Revolusi AI Generatif, Bakal Ubah Masa Depan Web3 Marketing Digital!

Revolusi AI Generatif, Bakal Ubah Masa Depan Web3 Marketing Digital!

Di era di mana teknologi digital mengubah industri, AI generatif berada di garis depan, merevolusi bidang pemasaran Web3 atau Web3 marketing. Dengan alat yang ditenagai oleh AI generatif semakin banyak diadopsi, mereka menawarkan kemampuan tak terduga untuk menciptakan konten dan meningkatkan strategi pemasaran Web3. Simak berita lengkapnya berikut ini!

AI Generatif Bisa Ubah Dunia Web3 Marketing?

ai bisa ubah dunia web3 marketing
Sumber: BlockMate

Dilansir dari BeInCrypto, AI generatif, cabang inovatif dari kecerdasan buatan, memiliki kemampuan untuk memproduksi berbagai bentuk konten. Ini termasuk teks, gambar, atau video yang dipicu oleh petunjuk manusia.

Teknologi ini menemukan sekutu alami dalam pemasaran Web3, sebuah bidang yang siap untuk disrupsi dan inovasi.

Web3, juga dikenal sebagai Web 3.0 atau web desentralisasi, merujuk pada generasi berikutnya dari internet yang bertujuan membangun lingkungan digital di mana pengguna memiliki kontrol atas data dan interaksi mereka sendiri.

Konsep ini berdasarkan pada penggunaan teknologi blockchain dan jaringan desentralisasi, memberikan kesempatan untuk aplikasi desentralisasi (dApps), smart contract, dan organisasi otonom desentralisasi (DAO).

Baca Juga: AI Makin Populer, Nilai Pasar Crypto AI Capai Rp61 Triliun!

Pemain Utama dalam Pemasaran Web3

pengguna chatgpt di amerika serikat
Penggunaan ChatGPT di AS. Sumber: Statista

Pada November 2022, lanskap pemasaran Web3 menyaksikan momen transformatif dengan diperkenalkannya ChatGPT. Ini adalah chatbot AI generatif dari OpenAI, sebuah perusahaan penelitian AI ternama.

Teknologi ini dapat menciptakan konten secara otomatis, mendefinisikan ulang bagaimana pemasaran di web desentralisasi.

Di ruang yang berkembang pesat ini, pemain utama lainnya juga muncul. Ini termasuk Bard AI milik Google, Copy.ai, Jasper, Midjourney, dan DALL-E 2. Oleh karena itu, alat-alat ini, yang ditenagai oleh AI generatif, dapat menjadi instrumen penting dalam menciptakan strategi pemasaran Web3 yang inovatif dan mendalam.

Baca Juga: Saingi ChatGPT, Elon Musk Bakal Luncurkan Platform AI ‘TruthGPT’!

Masa Depan Web3 Marketing dan AI Generatif

Perpaduan antara Web3 dan AI generatif bisa mendefinisikan ulang lanskap pemasaran digital. Fitur khas Web3, seperti desentralisasi, membuka inovasi strategi pemasaran dan metode pembuatan konten.

Alat berbasis AI, seperti ChatGPT dan lainnya, memberikan pemasar Web3 sarana untuk menghasilkan berbagai konten, mendorong keragaman kreatif, dan mempercepat siklus kreatif.

Referensi: