AI Makin Diandalkan! Teknologi AI Dinilai Hadirkan Keamanan & Transparansi ke Pasar NFT

AI Makin Diandalkan! Teknologi AI Dinilai Hadirkan Keamanan & Transparansi ke Pasar NFT

Tahukah kamu bahwa teknologi AI bisa bantu pasar NFT jadi jauh lebih aman?

Teknologi analitik blockchain bertenaga AI bertujuan untuk melindungi pengguna NFT dari masalah keamanan yang menganggu ekosistem.

Pertumbuhan NFT yang berkembang pesat membuat biaya pemroresan NFT jadi makin tak terkendali. Oleh karena itu, teknologi AI melangkah untuk memperbaikinya.

Bagaimana AI bisa bantu pasar NFT jadi makin aman? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Masalah Apa yang Kini Dihadapi Pasar NFT?

Dalam waktu kurang dari satu dekade, industri NFT telah berkembang menjadi proof-of-ownership yang canggih bagi berbagai aset digital dan fisik.

Seperti halnya industri decentralized finance (DeFi), industri crypto dan pasar NFT tumbuh telah pesat tanpa pengawasan peraturan tradisional.

Ekspansi tanpa gangguan ini memungkinkan desentralisasi berjalan sepenuhnya di seluruh ekosistem NFT.

Namun kurangnya standarisasi menyebabkan efek buruk yang sama yang dihadapi industri DeFi selama masa pertumbuhannya.

Struktur terfragmentasi dari ekosistem NFT saat ini menyebabkan kebingungan bagi pengguna dan juga berbagai pasar NFT yang berbeda, koleksi NFT yang beragam, dan metode penetapan harga yang tidak konsisten.

Baca Juga: 3 Proyek AI Ini Viral! Harganya Naik Hingga 293% dalam 30 Hari!

Hal ini pada akhirnya mengubah keputusan yang tepat dalam hal pembelian NFT dan menjadi sebuah transaksi yang kompleks baik bagi pengguna maupun developer.

Banyaknya transaksi yang dilakukan tanpa pengawasan juga membuka pintu terhadap munculnya berbagai masalah khusus di industri NFT mulai dari plagiarisme, wash trading, dan copy minting.

Tanpa standar dan perangkat yang tepat, ekosistem NFT akan terus mendukung praktik wash trading untuk menaikkan harga NFT secara artifisial melalui transaksi palsu, menyalin karya asli pencipta lain, atau terlibat dalam permainan curang lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, teknologi AI hadir untuk mengatasi masalah-masalah tersebut!

Cara Teknologi AI Menjaga Keamanan Pasar NFT

Cara Teknologi AI Menjaga Keamanan Pasar NFT
SuperCryptoNews

Kehadiran artificial inteligence (AI) dan machine learning (ML), membuat industri NFT memiliki mampu mendeteksi ancaman keamanan dan memberi pengguna pengalaman yang aman yang dapat diakses dengan mudah dan juga dapat dipercaya.

Vijay Pravin Maharajan, salah satu pendiri dan CEO bitsCrunch, tim analis data dan ahli AI yang berfokus pada teknologi blockchain mengatakan bahwa industri NFT membutuhkan lebih banyak kepercayaan dan transparansi dalam bentuk wawasan NFT yang akurat dan dapat diakses.

Memanfaatkan AI, bitsCrunch baru-baru ini meluncurkan teknologi analitik NFT dan platform bernama UnleashNFTs untuk membekali pengguna mengakses pasar NFT secara lebih aman.

Dengan menyediakan analitik blockchain yang akurat pada dasbor yang mudah digunakan, UnleashNFTs bertujuan untuk melindungi creator dan penjual NFT dari pelaku jahat yang pengeksploitasi dan memberikan ancaman keamanan lainnya.

Dengan berbagai fitur canggihnya, gak heran jika aset crypto artificial inteligence (AI) terus alami peningkatan selama 30 hari terakhir, lho!

Menurut data dari cryptoslate.com, sekitar 74 mata uang digital yang berfokus pada AI sekarang bernilai $4,03 miliar atau Rp61 triliun ($1 = Rp15.258).

Selain itu, crypto AI juga menyumbang 0,37% dari keseluruhan pasar crypto sekaligus menyumbang 1,19% dari pasar token smart contract.

Seperti apakah kontribusi crypto AI terhadap perkembangan crypto? Simak informasi selengkapnya mengenai Nilai Pasar Crypto AI Capai Rp61 Triliun di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: