini siap untuk membawa perubahan signifikan dalam cara kita memahami dan berinteraksi dengan dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: