Kaleidoskop Crypto 2022: 10 Adopsi Crypto Oleh Brand Ternama Dunia 2022

Kaleidoskop Crypto 2022: 10 Adopsi Crypto Oleh Brand Ternama Dunia 2022

Selama tahun 2022 ini, banyak brand-brand besar ternama yang mulai berkiprah di industri crypto, mulai dari brand olahraga, brand fashion, brand kosmetik, brand game, hingga brand elektronik.

Pasalnya, brand-brand tersebut memiliki jenis proyek dan pengadopsian crypto yang berbeda, ada yang meluncurkan NFT, hingga membuat platform web3 dan metaverse-nya sendiri.

Kira-kira brand apa saja yang telah mengadopsi crypto dan menjalankan proyeknya selama tahun 2022 ini? Simak berita lengkapnya yang telah dirangkum oleh tim Pintu News berikut ini!

1. Brand Olahraga: Adidas & Nike

Adidas: Luncurkan 16 Koleksi NFT ‘Virtual Gear’, Edisi Terbatas

NFT Adidas Virtual Gear

Pada 16 November 2022, Adidas Originals resmi meluncurkan 16 koleksi NFT ‘Virtual Gear’ wearables dengan edisi yang terbatas. Koleksi tersebut hanya bisa dimiliki oleh para kolektor Meta Capsule NFT Collection pada fase 2, yang telah diluncurkan pada Mei 2022.

Lalu, bagaimana untuk mereka yang tidak memiliki koleksi Meta Capsule? Dikutip dari Forbes, para kolektor nantinya bisa langsung membeli koleksi ‘Virtual Gear’ di NFT marketplace, OpenSea.

Apa saja koleksi NFT ‘Virtual Gear’ Adidas Originals? Koleksi yang diluncurkan diantaranya adalah jaket atau hoodie dengan jaket berlapis, WALLRUNNER, yang terbuat dari trefoil berlapis 3D, PFD (Personal Floatation Device), dan atasan NEOBONE yang terinspirasi oleh pola sol karet dari sneaker Adidas Superstar.

Nike: Luncurkan Platform Web3 .Swoosh

Nike Luncurkan Platform Web3 .Swoosh

Pada 15 November 2022, Nike secara resmi mengumumkan ekspansinya ke industri Web3 dengan meluncurkan platform Web3 bernama .Swoosh. Menurut Decrypt, platform tersebut dirancang khusus untuk NFT dan pengembangan pakaian virtual yang akan diluncurkan oleh Nike.

Lalu, apa tujuan dibuatnya platform Web3 .Swoosh tersebut? Dikutip dari Decrypt, platform .Swoosh juga dirancang untuk menyiapkan para pelanggannya dalam berkontribusi pada brand Nike sebagai co-creator dan berbagi royalti produk digital.

Selain itu, Nike juga akan menggunakan platform .Swoosh sebagai hub untuk meluncurkan pakaian virtual seperti t-shirt dan sepatu kets untuk avatar, yang dapat digunakan dalam game Web3.

2. Brand Fashion: Dolce Gabbana & Givenchy

Dolce & Gabbana: Luncurkan 2.000 Koleksi NFT Drip Collection

Dolce & Gabbana Luncurkan 2.000 Koleksi NFT Drip Collection

Pada 8 Desember 2022, Dolce & Gabbana mengumumkan kolaborasinya dengan inBetweeners untuk meluncurkan 2.000 koleksi NFT Drip Collection. Koleksi tersebut dirancang oleh GianPiero D’Allesandro, seorang seniman grafis asal Italia yang juga merupakan seorang kartunis dan ilustrator di brand Justin Bieber, yang bernama ‘DrewHouse’.

Koleksi tersebut secara resmi diluncurkan di NFT marketplace OpenSea pada 14 Desember 2022 pukul 03:00 WIB. Lalu, berapa harga NFT nya? Harganya pun bervariasi, berikut rinciannya:

  • inBetweener Holders dan DGFamily Holders = 0,69 ETH (terbatas untuk 2 koleksi per inBetweeners/DGFamily di wallet).
  • Public Allowlist = 0,78 ETH (terbatas hanya untuk 10 koleksi per wallet).
  • Public Mint = 0,88 ETH (terbatas hanya untuk 10 koleksi per wallet).

Givenchy: Luncurkan 360 Koleksi NFT

Givenchy Luncurkan 360 Koleksi NFT

Pada 18 November 2022, Givenchy yang berkolaborasi dengan Bstroy meluncurkan 6 desain NFT, dengan total 360 koleksi NFT yang tersedia. Untuk menafsirkan desain Givenchy x Bstroy secara digital, direktur kreatif Givenchy, Matthew M Williams menggandeng platform seniman Web3, Felt Zine.

Dilansir dari Vogue Business, harga yang dibanderol untuk 1 NFT Givenchy x Bstroy berkisar antara €520 atau sekitar Rp8.586.694 hingga €4790 atau sekitar Rp79.096.664 (kurs 1€ = Rp16.512).

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh para kolektor, diantaranya adalah mereka berkesempatan untuk bergabung dengan program keanggotaan eksklusif yang akan dimulai pada tahun 2023 mendatang.

Tak hanya itu, bagi mereka yang membeli produk fisik Givenchy di Amerika Serikat dan Eropa, akan mendapatkan email mengenai cara meng-klaim NFT tersebut.

3. Brand Kosmetik: L’Oreal, Maybelline & NYX

L’Oreal x Maybelline: Hadirkan Avatar Metaverse ke Game

L’Oreal x Maybelline: Hadirkan Avatar Metaverse ke Game

Pada 15 November 2022, L’oreal dan Maybelline berkolaborasi dengan Ready Player Me untuk hadirkan avatar metaverse dengan 10 model penampilan rambut dan makeup. Dalam kolaborasi ini, L’Oreal dan Maybelline menggandeng seniman CGI Yvan Rochette.

Dengan opsi beauty looks di platform tersebut, para pengguna bisa mengubah tampilan avatar animasi 3D mereka dan menggunakannya di lebih dari 3.000 platform metaverse.

Camille Kroely, Kepala Metaverse dan Web3 Officer di L’Oréal, menyampaikan bahwa avatar metaverse yang diluncurkan tersebut bertujuan untuk mendorong kreativitas dan menghadirkan penampilan yang tidak dapat dimiliki oleh para pengguna dalam kehidupan nyata.

Kroely juga menyampaikan bahwa dalam hal kustomisasi avatar, banyak orang yang tertarik pada model fashion yang sedang tren saat ini.

NYX: Luncurkan Avatar di Sandbox Metaverse

NYX: Luncurkan Avatar di Sandbox Metaverse

Sebelum L’Oreal dan Maybelline terjun ke industri metaverse, NYX Professional Makeup sudah lebih dulu masuk ke metaverse pada bulan Mei 2022. NYX mulai meluncurkan avatar di Sandbox Metaverse dengan kampanye yang menyoroti bahwa makeup tidak memiliki gender.

Menurut Fashion United, sebanyak 8.430 non-binary NFT tersedia di nft marketplace mulai 17 Juni 2022, dan menampilkan tampilan riasan Voxelised untuk setiap kelompok yang diwakili dalam bendera Pride. Avatar NFT akan menggabungkan lebih dari 36 warna kulit, dengan setiap etnis, orientasi seksual, dan identifikasi gender yang tersedia untuk dipilih.

Tak hanya itu, NYX juga menambahkan bahwa mereka berencana untuk menyumbangkan 100% hasil penjualan avatar NFT nya ke Los Angeles LGBT Centre.

4. Brand Game: GameStop & Fenix Games

Immutable x GameStop: Luncurkan NFT Marketplace

Immutable x GameStop: Luncurkan NFT Marketplace

GameStop resmi berkolaborasi dengan Immutable dan mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan dukungan untuk NFT yang dicetak melalui jaringan penskalaan layer-2 Ethereum Immutable X ke marketplace-nya, pada 1 November 2022. Itu artinya aset dari game Web3 dapat dibeli dan dijual melalui NFT marketplace tersebut.

Dilansir dari Decrypt, banyak para penggemar yang sudah menunggu launching NFT marketplace tersebut sejak bulan Juli 2022, ketika GameStop NFT marketplace sudah aktif dalam versi beta.

Sebelumnya, kolaborasi GameStop dengan Immutable X pertama kali diumumkan pada bulan Februari 2022 untuk proyek NFT Game Web3. Menurut Decrypt, Immutable X memungkinkan interaksi game, aplikasi, dan NFT yang lebih cepat dan lebih murah dengan memindahkan transaksi ke layer-2 blockchain.

Fenix Games: Akan Luncurkan Game Blockchain

Fenix Games: Akan Luncurkan Game Blockchain

Fenix Games merupakan publisher game Web3 yang didirikan oleh Chris Ko dan Rudy Koch yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pada akhir November 2022, Fenix Games mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan dana sebesar $150 juta atau setara dengan Rp2,3 triliun (kurs $1 = Rp15.559) untuk mengakuisisi, berinvestasi, dan mendistribusikan game blockchain.

Dikutip dari Cointelegraph, putaran pendanaan terakhir Fenix Games melibatkan partisipasi dari investor seperti Phoenix Group dan Cypher Capital yang merupakan firma modal ventura berbasis di Dubai.

CEO dan co-founder Fenix Games, Chris Ko, menyoroti bahwa pasar untuk game blockchain berbeda halnya dengan video game tradisional seperti konsol game dan game seluler. Menurut Ko, strategi Fenix Games kedepannya adalah dengan mengembangkan ekosistem game web3 melalui inisiatif publishing.

5. Brand Elektronik: Sony & Samsung

Sony: Adopsi Blockchain dan NFT dan Luncurkan Motion Sensor

Selama tahun 2022 ini, Sony telah berkiprah di industri crypto dengan menjalankan 2 proyek yang berbeda. Apa sajakah itu?

  • Adopsi Blockchain dan NFT Untuk Bisnis Game-nya
Sony Adopsi Blockchain Untuk Bisnis Game nya

Proyek pertama Sony adalah adopsi blockchain dan NFT untuk bisnis game-nya. Pada awal November 2022, Sony telah mengajukan paten yang menjelaskan penggunaan NFT dan teknologi blockchain untuk melacak catatan aset digital dalam game. Pengajuan paten ini bertajuk “Tracking Unique In-Game Digital Assets Using Tokens on a Distributed Ledger”, yang sudah diperkenalkan pada Juli 2021 yang lalu, namun baru dipublikasikan pada 10 November 2022.

Nantinya setiap tindakan yang dilakukan pemain pada item digital akan dapat dilacak oleh sistem termasuk perdagangan dan modifikasi pada strukturnya, menurut deskripsi paten. Tak hanya itu, teknologi tersebut nantinya juga akan memungkinkan pengguna membuat NFT mereka sendiri untuk diperdagangkan.

  • Luncurkan Motion Sensor ‘Mocopi’ Seharga Rp5,5 Juta
Sony Luncurkan Motion Sensor Mocopi

Semakin menunjukkan keseriusannya di industri metaverse, Sony menjalankan proyek keduanya, yakni meluncurkan motion sensor sistem pelacakan gerakan yang dapat dikenakan bernama ‘Mocopi’.

Mocopi terdiri dari enam sensor warna-warni yang ditempatkan di berbagai titik tubuh, yakni di pergelangan kaki, pergelangan tangan, kepala, dan pinggul. Guna dari sensor warna warni tersebut adalah untuk menangkap gerakan manusia secara real-time dan menghubungkannya dengan avatar. Mocopi bisa digunakan di perangkat Apple dan Android, dengan bantuan aplikasi metaverse.

Mocopi nantinya akan launching pada tahun 2023, namun sudah bisa pre-order sejak pertengahan Desember 2022. Motion sensor tersebut dibanderol seharga $358 atau setara dengan Rp5,5 juta (kurs $1 = Rp15.555).

Samsung: Sistem Keamanan yang Menggunakan Blockchain dan Luncurkan ‘Piala Dunia’ Versi Metaverse’

Tak hanya Sony, brand elektronik terbesar di dunia, Samsung, lebih dulu terjun ke industri crypto dengan menjalankan beberapa proyek, yakni:

  • Menggunakan Sisem Keamanan Berbasis Blockchain
Samsung Gunakan Sistem Keamanan Blockchain

Pada Oktober 2022, Samsung resmi menggunakan sistem keamanan berbasis blockchain. Gunanya adalah untuk mengamankan perangkat di jaringannya dengan dukungan teknologi bernama Knox Matrix.

Apa itu Knox Matrix? Knox Matrix merupakan solusi keamanan berbasis blockchain Samsung untuk memberikan pengalaman lintas perangkat pada para penggunanya. Sebagai contoh, Knox Matrix akan memberikan kemudahan para pengguna untuk login di seluruh perangkat, dengan aman dan terhindar dari ekploitasi kredensial.

Uniknya, tidak hanya smartphone saja yang menggunakan teknologi tersebut, namun juga semua peralatan rumah tangga yang diproduksi oleh Samsung. Sistem keamanan berbasis blockchain ini dirancang untuk meningkatkan protokol keamanan semua perangkat pintar perusahaan Samsung.

  • Luncurkan Piala Dunia Versi Metaverse ‘The Space Cup’
Samsung Luncurkan Piala Dunia Versi Metaverse ‘The Space Cup’

Dalam rangka merayakan musim sepakbola di tahun 2022, Samsung regional MENA meluncurkan ‘The Space Cup’, turnamen sepak bola virtual yang dibangun di atas lahan Space Tycoon di Roblox.

Turnamen tersebut dilaksanakan secara eksklusif dengan menggandeng 8 influencer gaming dari berbagai negara di wilayah MENA, yang mana masing-masing dari mereka menjadi pemimpin dalam game.

Dilansir dari Geek Metaverse, sistem permainannya adalah masing-masing pemimpin bisa membentuk tim yang berisi 3 peserta dari kalangan pengguna yang mendaftar. Lalu, kedelapan tim tersebut bersaing dalam turnamen ‘Space Cup’ yang dilaksanakan selama dua hari, yakni dari tanggal 9 Desember hingga 10 Desember 2022.

Total hadiah yang akan diperebutkan oleh 8 tim tersebut bernilai $10.000 atau setara dengan Rp153 juta (kurs $1 = Rp15.390). Tak hanya itu, ada juga beberapa hadiah yang akan diberikan kepada setiap tim yang berpartisipasi, yakni seperti Galaxy Tab S8 Ultra, Galaxy Buds2 Pro, Jersey Tim, Hoodie, Ransel, dan banyak lagi.

Selama tahun 2022 ini, banyak brand-brand ternama dunia yang sudah mulai mengadopsi crypto. Kira-kira bagaimana di tahun 2023 nanti? Apakah akan semakin banyak brand ternama yang menyusul? Temukan rangkuman crypto seputar tahun 2022 ini di kaleidoskop crypto 2022 yang dirangkum khusus oleh tim Pintu News!

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: