Agora (AUSD): Stablecoin Baru dengan Dukungan $12 Juta!

author:

Agora (AUSD): Stablecoin Baru dengan Dukungan $12 Juta!

Jakarta, Pintu News – Dalam langkah yang mengejutkan industri crypto, Nick van Eck, putra dari maestro manajemen investasi Jan van Eck, bersiap meluncurkan stablecoin baru yang didukung dolar Amerika Serikat setelah berhasil mengumpulkan dana sebesar $12 juta.

Stablecoin yang diberi nama ‘Agora Digital Dollar’ dengan ticker AUSD ini diharapkan akan membawa angin segar ke pasar stablecoin yang sudah padat dengan pemain besar seperti Tether (USDT) dan Circle (USDC).

Lahirnya AUSD: Harapan Baru di Pasar Stablecoin

stablecoin agora dollar
Sumber: X

AUSD dirancang untuk sepenuhnya didukung oleh kas, surat utang pemerintah AS, dan perjanjian repo semalam, dengan aset-aset tersebut dikelola oleh firma manajemen aset VanEck yang memiliki aset senilai $90 miliar.

Baca juga: Stablecoin Berbunga Pertama di AS, Terobosan atau Risiko?

Nick van Eck akan menjabat sebagai CEO Agora, menandai langkah besar dalam karirnya di industri crypto.

Pendanaan awal sebesar $12 juta dipimpin oleh firma VC aset digital Dragonfly, dengan partisipasi dari Robot Ventures, Wintermute, Breed, dan General Catalyst.

Strategi dan Tantangan Agora

Meskipun pasar stablecoin sudah sangat kompetitif, Agora berencana untuk membangun kemitraan kuat dengan semua pemain industri, mulai dari bursa crypto dan penyimpanan hingga aplikasi terdesentralisasi dan perusahaan perdagangan.

AUSD tidak akan memberikan pendapatan kepada pemegangnya seperti yang dilakukan oleh TerraClassicUSD (USTC) sebelum runtuhnya yang spektakuler pada Mei 2022, menekankan keamanan dan kestabilan sebagai prioritas utama.

Agora, yang berbasis di Delaware dengan penerbit stablecoin berlokasi di Kepulauan Virgin Inggris, akan melayani pasar terpilih di luar Amerika Serikat hingga ada legislasi federal untuk stablecoin di AS.

Nick van Eck melihat potensi besar di wilayah seperti Argentina dan Asia Tenggara, di mana dolar digital dapat memberikan manfaat signifikan.

Baca juga: VanEck Setuju Bayar Denda $1,75 Juta Akibat Pelanggaran Pemasaran ETF

Masa Depan Agora dan Dampaknya pada Industri Crypto

Dengan dukungan finansial yang kuat dan visi yang jelas, Agora berpotensi menjadi pemain kunci di pasar stablecoin global. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam menghadapi pesaing yang sudah mapan dan membangun kepercayaan di tengah komunitas crypto.

Keberhasilan Agora tidak hanya akan membuktikan kemampuan timnya dalam menghadapi pasar yang kompetitif tetapi juga dapat menginspirasi inovasi lebih lanjut dalam ekosistem crypto.

Secara keseluruhan, dalam dunia crypto yang terus berubah, inisiatif seperti Agora menunjukkan bagaimana inovasi dan visi yang kuat dapat membuka peluang baru, bahkan di pasar yang sudah jenuh.

Komunitas crypto kini menantikan peluncuran AUSD dan dampaknya terhadap stabilitas dan kepercayaan dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: NFT Gators