Si Paling Ambisius, Adidas Persiapkan Lebih Banyak Pengalaman Crypto

author:

Si Paling Ambisius, Adidas Persiapkan Lebih Banyak Pengalaman Crypto

Sama seperi brand besar lainnya, Adidas merupakan salah satu brand yang ikut terjun ke dunia Web3 dengan meriliskan 16 koleksi NFT edisi terbatas Virtual Gear wearables berbasis blockchain pada 16 November 2022 lalu. Baru-baru ini, Decrypt (25/2/23) melaporkan bahwa pimpinan Web3 Adidas mengisyaratkan cara-cara unik untuk mengintegrasikan crypto lebih dari sekadar menambahkan opsi pembayaran. Wih! Seperti apa ya?

Ambisi Adidas Dalam Web3

Ambisi Adidas Dalam Web3
Sumber: The Drop

Menurut laporan, ambisi Web3 Adidas mungkin akan segera memasukkan mata uang crypto. Namun, hal ini tidak hanya sekedar dengan menambahkan plugin pembayaran.

Dalam sebuah wawancara bersama Decrypt, ketua Web3 Adidas mengatakan bahwa memasukkan mata uang crypto bukanlah “proposisi yang mahal,” terutama ketika tidak ada hambatan yang jelas untuk membeli sepatu kets dan pakaian yang diinginkan dengan mata uang fiat.

Sebaliknya, merek olahraga dan fashion Adidas kemungkinan besar akan memanfaatkan lebih banyak pengalaman crypto, mempromosikan komunitas, dan melakukan drop digital yang unik ke depannya.

Sebelumnya, Adidas membeli NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) pertama kali pada Desember 2021, dan kemudian mengeluarkan 30.000 NFT-nya sendiri pada bulan yang sama. Raksasa pakaian olahraga ini meraup $23,4 juta atau setara dengan Rp357 miliar dalam debut “Into the Metaverse”.

Menanggapi hal ini, pimpinan Web3 Adidas mengatakan,

“Ada pembayaran yang menarik di Apecoin dan beberapa koin lain yang bisa lebih mengejutkan jika Adidas akan memberikan drop eksklusif untuk komunitas tertentu dan mata uang tertentu. Saya pikir hal ini adalah sesuatu yang mungkin lebih menarik bagi kami.”

Tak hanya itu, pengguna nantinya berpotensi masuk dalam daftar putih untuk mendapatkan sepatu sneaker favorit mereka, misalnya, sesuatu yang menyelaraskan teknologi Web3 dengan strategi perusahaan Adidas yang lebih besar.

Dengan taktik token-gated, komunitas crypto “dapat mengalahkan bot, dan tidak perlu memainkan permainan yang menunggu drop sneaker dan mendapatkan L.” kata pimpinan Web3 Adidas. Hal-hal seperti inilah yang Adidas mulai jajaki sekarang.

Baca juga: Ada Steve Aoki, Aplikasi Musik Spotify Lakukan Eksperimen Web3. Bakal Seperti Apa?

Adidas Bergabung Dengan Daftar Merek yang Mengeksplor Web3

Adidas Bergabung Dengan Daftar Merek yang Mengeksplor Web3
Sumber: Beyond Games

Menurut Decrypt, perusahaan pakaian olahraga Adidas bukan satu-satunya perusahaan non-crypto yang menggali ruang Web3.

Beberapa waktu lalu, salah satu pendiri studio Salesforce Web3, Marc Mathieu, mengatakan kepada Decrypt bahwa menghubungkan dompet crypto ke merek akan menjadi “cookie baru”, mengacu pada blok data untuk mengidentifikasi aktivitas pengguna di internet.

Dalam wawancara, Mathieu mengatakan bahwa new cookie adalah jenis hubungan baru antara generasi pelanggan baru dengan serangkaian data baru.

Selain Adidas, brand pakaian mewah dari Prancis, yakni Yves Saint Laurent dilaporkan tengah mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia Web3 pada pertengahan Januari 2023 lalu. Baca selengkapnya di Web3 Makin Fashionable, Brand Mewah Yves Saint Laurent Siap Terjun ke Metaverse dan NFT.


Referensi: