Adopsi Crypto Institusional: 64% Investor akan Meningkatkan Alokasi Aset Crypto dalam 3 Tahun

author:

Adopsi Crypto Institusional: 64% Investor akan Meningkatkan Alokasi Aset Crypto dalam 3 Tahun

Di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu dan pasar bear yang berkepanjangan, adopsi crypto oleh institusi keuangan terus meningkat. Sebuah survei terbaru oleh Coinbase menunjukkan bahwa 64% investor institusional yang saat ini berinvestasi dalam crypto berencana untuk meningkatkan alokasi mereka dalam aset digital dalam tiga tahun ke depan. Tidak satu pun responden yang mengharapkan penurunan alokasi mereka dalam periode yang sama.

Adopsi Crypto oleh Investor Institusional

Investor institusional menunjukkan ketahanan dan optimisme yang kuat terhadap peran crypto dalam masa depan penyelesaian keuangan. Survei yang dilakukan dari 19 Oktober hingga 6 November 2023, melibatkan 250 pembuat keputusan dari berbagai lembaga keuangan di AS, termasuk hedge funds, perusahaan venture capital, pensiun, yayasan, dan lainnya.

Baca juga: Survei: Hampir 50% Gen Z dan Milenial Inginkan Crypto Sebagai Dana Pensiun

Dalam 12 bulan terakhir, 33% responden meningkatkan alokasi crypto mereka, 17% menurunkannya, dan 50% tetap tidak berubah. Sekitar 45% institusi yang belum berinvestasi dalam crypto menyatakan kemungkinan mereka akan terjun ke sektor ini dalam tiga tahun ke depan. Hal ini menunjukkan peningkatan sentimen yang signifikan dibandingkan tahun lalu.

Potensi Crypto dalam Sistem Keuangan

Sebanyak 73% investor yang disurvei melihat blockchain sebagai metode pembayaran yang lebih cepat dan aman dibandingkan sistem perbankan tradisional. Sekitar 66% percaya bahwa blockchain pada akhirnya akan menggantikan sistem penyelesaian perdagangan konvensional.

Selain itu, 76% responden menyatakan bahwa ketiadaan regulasi crypto yang jelas di AS menghambat posisi negara tersebut sebagai pemimpin dalam layanan keuangan. Mereka menekankan perlunya kejelasan regulasi. Investor percaya bahwa kemajuan dalam hubungan dan munculnya aplikasi crypto di dunia nyata akan menjadi katalisator selanjutnya untuk pertumbuhan industri.

Baca juga: Survei: 85% Investor Institusi Tetap Optimis Terhadap Crypto Meski Pasar Fluktuatif! Ini Alasannya!

Optimisme Masa Depan Crypto

Dibandingkan dengan 14 kelas aset lainnya, crypto menempati peringkat ketiga dalam hal kemampuan untuk menghasilkan pengembalian yang menarik dengan risiko yang disesuaikan dalam tiga tahun ke depan. Hal ini menempatkan crypto setelah ekuitas swasta dan ekuitas AS.

penelitian crypto coinbase
Sumber: Coinbase

Optimisme terhadap alokasi crypto berkorelasi dengan ekspektasi bahwa harga aset crypto akan naik pada tahun 2024. Meningkat hampir 50 poin persentase, 57% responden mengatakan bahwa harga akan cenderung lebih tinggi pada tahun depan dibandingkan hanya 8% responden yang mengharapkan kenaikan harga pada tahun 2023.

Kesimpulannya, survei ini menunjukkan bahwa investor institusional tidak hanya tetap berkomitmen pada crypto meskipun ada ketidakpastian ekonomi, tetapi juga semakin optimis tentang potensi masa depannya. Ini menandakan era baru dalam adopsi crypto di kalangan investor institusional, yang mungkin membawa perubahan signifikan pada lanskap keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: