Mengenal Aave Crypto, Bagaimana Cara Kerjanya?

author:

Mengenal Aave Crypto, Bagaimana Cara Kerjanya?

Apakah kamu pernah mendengar tentang Aave? Platform pinjaman crypto ini sedang menjadi sorotan dengan sistem yang memungkinkan pengguna untuk meminjam dan meminjamkan aset crypto mereka.

Dengan teknologi smart contract, Aave menawarkan cara baru dalam transaksi keuangan crypto yang aman dan efisien. Mari kita selami lebih dalam bagaimana Aave bisa mengubah cara investor berinteraksi dengan dunia crypto.

Apa Itu Aave dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Aave adalah platform crypto yang memanfaatkan teknologi smart contract untuk memfasilitasi pinjaman dan peminjaman aset crypto. Pengguna harus menyetor aset crypto sebagai jaminan yang nilainya lebih tinggi dari jumlah pinjaman yang diinginkan. Hal ini dilakukan untuk melindungi pemberi pinjaman dari kemungkinan gagal bayar dan memungkinkan Aave untuk melikuidasi jaminan jika nilainya turun drastis.

Baca juga: Hore! Aave V3 Diluncurkan di Jaringan Ethereum Layer-2 Metis, Apa Saja keunggulannya?

Smart contract di Aave otomatis mengatur distribusi dana, penanganan jaminan, dan penilaian biaya. Kamu bisa meminjam hingga 80% dari nilai jaminan yang pengguna setorkan. Untuk pemberi pinjaman, Aave menawarkan bunga tahunan tetap yang dibayarkan dalam aset crypto yang sama dengan yang disetorkan. Pengguna juga bisa menarik dana dan bunga yang telah dihasilkan kapan saja.

Keamanan dan Risiko dalam Menggunakan Aave

Aave dianggap sebagai platform yang aman karena dilindungi oleh jaringan desentralisasi Ethereum dan token AAVE yang distaking. Namun, seperti platform lainnya, Aave juga memiliki risiko.

Smart contract bisa saja dikompromikan, dan hacker berpotensi mengakses dana di platform. Risiko likuidasi menjadi perhatian utama jika nilai jaminan turun drastis. Aave tidak menawarkan asuransi, sehingga dana pengguna tidak dilindungi seperti di lembaga keuangan tradisional. Volatilitas crypto dan risiko likuiditas juga menjadi pertimbangan penting sebelum para investor memutuskan untuk menggunakan Aave.

Baca juga: Pasar Pinjaman Aave Kembali Beroperasi Setelah Ancaman Keamanan!

Bagaimana Cara Menggunakan Aave Crypto?

Untuk memulai dengan Aave, kamu hanya perlu masuk ke aplikasi web, menghubungkan dompet digital, dan menyetor aset crypto. Setelah itu, kamu bisa memilih aset crypto yang ingin dipinjam berdasarkan jaminan yang telah disetor.

Pinjaman di Aave tidak memiliki batas waktu pengembalian tetapi akan terus mengakumulasi bunga. Kamu harus membayar kembali pinjaman dalam bentuk crypto yang sama dengan yang dipinjam. Aave juga menawarkan Flash Loans, pinjaman yang harus dikembalikan dalam waktu yang sangat singkat, yang sering digunakan untuk arbitrase dalam pasar crypto.

Dengan memahami cara kerja Aave, kamu bisa memanfaatkan peluang dalam dunia crypto dengan lebih bijak. Platform ini menawarkan solusi pinjaman dan peminjaman yang transparan dan efisien, namun tetap memerlukan pemahaman yang baik tentang risiko yang ada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: