AI dan Crypto, Revolusi Web3 yang Menjanjikan!

AI dan Crypto, Revolusi Web3 yang Menjanjikan!

Dengan munculnya ChatGPT, kecerdasan buatan (AI) merajai panggung di paruh kedua tahun 2022. Mulai dari institusi pendidikan hingga perusahaan farmasi, berbagai perusahaan mulai menerapkan AI.

Saham yang terkait dengan sektor ini, seperti Nvidia, menjadi penerima manfaat terbesar. Permintaan yang meningkat untuk chip pemrosesan AI dan layanan serupa lainnya menempatkan mereka dalam posisi yang fundamental kuat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

AI dan Crypto: Persimpangan yang Menarik

crypto vs ai
Sumber: Coinbase

Menurut Watcher Guru, Crypto dan AI adalah persimpangan yang menarik dan memiliki ruang untuk berkembang. Sebuah laporan penelitian Coinbase terbaru menegaskan bahwa “persimpangan antara AI dan crypto mewakili peluang penting bagi para pengusaha yang ingin membangun di Web3.”

Menurut laporan tersebut, Web3, visi tentang web yang sepenuhnya didesentralisasi dan tidak bergantung pada server pusat, bisa sangat diuntungkan dari integrasi AI dan Crypto.

Contohnya, AI dapat digunakan untuk membuat algoritma yang lebih efisien dan efektif untuk memverifikasi transaksi blockchain, atau bahkan untuk membuat sistem perdagangan otomatis yang bekerja dengan cryptocurrency.

Baca Juga: Inovasi Baru Guncang Dunia NFT: Alethea AI Hadirkan iNFT dengan Integrasi ChatGPT!

Pertumbuhan dalam Jalur yang Tepat?

marketcap crypto di berbagai sektor
Sumber: Coinbase

Eviden menunjukkan bahwa hype yang terkait dengan AI telah disempurnakan selama beberapa bulan terakhir. Sejak Q4 2022, kapitalisasi pasar sektor AI Crypto telah mengalami peningkatan yang cepat. Bahkan, beberapa aset crypto AI baru-baru ini naik lebih dari 80%.

Namun, tidak boleh dilupakan bahwa crypto dan AI masih berada dalam tahap awal. Saat ini, kapitalisasi pasar proyek crypto yang secara langsung mengembangkan model AI di blockchain, menerapkan AI ke aplikasi terdesentralisasi, atau menyelesaikan masalah terkait AI masih cukup rendah.

Token AI hanya bernilai $772 juta secara agregat. Mereka hanya berkontribusi 0,07% terhadap total kapitalisasi pasar crypto, yang dapat dianggap sebagai angka yang tidak signifikan.

Baca Juga: Pemerintah Inggris Berkolaborasi dengan Dell dan Intel untuk Uji Coba Energi Fusi di Metaverse!

Meskipun jumlahnya cukup tidak signifikan untuk saat ini, Coinbase mengharapkan sektor ini untuk tumbuh. Namun, hype yang sedang berlangsung tidak cukup untuk membuat itu terjadi dalam semalam.

Angka $772 juta AI naik menjadi sekitar $2,85 miliar jika proyek yang telah memasukkan atau sedang memasukkan AI dalam beberapa bentuk dimasukkan. Misalnya, beberapa proyek crypto yang berhubungan dengan AI berusaha menggunakan solusi terdesentralisasi untuk mengatasi masalah aksesibilitas data dan sumber daya komputasi.

“Kita masih berada di tahap awal melihat bagaimana AI dan teknologi blockchain bisa berinteraksi. Meski kami berharap sektor ini akan tumbuh, ini lebih mungkin terjadi hanya dalam jangka panjang,” demikian simpulan dari laporan tersebut.

Berdasarkan perkembangan ini, tampaknya dunia akan menunggu lebih lama untuk melihat bagaimana perpaduan AI dan Crypto ini akan berdampak pada dunia teknologi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: