OpenSea Pecat 50% Staff, Kenapa Ini Terjadi?

OpenSea Pecat 50% Staff, Kenapa Ini Terjadi?

OpenSea, platform NFT yang populer untuk perdagangan Bored Apes dan Pudgy Penguins, baru-baru ini memecat 50% dari karyawan mereka. Langkah ini diambil seiring dengan penurunan harga NFT dan persiapan peluncuran OpenSea 2.0. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Langkah Drastis OpenSea

langkah drastis opensea
Sumber: Akun X Devin Finzer

CEO OpenSea, Devin Finzer, mengumumkan bahwa perusahaan sedang melakukan pemangkasan besar-besaran pada staf operasionalnya. Menurut laporan Decrypt, pemecatan ini mungkin telah mempengaruhi hingga 50% dari staf OpenSea.

Finzer menyatakan bahwa perusahaan sedang membangun fondasi baru untuk berinovasi lebih cepat dan akan segera berbagi pengalaman baru dengan pengguna. OpenSea berencana untuk beroperasi dengan tim yang lebih kecil namun memiliki hubungan langsung dengan pengguna.

Baca Juga: OpenSea Menghadirkan Studio Baru, Membawa Revolusi Dunia NFT ke Ujung Jari!

Penurunan Aktivitas OpenSea

Grafik aktivitas OpenSea menunjukkan penurunan drastis. Pada puncaknya, OpenSea memiliki lebih dari 50.000 dompet aktif dengan volume harian $140 juta. Namun, angka tersebut telah turun menjadi kurang dari 8.000 dompet aktif dengan volume harian hanya $2,3 juta.

Pada saat yang sama, laporan Nansen menunjukkan bahwa harga NFT dari koleksi “blue-chip” terkenal telah turun lebih dari 25% pada Agustus. Indeks NFT-500 Nansen juga turun 55% sepanjang tahun ini.

Baca Juga: OpenSea Studio: Inovasi Dunia NFT yang Mengubah Cara Kamu Mengelola Proyek NFT!

OpenSea 2.0: Harapan atau Hanya Wacana?

OpenSea sedang mempersiapkan peluncuran OpenSea 2.0, namun belum ada detail yang dibagikan tentang penawaran produk atau jadwal peluncurannya. Finzer tidak memberikan detail tentang perbedaan antara OpenSea 2.0 dan pendahulunya. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah OpenSea 2.0 akan menjadi solusi untuk penurunan aktivitas dan harga NFT, atau hanya menjadi wacana tanpa realisasi yang jelas.

Dengan pemecatan besar-besaran dan penurunan aktivitas yang signifikan, masa depan OpenSea dan pasar NFT secara umum menjadi pertanyaan besar. Apakah ini merupakan akhir dari era NFT, atau apakah OpenSea 2.0 akan mampu membalikkan keadaan, hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: