AI dan Metaverse: Dua Kekuatan yang Akan Mengubah Dunia Kerja dan Hiburan!

AI dan Metaverse: Dua Kekuatan yang Akan Mengubah Dunia Kerja dan Hiburan!

Dalam beberapa tahun mendatang, dunia kerja dan hiburan akan mengalami perubahan besar-besaran. Dua teknologi, yaitu kecerdasan buatan (AI) dan Metaverse, diprediksi akan menjadi pemain utama dalam perubahan ini. Menurut laporan terbaru, AI dan Metaverse akan mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita, mulai dari cara kita bekerja hingga cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

AI dan Metaverse: Masa Depan Hiburan Digital

masa depan hiburan digital
Sumber: Datafloq

ABI Research, sebuah agen intelijen teknologi global, memprediksi bahwa adopsi metaverse akan melonjak dalam tiga sampai empat tahun ke depan, didorong oleh kemajuan AI. Pendapatan dari metaverse diperkirakan akan mencapai hampir $50 miliar pada tahun 2030.

Metaverse bukanlah pasar baru, melainkan pergeseran pasar dan pola industri yang sedang berlangsung. AI akan memainkan peran penting dalam evolusi Metaverse, bukan untuk menyaingi, tetapi untuk memfasilitasi perkembangannya.

Perangkat seperti Apple’s Vision Pro menunjukkan potensi besar dari komputasi spasial. Kemajuan teknologi ini secara bertahap menggabungkan aplikasi konvensional dengan pengalaman yang mendalam. Selain itu, sektor game dan media sosial juga berperan penting dalam mengembangkan model bisnis baru yang berputar di sekitar kepemilikan aset digital.

Baca Juga: Metaverse: Masa Depan Digital dan Dampak Positifnya pada Masyarakat

AI Mengubah Lanskap Pekerjaan

job skill ai 2030
Sumber: LinkedIn

AI telah muncul sebagai kekuatan transformatif dalam lanskap pekerjaan modern. Data dari LinkedIn menunjukkan bahwa pada tahun 2030, akan ada pergeseran besar dalam persyaratan keterampilan pekerjaan karena AI, dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan berubah setidaknya 65%.

Dalam dua tahun terakhir, telah terjadi peningkatan yang luar biasa dalam daftar pekerjaan yang secara spesifik menyebutkan AI atau subdomainnya, generative AI. Meski ada kesalahpahaman, tujuan utama dari penggabungan AI ke tempat kerja adalah untuk meningkatkan, bukan menggantikan, kekuatan manusia.

AI membantu pekerjaan yang berulang dan membosankan, memungkinkan profesional dari berbagai bidang untuk mengarahkan energi mereka ke usaha yang membutuhkan empati, wawasan, dan kebijaksanaan manusia.

Dengan kemajuan AI dan Metaverse, dunia kerja dan hiburan akan mengalami perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kedua teknologi ini akan membuka peluang baru dan tantangan baru. Namun, satu hal yang pasti, AI dan Metaverse akan menjadi bagian integral dari masa depan kita.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: