Pasar Aave V2 dan V3 Kembali Berjalan Setelah Ancaman Keamanan

author:

Pasar Aave V2 dan V3 Kembali Berjalan Setelah Ancaman Keamanan

Setelah ancaman kerentanan keamanan yang muncul awal bulan ini, pasar Aave versi 2 dan 3 telah diaktifkan kembali dan telah melanjutkan fungsi standar, menandai pemulihan untuk protokol pinjaman desentralisasi. Meski sempat mengalami kendala, laporan menyebutkan bahwa tidak ada dana yang terpengaruh.

Ancaman Keamanan yang Mengguncang Aave

Kerentanan yang terungkap pada 4 November 2023 lalu mempengaruhi berbagai pasar pinjaman di Aave V2 di Ethereum dan Aave V3 di blockchain termasuk Optimism, Arbitrum, Avalanche, dan Polygon. Telusuri selengkapnya di Menerima Laporan Masalah Fitur, Aave Menghentikan Beberapa Pasar

Masalah ini memicu tindakan segera dari Aave DAO. Sebagai tanggapan atas masalah ini, DAO sementara waktu menonaktifkan fitur pinjaman suku bunga stabil, langkah untuk mencegah eksploitasi potensial.

Aave Kembali Beroperasi Penuh

aave v2 v3 kembali beroperasi
Sumber: Twitter

Kemarin, Aave mengumumkan pemulihan pasar v3 ke fungsi penuh. Kamu kini dapat kembali melakukan deposit, pembayaran, memulai dan menutup posisi pinjaman, dengan protokol beroperasi pada kapasitas penuh.

Baca juga: Terobosan Baru Dunia Media Sosial, Aave Companies Luncurkan Lens V2 dengan Fitur ‘Blocking’

“Pasar Aave V3 yang terpengaruh telah diaktifkan kembali oleh Community Guardian setelah eksekusi proposal tata kelola. Terima kasih kepada Aave DAO atas tindakan cepat mereka,” kata proyek tersebut.

Pasar V2 Juga Diaktifkan Kembali

aave v2 v3 kembali beroperasi
Sumber: Twitter

Tidak hanya itu, per 13 November 2023, pasar v2 juga diaktifkan kembali, sehingga mengakhiri masalah tersebut.

“Pasar Aave V2 kini sepenuhnya diaktifkan kembali. Acara pengungkapan kerentanan sekarang telah berakhir. Semuanya telah diperbaiki dan tidak ada dana pengguna yang hilang,” kata Marc Zeller, kontributor Aave dan pendiri Aave Chan.

Mengingat berbagai pihak ketiga telah mem-fork Aave, DAO sejauh ini telah menahan detail spesifik tentang kerentanan untuk melindungi protokol tersebut. Informasi lengkap tentang kerentanan akan diungkapkan oleh DAO nantinya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: