Adopsi Worldcoin Semakin Cepat, Sam Altman Menyatakan ‘Satu Orang Terverifikasi Setiap 8 Detik’

author:

Adopsi Worldcoin Semakin Cepat, Sam Altman Menyatakan ‘Satu Orang Terverifikasi Setiap 8 Detik’

Worldcoin (WLD), proyek yang bertujuan untuk menjadi paspor ID digital dan sistem pendapatan dasar universal, dikabarkan semakin populer dengan ribuan orang yang mendaftar dan terdaftar.

Menurut Sam Altman, salah satu pendiri proyek tersebut, saat ini satu orang diverifikasi oleh perangkat pemindaian iris,”Orb”, setiap 8 detik. Namun, beberapa data mempertanyakan klaim ini. Bahas lebih lanjut, yuk!

Worldcoin dan Klaim Verifikasi Cepat

Sam Altman, salah satu pendiri Worldcoin dan CEO OpenAI, baru-baru ini membuat klaim yang cukup berani tentang tingkat adopsi Worldcoin. Menurut Altman, Worldcoin (WLD) saat ini memverifikasi satu pengguna baru setiap delapan detik. Klaim ini, jika benar, menunjukkan tingkat adopsi yang sangat tinggi dan menunjukkan bahwa Worldcoin mungkin mendapatkan momentum yang signifikan dalam komunitas crypto.

proyek crypto worldcoin wld
Sumber: Twitter

Untuk mendukung klaimnya, Altman memposting video di Twitter yang menunjukkan antrian panjang orang yang menunggu untuk menggunakan perangkat pemindaian iris Worldcoin, yang dikenal sebagai “Orb”. Video tersebut menunjukkan antrian panjang di berbagai lokasi di seluruh dunia, memberikan gambaran visual tentang klaim Altman.

Baca juga: Laporan Audit Ungkap 92,6% Masalah Worldcoin (WLD) Telah Diselesaikan

Meski klaim Altman tentang tingkat adopsi Worldcoin tampaknya mengesankan, penting untuk dicatat bahwa tidak ada bukti tambahan yang diberikan untuk mendukung klaim ini. Altman tidak menyediakan data atau statistik tambahan untuk mendukung pernyataannya. Oleh karena itu, sementara klaim ini mungkin menarik, masih perlu dilakukan lebih banyak penelitian dan verifikasi untuk menentukan sejauh mana klaim ini benar.

Data dan Adopsi Worldcoin

Meski Altman mengklaim bahwa proyek tersebut memverifikasi satu orang setiap delapan detik, dia tidak menyatakan berapa banyak orang yang telah berpartisipasi. Laporan sebelumnya pada 13 Juli 2023 menunjukkan bahwa Worldcoin telah menarik lebih dari 2 juta pendaftar dalam beberapa minggu sebelum peluncurannya.

Namun, data on-chain menunjukkan adopsi yang terbatas. Rekaman Etherscan menunjukkan bahwa hanya lebih dari 3.650 individu yang memegang token WLD dan telah terjadi 13.766 transfer.

Kontroversi dan Masa Depan Worldcoin

Sejak peluncurannya, Worldcoin telah menjadi kontroversial karena ketergantungan pada identifikasi pengguna, pendekatan yang menurut para pendukung desentralisasi merusak salah satu tujuan utama crypto: untuk memberikan akses yang tidak dapat disensor dan pseudonim ke uang digital.

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, dan regulator Inggris adalah beberapa pihak yang telah mengkritik aspek proyek sejak peluncurannya. Baca selanjutnya di Vitalik Buterin dari Ethereum Bahas Risiko dan Masalah Poryek Crypto Worldcoin (WLD).

Pada akhirnya, meski Worldcoin mengklaim tingkat adopsi yang tinggi, masih ada keraguan tentang validitas klaim tersebut. Namun, dengan lebih dari 2 juta pendaftar sebelum peluncuran dan antrian panjang yang terlihat di video, tampaknya ada minat yang signifikan dalam proyek tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: