AI Open-Source Siap Ungguli ChatGPT! Gimana Potensi Masa Depannya?

AI Open-Source Siap Ungguli ChatGPT! Gimana Potensi Masa Depannya?

Kabar mengejutkan datang dari dunia kecerdasan buatan (AI) saat AI open-source mulai menunjukkan taringnya. Tidak hanya mampu bersaing, beberapa di antaranya bahkan berpotensi melampaui model AI privat seperti ChatGPT yang selama ini mendominasi. Penasaran dengan kemajuan teknologi ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

AI Open-Source: Ancaman Baru bagi Raksasa Teknologi

ai open source
Performa pemahaman bahasa multitask yang masif dari model AI open source dan privat. Sumber ARK Invest

ARK Invest, lembaga riset yang dipimpin oleh Cathy Wood, baru-baru ini mengungkapkan bahwa AI open-source seperti Yi 34B, Falcon 180B, dan Mixtral 8x7B telah menunjukkan performa yang mengesankan. Menurut mereka, model-model ini tidak hanya mampu menyaingi, tetapi juga berpotensi mengungguli model-model AI privat seperti ChatGPT pada tahun 2024.

Hal ini menandakan pergeseran paradigma dalam pembangunan infrastruktur AI yang selama ini didominasi oleh pendekatan terpusat. ARK Invest menyoroti bahwa AI open-source memiliki keunggulan dalam hal aksesibilitas dan transparansi.

Dengan pendekatan yang lebih terbuka, pengembang dan peneliti dari seluruh dunia dapat berkontribusi dan memanfaatkan model-model ini untuk berbagai keperluan. Ini berbeda dengan model-model AI privat yang cenderung membatasi akses publik terhadap sumber data dan algoritma yang digunakan.

Baca Juga: Snapchat Luncurkan Fitur AI Generatif, Kreasi Snaps dengan Teks Promp!

Lonjakan Nilai Crypto Seiring Pujian untuk AI Open-Source

Pengakuan ARK Invest terhadap AI open-source tidak hanya berdampak pada dunia teknologi, tetapi juga pasar crypto. Token crypto yang terkait dengan AI seperti INJ, ICP, dan RNDR mengalami kenaikan nilai yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa investor mulai melirik potensi besar dari AI open-source dan berinvestasi dalam aset digital yang terkait.

Kenaikan nilai crypto ini mencerminkan optimisme pasar terhadap masa depan AI open-source. Token INJ, misalnya, melonjak hingga 27%, sementara ICP dan RNDR juga menunjukkan kenaikan yang tidak kalah impresif. Investor tampaknya yakin bahwa AI open-source akan memainkan peran penting dalam perkembangan teknologi ke depannya.

Baca Juga: Inovasi Cemerlang! WiCrypt Nigeria Terima Investasi $150.000 dari Microsoft!

Demokratisasi AI: Harapan Baru bagi Pengembang Global

demokratisasi ai
Sumber: Akun X Cathie Wood

Salah satu alasan mengapa AI open-source menjadi begitu penting adalah karena potensinya dalam mendemokratisasi akses ke teknologi AI. Dengan model-model ini, pengembang dari berbagai latar belakang dapat berinovasi tanpa terhalang oleh batasan yang diterapkan oleh model-model AI privat.

Ini membuka peluang baru bagi inovasi dan kolaborasi di skala global. Brian Roemmele, seorang insinyur AI, menekankan pentingnya performa AI open-source dalam memastikan akses yang lebih luas.

Dengan adanya model-model seperti LLaMA dari Meta yang terus mengalami peningkatan, kita dapat mengharapkan lebih banyak terobosan yang berasal dari komunitas open-source. Ini menandai era baru di mana AI tidak lagi menjadi monopoli perusahaan besar, melainkan menjadi aset yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Kemajuan AI open-source membuka lembaran baru dalam sejarah teknologi, di mana kamu tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga bisa menjadi bagian dari revolusi ini. Dengan potensi yang terus berkembang dan dukungan yang semakin luas, masa depan AI tampaknya akan semakin demokratis dan inklusif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: