Adopsi Crypto Melonjak 44%, Bank Sentral Brasil Berusaha Perketat Regulasi!

author:

Adopsi Crypto Melonjak 44%, Bank Sentral Brasil Berusaha Perketat Regulasi!

Dengan meningkatnya popularitas mata uang crypto di seluruh dunia, Brasil telah menjadi pusat perhatian terbaru dalam dunia regulasi crypto. Gubernur bank sentral Brasil, Roberto Campos Neto, baru-baru ini mengungkapkan rencana untuk meningkatkan pengawasan dan regulasi terhadap mata uang crypto dan broker di negaranya.

Lonjakan Adopsi Crypto di Brasil

lonjakan crypto di brasil
Sumber: Cryptodaily

Brasil telah menyaksikan lonjakan signifikan dalam adopsi mata uang crypto. Data dari bank sentral menunjukkan bahwa impor crypto meningkat sebesar 44,2% dari Januari hingga Agustus 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, mencapai total $7,4 miliar.

Baca juga: Revolusi Perlindungan Aset di Brasil, Cryptocurrency Kini Dilindungi dari Penyitaan!

Perubahan dalam permintaan lokal menunjukkan bahwa masyarakat cenderung beralih ke stablecoin, mata uang crypto yang biasanya dikaitkan dengan aset dunia nyata seperti dolar AS. Menurut Campos Neto, masyarakat menggunakan crypto lebih sebagai alat pembayaran daripada sekadar investasi.

Namun, ada kekhawatiran bahwa banyak dari aktivitas ini terkait dengan penghindaran pajak atau aktivitas ilegal.

Regulasi yang Lebih Ketat untuk Crypto

Sebagai respons terhadap lonjakan adopsi kripto, bank sentral Brasil berencana untuk memperketat regulasi. Campos Neto menekankan bahwa regulator akan memeriksa dukungan mata uang crypto dan aktivitas terkait lainnya.

Selain itu, bank sentral juga berencana untuk membawa platform crypto di bawah pengawasannya, menunjukkan komitmen serius negara tersebut dalam mengatur industri ini.

Langkah ini diambil setelah Brasil memberikan peran utama kepada bank sentral dalam regulasi crypto pada Juni 2023 lalu.

Baca juga: Semakin Terdepan, Visa dan Microsoft Bergabung dalam Percontohan CBDC Brasil

Masa Depan Mata Uang Digital di Brasil

Selain fokus pada regulasi crypto, bank sentral Brasil juga sedang mengembangkan mata uang digital sendiri, yang dikenal sebagai DREX. Mata uang ini diharapkan dapat memainkan peran penting dalam dunia aset crypto di Brasil.

Meskipun DREX awalnya dijadwalkan diluncurkan pada akhir tahun depan, mata uang ini telah menarik perhatian dan kontroversi, terutama setelah ditemukan fungsi dalam kode DREX yang memungkinkan otoritas pusat untuk membekukan dana atau mengurangi saldo.

Namun, dengan adanya mata uang digital ini, Brasil menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi di dunia keuangan digital.

Dengan langkah-langkah baru yang diambil oleh bank sentral Brasil, negara ini menunjukkan keseriusannya dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh mata uang crypto.

Meskipun masih banyak yang harus dilakukan, langkah-langkah ini menandai babak baru dalam evolusi industri crypto di Brasil dan mungkin memiliki dampak jangka panjang pada pasar global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: