Kolaborasi Adhara dan Cecabank dalam Pengujian CBDC Bank Sentral Spanyol

Kolaborasi Adhara dan Cecabank dalam Pengujian CBDC Bank Sentral Spanyol

Dunia keuangan terus mengalami evolusi dengan munculnya mata uang digital bank sentral, atau CBDC. Bank of Spain baru-baru ini mengumumkan pemenang proyek percobaan CBDC untuk transaksi grosir, di mana Adhara dan konsorsium yang terdiri dari Cecabank dan Abanca menjadi pionir. Mari kita telusuri inovasi yang berpotensi merombak sistem perbankan masa depan!

Kemenangan Adhara dalam Proyek CBDC

Adhara, bekerja sama dengan Fnality, telah terpilih melalui proses tender yang diadakan oleh Bank of Spain untuk membangun infrastruktur CBDC grosir. Proyek ini akan melibatkan penciptaan minimal dua CBDC grosir yang akan digunakan untuk transaksi antar negara.

Adhara juga bertanggung jawab dalam menyediakan dompet digital untuk peserta percobaan. Fokus Adhara tidak terbatas pada CBDC saja, tetapi juga pada pengembangan platform orkestrasi digital antarbank.

Platform ini akan berfungsi sebagai solusi untuk deposito yang telah ditokenisasi, sebuah konsep yang telah dikembangkan Adhara sebelumnya.

Dengan Julio Faura, CEO Adhara yang berpengalaman di Santander dan berasal dari Spanyol, proyek ini mendapatkan tambahan kepercayaan dengan keberadaan cabang Adhara di Spanyol.

Baca Juga: Perusahaan Crypto Terdaftar di Spanyol Melonjak 56% pada Tahun 2023!

Peran Cecabank dan Abanca dalam Percobaan CBDC

percobaan cbdc spanyol
Sumber: Cryptoslate

Di sisi lain, konsorsium Cecabank dan Abanca akan menjalankan percobaan CBDC grosir dalam konteks penyelesaian sekuritas yang telah ditokenisasi. Percobaan ini akan memanfaatkan CBDC grosir yang dikeluarkan dan didistribusikan melalui platform berbasis blockchain.

Tujuan utamanya adalah untuk memfasilitasi penyelesaian atomik atau pembayaran versus pengiriman (DvP) dalam penerbitan obligasi dan perdagangan di pasar sekunder. CBDC grosir ini juga akan diuji untuk pembayaran kupon dan mendukung transaksi antar negara.

Kedua inisiatif ini merupakan simulasi yang dirancang untuk mengevaluasi potensi dan kinerja CBDC dalam situasi yang mirip dengan kondisi nyata. Konsorsium ini berambisi untuk memberikan perspektif baru dalam penyelesaian transaksi sekuritas dengan memanfaatkan teknologi blockchain.

Baca Juga: Spanyol Memperbarui Regulasi Pajak Crypto, Seperti Apa?

Proyek Terpisah dari Percobaan Euro Digital

Meskipun proyek ini berada di bawah naungan Bank of Spain, penting untuk dicatat bahwa ini adalah inisiatif yang berbeda dari percobaan euro digital yang sedang dilakukan oleh European Central Bank (ECB).

ECB saat ini tengah mengkonsentrasikan upaya pada euro digital untuk transaksi ritel, sementara Bank of France telah melaksanakan beberapa percobaan CBDC grosir. ECB juga telah memulai proyek yang mengeksplorasi “Teknologi Baru untuk Penyelesaian Grosir” yang bertujuan untuk memanfaatkan uang bank sentral dalam menyelesaikan transaksi sekuritas berbasis DLT.

Proyek ini akan menguji tiga solusi berbeda, termasuk CBDC grosir dari Prancis, solusi pemicu dari Jerman, dan sistem escrow dari Italia. Percobaan dengan uang nyata dijadwalkan akan dimulai bulan depan, menandai kemajuan signifikan dalam penjelajahan teknologi keuangan terbaru.

Kesimpulan

Kemenangan Adhara dan konsorsium Cecabank dalam tender Bank of Spain menandai babak baru dalam pemanfaatan CBDC dan teknologi blockchain dalam industri keuangan. Dengan percobaan yang akan segera berlangsung, kita mungkin akan menyaksikan transformasi dalam metode transaksi keuangan di masa yang akan datang. Tetaplah mengikuti perkembangan terkini dari proyek inovatif ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi