Unik, Acara Keagamaan India Akan Berlangsung Secara Virtual di Metaverse!

Unik, Acara Keagamaan India Akan Berlangsung Secara Virtual di Metaverse!

Perayaan keagamaan tahunan Durga Puja merupakan salah satu perayaan terbesar di India. Dilansir dari Forkast News, pada Oktober 2022 lalu, perayaan keagamaan tersebut dapat menarik seperempat miliar orang dari seluruh negeri untuk ikut merayakannya.

Pasalnya, tidak semua warga India bisa menghadiri acara tersebut secara langsung. Perusahaan startup di India, XP&Dland dan Metaform, membuat inovasi untuk menyelenggarakan acara keagamaan tersebut dengan Virtual Reality yang bisa diakses melalui smartphone atau komputer melalui jaringan sosial 3D yang dikenal sebagai Spatial.

Sebenarnya apa tujuan penyelenggaraan acara Durga Puja di metaverse? Dan bagaimana acara tersebut berlangsung? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tujuan Penyelenggaraan Durga Puja di Metaverse

Penyelenggaraan Durga Puja di Metaverse
Sumber: Moneycontrol

Sukrit Singh, salah satu pendiri perusahaan XP&Dland dan Metaform mengatakan kepada Forkast News, bahwa:

“Kami ingin membawa acara budaya massal ke Web3, dengan menggunakan cara yang lebih baik untuk memulai Durga Puja, karena Durga Puja termasuk ke dalam pertemuan terbesar di dunia,” ujar Sukrit Singh, mengatakan kepada Forkast News dalam sebuah wawancara, Selasa (27/12/2022).

Dia juga menyampaikan bahwa pengguna dapat membuat avatar dan kemudian memasuki replika online dari “Pandal”, sebuah patung fisik sementara, beberapa dibangun menyerupai kuil atau gereja, di sejumlah lokasi di India untuk menjadi tempat sang dewi.

Dilansir dari Forkast News, Pandal merupakan tempat ibadah di metaverse, dan para pengguna berkesempatan untuk bertemu dengan pengguna lain yang hadir di sana dalam avatar mereka, kata Singh.

Baca Juga: Olahraga Berhadiah Crypto? NEAR India Gandeng Platform Kesehatan Ini Untuk Adopsi Web3 di India!

Sukrit Singh Berencana Untuk Terus Kembangkan Metaverse di India

Sukrit Singh Berencana Untuk Terus Kembangkan Metaverse di India
Sumber: CryptoStars

Dalam percobaan peluncuran yang dilakukan pada tahun ini, ada sekitar 20.000 orang telah menggunakan avatar. Menurut Singh, hal tersebut adalah awal yang kecil mengingat ada jutaan orang yang menghadiri Durga Puja di dunia nyata.

Tetapi dia juga berpendapat bahwa hal itu menunjukkan ada potensi untuk tumbuh dan memanfaatkan peluang pendapatan. Itu termasuk NFT dan iklan. Singh juga mengatakan bahwa timnya sedang membuat 4 Pandal versi online dan membuat airdrop  sebanyak 16.000 koleksi NFT dewa.

“Kami menyukai ide tersebut, fakta bahwa siapapun dan dimanapun mereka berada, akan dapat mengunjungi Pandal kami,” kata Saptarshi Basu, sekretaris penyelenggara Asosiasi Budaya Ballygunge, salah satu dari empat penyelenggara Durga Puja.

Basu juga memberikan saran bahwa untuk kedepannya, harus ada pilihan bagi penonton online untuk membeli merchandise seperti foto atau karya seni.

Dikutip dari Forkast News, Singh mengatakan bahwa sangat logis untuk membawa acara budaya massal ke metaverse. Dia juga berencana untuk berbicara dengan sekitar 300 kuil di India tentang proyeknya, dan berencana untuk memiliki 100 Pandal Durga Puja online di tahun 2023 mendatang.

“Namun, tidak mudah untuk meyakinkan institusi agama atau budaya untuk melakukan eksperimen semacam ini. Saat ini saya pikir kami sedang dalam tahap edukasi,” ujar Singh, dikutip dari Forkast News, Selasa (27/12/2022).

Referensi: