76% Investor Crypto Vietnam Terjun Berdasarkan Rekomendasi Teman, Apa Dampaknya?

author:

76% Investor Crypto Vietnam Terjun Berdasarkan Rekomendasi Teman, Apa Dampaknya?

Sebuah laporan terbaru oleh Kyros Ventures, Coin68, dan Animoca Brands menunjukkan bahwa 76% investor crypto di Vietnam mengandalkan rekomendasi dari teman atau keluarga dalam membuat keputusan investasi mereka.

Angka ini 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika Serikat. Laporan ini juga menunjukkan bahwa hampir setengah dari investor kripto di Vietnam mengandalkan sumber informasi lain seperti studi mandiri, berita media, dan kelompok komunitas.

Kepercayaan pada Rekomendasi Teman

Survei yang melibatkan 3.300 partisipan ini menunjukkan bahwa kepercayaan pada rekomendasi teman atau keluarga sangat tinggi di Vietnam. Menariknya, ini adalah angka yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, negara yang secara teknologi lebih maju.

Hal ini menunjukkan bahwa di Vietnam, hubungan pribadi dan kepercayaan memainkan peran penting dalam keputusan investasi, bahkan di era digital ini.

Baca juga: Visa Gandeng Crypto Exchange Eropa Guna Meningkatkan Adopsi Crypto di Pasar Global

Tren dan Preferensi di Pasar Crypto Vietnam

Selain mengandalkan rekomendasi, survei juga menunjukkan bahwa 70% responden optimis bahwa pasar bearish sudah berakhir atau akan segera berakhir. Selain itu, 75% responden menginginkan lebih banyak intervensi regulasi dari pemerintah Vietnam.

Lebih lanjut, menurut data dari Chainalysis, Vietnam saat ini adalah negara terdepan dalam adopsi crypto, dengan 19% populasi dewasa memiliki aset digital.

adopsi crypto di vietnam
Pengguna crypto Vietnam menghargai sifat kustodian mandiri DEX di samping likuiditas di bursa terpusat. Sumber: Kyros

Hampir 90% responden survei terlibat dalam aktivitas DeFi, dibandingkan dengan 70.2% untuk GameFi, 73.7% untuk token yang tidak dapat dipertukarkan, 91% untuk keuangan terpusat, dan 54.9% untuk SocialFi. Peserta tetap terdistribusi secara merata antara preferensi mereka untuk pertukaran terpusat dibandingkan dengan pertukaran terdesentralisasi.

Para peneliti menyimpulkan:

“Perkembangan dan tren teknologi lokal juga berubah dengan cepat sejalan dengan iklim global. Memang, Anda mungkin menyadari ada lebih dari seratus proyek GameFi di Vietnam sebelumnya, dan sekarang saatnya untuk gelombang ‘pembangun Web3’, terutama sejak GM Vietnam (Vietnam Blockchain Week) 2023.”

Edukasi dan Infrastruktur Blockchain di Vietnam

Meskipun Vietnam memimpin dalam adopsi crypto, hanya ada sembilan institusi pendidikan di negara ini yang menawarkan kursus blockchain. Selain itu, hanya ada delapan proyek infrastruktur blockchain di Vietnam. Ini memperlihatkan bahwa meskipun ada antusiasme yang tinggi untuk crypto, masih ada kekurangan dalam edukasi dan infrastruktur blockchain di negara ini.

Pada akhirnya, kepercayaan tinggi pada rekomendasi teman atau keluarga dalam investasi crypto di Vietnam menunjukkan bagaimana hubungan pribadi dan kepercayaan masih memainkan peran penting dalam keputusan finansial, bahkan di era digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: