Akhir dari Tekanan Jual Bitcoin? JPMorgan dan Grayscale Beri Sinyal Positif!”

Akhir dari Tekanan Jual Bitcoin? JPMorgan dan Grayscale Beri Sinyal Positif!”

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan banyak pengamat pasar, JPMorgan Chase & Co. mengungkapkan bahwa tekanan jual pada Bitcoin tampaknya mulai mereda. Hal ini terjadi setelah periode intensif di mana Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) melakukan pengambilan keuntungan yang signifikan. Apa arti perubahan ini bagi pasar crypto?

Grayscale dan Pengambilan Keuntungan: Babak Baru

grayscale prediksi bitcoin 2024
Sumber: Cryptonomist

Grayscale, melalui GBTC, telah menjadi salah satu kanal investasi Bitcoin terbesar di Amerika Serikat. Namun, dalam beberapa minggu terakhir, terjadi pengambilan keuntungan yang besar-besaran dari GBTC, yang menimbulkan tekanan jual pada Bitcoin.

JPMorgan mencatat bahwa aliran keluar dari GBTC, yang diperkirakan mencapai sekitar $3 miliar, telah memberikan dampak signifikan terhadap harga Bitcoin. Namun, analis di bank tersebut kini percaya bahwa fase pengambilan keuntungan ini telah hampir selesai, memberikan sedikit lega bagi pasar crypto.

Baca Juga: Kolaborasi Raksasa Keamanan dan Digital: Brink’s Berinvestasi di BitGo

Dampak ETF Bitcoin Spot dan FTX

Peluncuran ETF Bitcoin spot di AS telah menyebabkan penurunan lebih dari 20% pada harga Bitcoin dalam dua minggu setelah peluncuran. Investor yang membeli GBTC dengan diskon sebelumnya, kini beralih ke ETF yang lebih murah, menyebabkan aliran keluar dana dari GBTC.

Selain itu, kebangkrutan bursa crypto FTX dan penjualan GBTC senilai sekitar $1 miliar oleh pihaknya telah menambah tekanan jual pada Bitcoin. Namun, dengan sebagian besar aliran keluar ini telah terjadi, tekanan jual diharapkan akan berkurang.

Baca Juga: Raksasa Angkutan Uang Brink’s Bermitra dengan Bitgo: Kolaborasi Strategis Keamanan Crypto!

Prospek Pasar Bitcoin: Apa Selanjutnya?

JPMorgan mengindikasikan bahwa dengan berkurangnya tekanan jual dari GBTC, serta potensi stabilisasi aliran keluar dana, pasar Bitcoin dapat menemukan dasar yang lebih kuat untuk pemulihan. Ini bisa menjadi titik balik bagi Bitcoin yang telah mengalami volatilitas tinggi.

Namun, masih ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan, termasuk kecepatan Grayscale dalam menurunkan biayanya dan potensi persaingan dari ETF Bitcoin spot lainnya. Kedua faktor ini dapat mempengaruhi dinamika pasar Bitcoin ke depan.

Kesimpulan

Meskipun pasar crypto telah menghadapi tantangan besar baru-baru ini, sinyal positif dari JPMorgan dan Grayscale dapat memberikan harapan baru bagi investor Bitcoin. Dengan tekanan jual yang mereda, Bitcoin mungkin siap untuk memasuki fase pemulihan dan stabilitas yang lebih besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: