Amerika Latin Pimpin Dunia dalam Adopsi CBDC, Ini Laporan Terbaru dari IMF!

Amerika Latin Pimpin Dunia dalam Adopsi CBDC, Ini Laporan Terbaru dari IMF!

Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) telah mendapatkan perhatian global yang signifikan, dan Amerika Latin dan Karibia (LAC) muncul sebagai pemimpin dalam adopsi CBDC.

Laporan baru menggambarkan kondisi adopsi CBDC di seluruh wilayah ini, memperjelas antusiasme yang tumbuh terhadap keuangan digital di ekonomi ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Amerika Latin di Garis Depan Adopsi CBDC

amerika latin dan cbdc
Sumber: Grit Daily

Dilansir dari BeInCrypto, Amerika Latin telah secara konsisten maju menuju CBDC. Laporan terbaru dari Dana Moneter Internasional (IMF) mengungkapkan bahwa mayoritas bank sentral di wilayah ini sedang dalam proses evaluasi CBDC.

Sebagian besar penelitian dan pengembangan masih dalam tahap awal, namun beberapa negara telah membuat kemajuan signifikan menuju peluncuran CBDC.

Baca Juga: 5 Negara Ini Pimpin Adopsi Blockchain. Bagaimana Dengan Indonesia?

Negara-Negara Pemimpin dalam Adopsi CBDC

20 negara yang pimpin adopsi cbdc
Sumber: BeInCrypto

Negara-negara seperti Brasil, Argentina, Kolombia, dan Ekuador berada di antara 20 besar dalam adopsi crypto global. Brasil, pemain kunci dalam perlombaan CBDC, memiliki proyek Real digitalnya pada tahap bukti konsep yang maju.

Pada tahun 2023, bank sentral Brasil berniat memulai program pilot publik untuk Real digital dan menargetkan peluncuran skala penuh pada tahun 2024.

Baca Juga: Akankah ‘Smart Account’ Ethereum Dorong Adopsi Web3 Sejuta Pengguna di Asia? Ini Faktanya!

Tantangan dalam Adopsi CBDC

Perjalanan menuju adopsi CBDC penuh tidak tanpa tantangan. Banyak negara berjuang dengan instabilitas makroekonomi, kredibilitas institusional yang rendah, dan korupsi.

Oleh karena itu, kerangka regulasi yang dirancang dengan baik diperlukan untuk memastikan integrasi aman dari aset-aset ini ke dalam sistem keuangan yang ada.

Meski ada rintangan, potensi CBDC sangat besar. Mereka berjanji untuk meningkatkan sistem pembayaran, meningkatkan inklusi keuangan, menurunkan biaya remitansi lintas batas, dan meningkatkan kedaulatan moneter. Kemajuan Amerika Latin menuju CBDC menawarkan peta jalan bagi wilayah lain, menetapkan panggung untuk era baru keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: