Adopsi Bitcoin Meningkat, Meski Biaya Transaksi Melonjak: Apa Faktor Pendukungnya?

Adopsi Bitcoin Meningkat, Meski Biaya Transaksi Melonjak: Apa Faktor Pendukungnya?

Meski biaya transaksi Bitcoin melonjak, adopsi cryptocurrency ini justru mencapai puncak tahunan. Bagaimana bisa? Yuk, kita ulas lebih dalam!

Bitcoin Mengungguli Ethereum

biaya transaksi btc
Biaya Transaksi Rata-rata Bitcoin. Sumber: BitInfoCharts

Data CryptoFees menunjukkan bahwa rata-rata biaya transaksi harian Bitcoin mencapai $10,65 juta dari 16 hingga 18 November, melampaui rata-rata biaya Ethereum sebesar $6,9 juta dalam periode yang sama. Lonjakan ini mencerminkan optimisme pasar terhadap potensi persetujuan dana bursa Bitcoin di AS.

Meski demikian, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) masih ragu, menunda keputusan tentang berbagai aplikasi ETF Bitcoin hingga 2024. Analisis pasar juga mengaitkan lonjakan biaya transaksi Bitcoin dengan kebangkitan kembali Ordinal Inscriptions. Aset digital ini, mirip dengan NFT tetapi dalam denominasi terkecil Bitcoin, satoshi, mulai populer awal tahun ini, menandakan langkah Bitcoin ke sektor NFT.

Baca Juga: Bitcoin Menuju Zona Target $50.000 Sebelum Halving? Simak Analisa dari Para Ahli!

Adopsi Bitcoin Meningkat

adopsi bitcoin meningkat
Sumber: The Mootley Fool

Meski ada kekhawatiran bahwa biaya transaksi yang tinggi mungkin menghalangi pengguna Bitcoin, data on-chain justru menunjukkan tren sebaliknya. IntoTheBlock melaporkan adopsi Bitcoin mencapai puncak tahunan baru, mencapai 67,62% minggu ini.

Kenaikan ini menandakan peningkatan alamat aktif yang baru dibuat, menunjukkan arus masuk peserta pasar baru. Selain itu, volume Bitcoin yang dipegang oleh investor jangka panjang mencapai rekor tertinggi, dengan lebih dari 1 juta alamat memiliki lebih dari 1 unit Bitcoin.

Baca Juga: Cathie Wood, CEO Ark Invest, Ramalkan Harga Bitcoin (BTC) Capai $1,5 Juta!

Regulasi Crypto dan Adopsi Institusional

Pada tahun 2023, fokus pada regulasi aset digital meningkat tajam. Banyak kerangka hukum telah diajukan untuk dipertimbangkan di seluruh dunia untuk meningkatkan keamanan dan integritas industri ini.

Adopsi MiCA oleh Uni Eropa adalah kasus yang paling menonjol. Namun, meski banyak negara telah menyadari pentingnya aturan dalam menciptakan pasar crypto yang aman, kita masih jauh dari melihat adopsi aset digital yang lebih luas.

Meski regulasi dan adopsi institusional terus berkembang, tantangan masih ada. Namun, dengan pendekatan yang tepat dan kerjasama antara regulator dan perusahaan crypto, kita dapat mencapai ekosistem yang mendorong inovasi sambil menjaga keamanan yang diperlukan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: