Langkah Revolusioner Inggris: Setiap Model AI Harus Lulus Uji Kelayakan Sebelum Diluncurkan!

Langkah Revolusioner Inggris: Setiap Model AI Harus Lulus Uji Kelayakan Sebelum Diluncurkan!

Dalam sebuah keputusan yang berpotensi mengubah peta jalan kecerdasan buatan (AI) global, Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengumumkan bahwa semua perusahaan AI diharapkan untuk mengirimkan model mereka untuk diuji sebelum dirilis ke publik.

Kesepakatan ini, yang dicapai selama KTT Keselamatan AI pertama yang diadakan di Inggris, menandai komitmen bersama antara pemerintah dan perusahaan AI untuk mengurangi risiko yang terkait dengan teknologi baru ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kesepakatan Bletchley Park

Kesepakatan yang dijuluki ‘Bletchley Park Communique’ ini mencerminkan keseriusan dalam mengatasi risiko yang mungkin ditimbulkan oleh model AI dan teknologi serupa.

Sunak menekankan bahwa perusahaan-perusahaan AI tidak lagi dapat “menilai pekerjaan rumah mereka sendiri”, menunjukkan pergeseran dari praktik self-regulation menuju pengawasan eksternal.

KTT ini dihadiri oleh negara-negara terkemuka dalam pengembangan AI, termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, dan negara-negara lainnya, tetapi menariknya, China tidak terlibat dalam diskusi pengujian model AI.

Baca Juga: Abu Dhabi Meluncurkan Regulasi Blockchain Pertama di Dunia, Menjadi Pionir Inovasi Digital

Pengujian Model AI yang Ketat

Sunak menegaskan bahwa pengembangan AI yang aman sangat kritikal dan bahwa risiko dari model-model baru harus dinilai secara ketat sebelum dan setelah mereka dikerahkan.

Kesepakatan ini mencakup evaluasi untuk kemampuan yang berpotensi berbahaya dan akan melibatkan pengujian independen eksternal sebelum model-model tersebut digunakan.

Kebijakan ini, jika diterapkan secara luas, akan mempengaruhi perusahaan yang sudah maju dalam skena AI dan juga mereka yang berencana untuk memasuki pasar.

Baca Juga: Peningkatan Crypto Security dan Cybernetics: Harapan Baru Korban Penipuan Crypto

Keterlibatan dan Kebijakan Global

keterlibatan dan kebijakan lokal
Sumber: The Telegraph

Meskipun China tidak terlibat dalam diskusi hari kedua, Sunak menyatakan bahwa penting untuk melibatkan China dalam beberapa bagian dari KTT sesuai dengan kebijakan Inggris untuk berinteraksi dengan China di mana mungkin sambil melindungi dari risiko.

Kehadiran Elon Musk, bos Tesla, di KTT menandakan peluang besar bagi berbagai pemimpin di bidang AI dan menimbulkan spekulasi tentang usaha masa depan terkait model AI.

Inisiatif yang diumumkan oleh Perdana Menteri Rishi Sunak di KTT Keselamatan AI menetapkan standar baru dalam pengembangan dan peluncuran model AI. Langkah ini diharapkan akan meningkatkan keamanan dan kepercayaan dalam teknologi yang berkembang pesat ini, memastikan bahwa inovasi tidak hanya canggih tetapi juga aman bagi masyarakat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: