Wow! Adopsi Crypto di Amerika Latin Tumbuh 40% di Tahun 2022! Ini Ternyata Alasannya!

Wow! Adopsi Crypto di Amerika Latin Tumbuh 40% di Tahun 2022! Ini Ternyata Alasannya!

Dilansir dari laman Cointelegraph, inflasi, pembayaran lintas batas, tokenisasi aset, dan NFT adalah salah satu pendorong utama adopsi crypto di seluruh bagian Amerika Latin pada tahun 2022.

Amerika Latin berkontribusi sebanyak 9,1% dari nilai crypto global pada tahun 2022 yang setara dengan $562 miliar atau Rp8,7 kuadriliun antara bulan Juli 2021 dan Juni 2022. Angka tersebut mewakili pertumbuhan adopsi crypto di Amerika Latin sebesar 40% selama satu tahun dibandingkan tahun 2021 lalu.

Lalu kira-kira apa yang mendorong pertumbuhan adopsi crypto secara signifikan selama tahun 2022 di Amerika Latin ini? Simak informasinya seperti dilansir dari laman Cointelegraph berikut ini.

Banyak Perusahaan di Amerika Latin Manfaatkan Teknologi Blockchain & Crypto

Banyak Perusahaan di Amerika Latin Manfaatkan Teknologi Blockchain & Crypto
DailyCoin

Faktanya, terdapat 4 negara Amerika Latin yang menduduki peringkat teratas dalam hal negara pengadopsi crypto berdasarkan Indeks Adopsi Global Chainalysis terbaru 2022. Keempat negara tersebut adalah Venezuela, Argentia, Brasil, Meksiko.

Salah satu pendorong adopsi crypto di Amerika Latin didorong oleh banyaknya perusahaan di Amerika Latin dalam mengeksplorasi cara untuk memanfaatkan teknologi blockchain dan aset digital untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi negara-negara di kawasan ini.

Dukungan adopsi teknologi crypto yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar pun menjadi salah satu pendorong adopsi crypto di Vietnam. Vietnam saat ini memimpin sebagai negara pengadopsi cryptocurrency tertinggi di dunia.

Peringkat ini didapatkan berdasarkan metodologi penelitian Chainalysis melalui crypto exchange hingga jaringan pembayaran peer-to-peer (P2P). Mengapa adopsi crypto begitu tinggi di negara ini? Simak berita selengkapnya mengenai Vietnam Capai Tingkat Adopsi Crypto Tertinggi di Dunia di sini.

Brasil Jadi Salah Satu Pemimpin Adopsi Crypto di Amerika Latin

Brasil Jadi Salah Satu Pemimpin Adopsi Crypto di Amerika Latin
CoinDesk

Adopsi institusional dan regulasi crypto telah membuka jalan bagi pemerintah Brasil untuk menerbitkan stablecoin pertama Brasil, MBRL, yang didukung mata uang fiat Brasil melalui kemitraan dengan Stellar.

Bank sentral negara Brasil berencana menjadwalkan pengujian mata uang digitalnya tersebut pada tahun 2023 dan kemudian dirilis sepenuhnya ke lebih dari 200 juta warga Brasil pada tahun 2024.

Baca Juga: Susul Negara Lainnya, Brasil Telah Sahkan RUU Crypto Sebagai Metode Pembayaran!

Fabrício Tota, direktur Mercado Bitcoin yang merupakan salah satu crypto exchange Amerika Latin, mengatakan:

“Brasil telah menjadi pemain utama dalam perkembangan ekonomi crypto di Amerika Latin karena beberapa alasan: adopsi institusional, kemajuan regulasi, dan dukungan masyarakat umum. Keterlibatan sektor publik tidak dapat dihindari untuk meningkatkan perkembangan industri crypto sekaligus memberikan keamanan yang lebih besar bagi investor.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: