8 Prinsip Peluncuran Token yang Etis Menurut Hayden Adams

8 Prinsip Peluncuran Token yang Etis Menurut Hayden Adams

Jakarta, Pintu News – Semakin berkembangnya industri crypto, diskusi tentang distribusi token semakin hangat. Menyadari pentingnya topik ini, Hayden Adams, pendiri Uniswap, berbagi pandangannya tentang distribusi token yang baik. Berikut adalah panduan praktis berdasarkan pendapat Hayden Adams:

prinsip peluncuran token hayden adams
Sumber: Akun X Hayden Adams

1. Tokens, Bukan Poin

Dalam distribusi token, penting untuk menghindari konsep poin dan fokus pada penggunaan token. Token memungkinkan pemegangnya untuk berpartisipasi dalam ekosistem proyek secara langsung, sementara poin cenderung memiliki nilai yang ambigu dan terbatas.

2. Hindari Spekulasi Publik

Membuat spekulasi publik tentang distribusi token dapat merugikan. Jika informasi belum siap untuk diumumkan, lebih baik untuk menunggu hingga semua detail tersedia. Menyebarkan informasi setengah-setengah hanya akan menimbulkan kebingungan dan ketidakpercayaan di antara komunitas.

Baca Juga: Whale Bitcoin Beli 47 Ribu BTC dalam Sehari, Era Baru Dimulai?

3. Liquidity Realistik dari Hari Pertama

Menyediakan likuiditas yang cukup pada hari pertama distribusi token adalah kunci untuk menghindari manipulasi harga. Memiliki jumlah token yang cukup untuk memungkinkan penemuan harga yang nyata di DEX (Decentralized Exchange) memastikan adanya nilai yang transparan dan adil bagi para pemegang token.

4. Hindari Suplai Token yang Terlalu Tinggi

Membuat suplai token yang terlalu tinggi hanya untuk memanfaatkan bias unit pada pengguna adalah perilaku yang tidak baik. Hal ini dapat merugikan komunitas dan menyebabkan inflasi yang tidak perlu.

5. Berikan dengan Murah Hati

Memberikan jumlah token yang cukup kepada komunitas adalah kunci dalam membangun hubungan yang baik dan mendapatkan kepercayaan. Jika proyek tidak yakin apakah komunitas layak mendapatkan jumlah yang signifikan, mungkin sebaiknya menunda peluncuran token hingga kesiapan yang lebih baik.

Baca Juga: Bitcoin vs Emas, Eric Balchunas Ungkap Hal Ini!

6. Hindari Pemasaran Berlebihan

Membicarakan kenaikan harga token atau menggaji influencer untuk mempromosikan proyek dapat menimbulkan kesan bahwa tujuan utama proyek adalah untuk menghasilkan keuntungan cepat daripada membangun nilai yang nyata. Fokuslah pada pengembangan produk dan kepentingan jangka panjang komunitas.

7. Sederhana dan Transparan

Proyek crypto yang berhasil biasanya memiliki model distribusi token yang sederhana dan mudah dipahami oleh komunitas. Hindari kerumitan yang tidak perlu dan prioritaskan transparansi dalam setiap langkah distribusi token.

8. Konsistensi dan Integritas

Setiap keputusan dalam distribusi token harus didasarkan pada pertimbangan yang matang dan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Hindari situasi di mana proyek harus berjuang atau meminta maaf kepada komunitas crypto, dan pastikan untuk membangun sesuatu yang dapat didukung dan dibanggakan.

Menurut cuitan dari akun Hayden Adams, pendiri Uniswap, distribusi token yang adil dan transparan adalah kunci untuk membangun komunitas crypto yang sehat dan berkelanjutan. Dengan mengikuti panduan praktis ini, proyek dapat memastikan bahwa setiap langkah yang diambil mendukung visi jangka panjang dan kepentingan para pemegang token.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: