Aethir: Airbnb untuk GPU Bekas & Solusi untuk Kekurangan GPU

Aethir: Airbnb untuk GPU Bekas & Solusi untuk Kekurangan GPU

Aethir, perusahaan yang didukung oleh Nvidia, berencana untuk menjadi Airbnb bagi GPU bekas. Perusahaan ini membangun jaringan infrastruktur cloud GPU terdesentralisasi tingkat perusahaan untuk aplikasi Artificial Intelligence (AI) dan gaming.

Aethir: Airbnb untuk GPU Bekas

Dan Wang, salah satu pendiri dan kepala bisnis Aethir, mengatakan bahwa utilisasi GPU secara keseluruhan cukup rendah. Aethir bertujuan untuk meningkatkan utilisasi GPU dengan mencocokkan jenis permintaan komputasi dengan jenis daya GPU yang tepat.

Baca Juga: Bitcoin Kalahkan Emas dalam Portofolio Investor: Analisis JPMorgan Mengejutkan Pasar!

Dengan utilisasi GPU yang lebih tinggi, biaya daya komputasi dapat berkurang, sehingga memungkinkan penggunaan AI yang lebih canggih. Aethir akan meluncurkan penawaran node awal pada tanggal 14 Maret, sementara penjualan node publik akan berlangsung pada tanggal 20 Maret.

GPU yang Melimpah, tetapi Kurang Dimanfaatkan

nvidia mining bitcoin
GPU Nvidia H100 Tensor Core. Sumber: Nvidia

Meskipun ada kekurangan GPU global yang besar, sebagian besar masalah ini disebabkan oleh kurang dimanfaatkannya model GPU lama. Aethir berpendapat bahwa kekurangan GPU sebagian besar disebabkan oleh kurang dimanfaatkannya model GPU lama. Produsen chip Nvidia sebelumnya telah berjuang untuk memenuhi permintaan GPU-nya, yang populer di kalangan pelanggan gaming dan penambang mata uang crypto.

Nvidia pertama kali mengalami masalah pasokan GPU pada tahun 2017, karena kenaikan harga pada tahun itu menarik lebih banyak orang untuk menambang crypto. Setelah agak mendingin di tahun-tahun berikutnya, kekurangan GPU muncul kembali pada tahun 2020 dan belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Aethir: Solusi untuk Kekurangan GPU

Aethir menawarkan solusi untuk mengatasi kekurangan GPU dengan menyediakan platform bagi pemilik GPU untuk menyewakan GPU mereka yang tidak terpakai. Perusahaan ini juga menyediakan infrastruktur cloud GPU yang terdesentralisasi dan tingkat perusahaan untuk aplikasi AI dan gaming.

Dengan Aethir, pemilik GPU dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan menyewakan GPU mereka, sementara pengguna dapat mengakses daya GPU yang mereka butuhkan tanpa harus membeli GPU baru. Aethir juga menyediakan fitur intelligent routing yang secara otomatis mencocokkan jenis permintaan komputasi dengan jenis daya GPU yang tepat.

Aethir: Masa Depan GPU

Aethir percaya bahwa masa depan GPU terletak pada desentralisasi dan berbagi sumber daya. Dengan menyediakan platform bagi pemilik GPU untuk menyewakan GPU mereka yang tidak terpakai, Aethir bertujuan untuk meningkatkan utilisasi GPU secara keseluruhan dan memungkinkan penggunaan AI yang lebih canggih.

Perusahaan ini juga berencana untuk memperluas jaringan infrastruktur cloud GPU-nya ke berbagai wilayah di dunia, sehingga pengguna dapat mengakses daya GPU yang mereka butuhkan dari mana saja. Aethir yakin bahwa platformnya akan menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi kekurangan GPU global dan mendorong pertumbuhan aplikasi AI dan gaming.

Baca Juga: Masa Depan AI: Dari Pengembangan AGI hingga AI Galaxy di 100 Juta Perangkat

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi