Aave Luncurkan Stablecoin GHO di Ethereum Mainnet, Inovasi Baru dalam Dunia DeFi!

Aave Luncurkan Stablecoin GHO di Ethereum Mainnet, Inovasi Baru dalam Dunia DeFi!

Protokol DeFi Aave telah berhasil meluncurkan stablecoin algoritmiknya, GHO, di Ethereum Mainnet. Dengan berbagai jenis aset yang dapat digunakan sebagai jaminan, Aave berupaya meningkatkan transparansi dan memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada penggunanya. Simak berita lengkapnya berikutg ini!

Peluncuran GHO dan Proses Pencetakan Unik

peluncuran stablecoin gho
Sumber: Akun Twitter GHO

Dilansir dari Cointelegraph, Aave DAO telah berhasil meluncurkan stablecoin desentralisasi mereka, GHO, di Ethereum Mainnet. GHO dicetak dengan berbagai jenis aset jaminan yang disimpan di dalam Protokol Aave, sebagai bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan visibilitas pengguna.

Berbeda dengan stablecoin lain seperti DAI dari MakerDAO, GHO menonjol dengan proses pencetakan uniknya yang berbasis pada jaminan yang disetorkan. GHO memungkinkan berbagai jenis jaminan untuk ditempatkan dalam satu transaksi, sedangkan DAI membutuhkan vault individu untuk setiap aset yang digunakan untuk pencetakan.

Stablecoin GHO saat ini sudah tersedia untuk umum:

“Siapa pun dapat mencetak GHO menggunakan aset yang mereka pasok ke pasar Aave Protocol V3 Ethereum sebagai jaminan, memastikan bahwa GHO dijamin oleh banyak aset,” tulis blog resmi mereka.

Baca Juga: Prediksi Harga Aave 2023, 2025, 2030: Luncurkan V3 dan Stablecoin, AAVE Siap Meroket Hingga Rp26 Juta?

Proposal Multi-chain dan Komunitas Aave

Peluncuran stablecoin GHO didorong oleh keinginan platform untuk membuat ekosistem mereka lebih mudah diakses oleh pengguna dengan biaya yang lebih rendah sambil meningkatkan efisiensi pasar. Namun, organisasi tersebut telah mengumumkan rencananya untuk mengajukan proposal multi-chain kepada komunitas untuk ditinjau dan disetujui.

Pada bulan Juni 2022, Aave DAO diperkenalkan dengan konsep peluncuran GHO. Setelah menerima umpan balik positif dari komunitas Ethereum, pengembang meluncurkan GHO di Ethereum Testnet pada bulan Februari untuk melakukan penyesuaian akhir sebelum peluncuran resmi protokol.

Baca Juga: Founder Aave Beberkan Peran Tak Terduga Stablecoin Bagi DeFi

Peran DAO dalam Menentukan Aturan GHO

supply stablecoin gho
Total pasokan GHO yang beredar sejak awal. Sumber: DeFiLlama

Sesuai dengan karakter desentralisasinya, Aave DAO akan memilih suku bunga, jumlah maksimum GHO yang dapat dicetak, dan aturan untuk melakukannya. Ini menunjukkan bagaimana Aave berkomitmen untuk mempertahankan karakteristik desentralisasi dan demokratis dari platformnya.

Dengan peluncuran GHO ini, Aave telah membuka babak baru dalam ekosistemnya. Ini menunjukkan bagaimana Aave terus berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pengguna dan tren pasar.

Peluncuran GHO di Ethereum Mainnet menandai langkah penting bagi Aave dalam upayanya untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan berbagai jenis aset yang dapat digunakan sebagai jaminan dan proses pencetakan unik, GHO menawarkan fleksibilitas dan transparansi yang belum pernah ada sebelumnya dalam ekosistem Aave.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: