Nigeria Pecahkan Rekor! 99% Penduduknya Kini Mengenal Crypto!

Nigeria Pecahkan Rekor! 99% Penduduknya Kini Mengenal Crypto!


Sebuah survei global yang melibatkan responden dari 15 negara menunjukkan bahwa Nigeria, ekonomi terbesar di Afrika, memiliki populasi yang paling sadar tentang cryptocurrency di dunia. Dengan 99% penduduknya yang mengenal crypto, Nigeria menunjukkan potensi besar dalam revolusi keuangan digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Nigeria: Pemimpin Kesadaran Crypto Global

kesadaran crypto global nigeria
Pertanyaan dan tanggapan survei. Sumber: Survei Partisipasi Web3 Global Consensys/YouGov

Survei yang dilakukan oleh ConsenSys dan YouGov menunjukkan bahwa hampir seluruh penduduk Nigeria telah mendengar tentang cryptocurrency. Fakta menarik lainnya adalah bahwa 70% dari responden Nigeria mengatakan mereka memahami konsep dasar teknologi blockchain.

Dari 1.001 responden dari Nigeria, 76% di antaranya pernah memiliki atau saat ini memiliki kriptokurensi. Bitcoin dan Ether menjadi yang paling populer, sementara BNB dan Dogecoin memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan Tether, stablecoin terbesar di dunia.

Meskipun Bank Sentral Nigeria memutus hubungan antara bursa crypto dan bank lokal pada Februari 2021, 50% responden berpendapat bahwa regulator harus menciptakan hukum yang mendorong partisipasi sambil melindungi investor.

Baca Juga: Sempat Batasi Penarikan Uang, Nigeria Kini Larang Penuh Penarikan Uang Tunai! Crypto Solusinya?

Alasan di Balik Populernya Crypto di Nigeria

alasan crypto populer di nigeria
Tangkapan layar dari sebuah pertanyaan dari survei. Sumber: Survei Partisipasi Web3 Global ConsenSys/YouGov

Mayoritas penduduk Nigeria beralih ke cryptocurrency sebagai lindung nilai terhadap inflasi setelah performa buruk dari mata uang lokal mereka, naira, yang disertai dengan inflasi dua digit.

65% responden melihat mata uang virtual seperti Bitcoin dan stablecoin sebagai alat melawan mata uang lokal yang melemah. Dalam hal regulasi, 50% responden ingin pemerintah memberikan kejelasan di industri ini dengan aturan baru.

Sebagian besar penduduk Nigeria membeli crypto untuk diversifikasi portofolio mereka. Mereka melihat crypto sebagai alternatif untuk keuangan tradisional, terutama karena ketidakstabilan mata uang lokal mereka.

Baca Juga: Kebijakan Blockchain Nasional Nigeria Dapat Lampu Hijau dari Pemerintah

Tantangan dan Masa Depan Crypto di Nigeria

Meskipun 99% penduduk Nigeria sadar akan cryptocurrency, hanya 21% yang mengatakan sangat familiar dengan konsep Web3. NFT dan Metaverse adalah konsep yang paling dikenal di antara populasi Nigeria.

Salah satu tantangan terbesar yang menghambat masuknya ke ekosistem crypto adalah persepsi pasar yang volatile dan ketakutan akan penipuan.

Pada tahun 2021, Pemerintah Pusat Nigeria melarang kepemilikan aset digital dengan alasan perlindungan investor. Namun, dengan pengakuan mata uang virtual sebagai kelas aset yang dapat dikenai pajak dalam Amandemen Undang-Undang Keuangan (2023), spekulasi tentang perubahan pendekatan regulasi muncul.

Nigeria telah menunjukkan potensi besar dalam revolusi keuangan digital dengan tingkat kesadaran crypto yang tinggi di kalangan penduduknya. Meskipun ada tantangan dan hambatan, negara ini tetap menjadi pemimpin dalam adopsi dan pemahaman crypto di tingkat global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: