7 Proyek NFT Terbaik di 2022, Ada Favoritmu?

author:

7 Proyek NFT Terbaik di 2022, Ada Favoritmu?

Setelah cryptocurrency menjadi lebih familiar sejak beberapa tahun belakangan ini, pasar NFT pun meroket dan menjadi topik umum di beberapa platform media setelah content creator, brand, dan selebritas papan atas terjun bergabung menggunakan Web3.

Meski begitu, di tengah banyaknya koleksi NFT yang mencuat di 2022, terhitung hanya beberapa proyek yang benar-benar berkesan dan menarik perhatian banyak orang terlepas dari tingginya harga yang didapat. Di artikel kali ini, mari terlusuri beberapa NFT terbaik dan inovatif tahun ini. Kira-kira koleksi NFT apa saja ya?

Simak artikel NFT terbaik 2022, menurut laporan decrypt.

QQL

QQL jadi NFT terbaik 2022
Sumber: OpenSea

Hasil karya kolaborasi antara Tyler Hobbs dan Dandelion Wist yang bernama QQL, merupakan koleksi NFT terbaik dengan seni generatif Ethereum. Sebelumnya, Hobbs terkenal sebagai kreator di balik proyek Art Blocks Fidenza, yang menghasilkan banyak penjualan sampai dengan tujuh digit (USD) pada tahun 2021.

Dari karyanya tersebut, banyak orang menantikan proyek-proyek Hobbs selanjutnya. Dan benar saja, koleksi NFT QQL terjual mint pass senilai $17 juta atau setara dengan Rp2 miliar saat diluncurkan. Seperti halnya Fidenza, karya seni QQL dihasilkan menggunakan algoritma yang diatur dengan baik, yang diterapkan ke blockchain. Dalam prosesnya, karya seni QQL menghasilkan gelombang lingkaran warna-warni yang memukau, dari ukuran besar sampai kecil. Selain itu, terselip kejutan berupa fakta bahwa pembeli kartu mint mendapatkan bentuk akhir dari karya seni tersebut, sekaligus yang dapat mereka ubah menjadi NFT. Dijelaskan dalam Decrypt, siapa pun dapat bermain dengan algoritme QQL dan menghasilkan hasil yang berpotensi memukau, tetapi hanya pemilik kartu mint saja yang dapat menambahkan NFT ke koleksi resmi.

Inovasi yang melibatkan koleksi NFT dengan kolektor inilah yang membentuk paradigma baru untuk pembuatan dan kepemilikan NFT, termasuk menyempurnakan proses pencetakan NFT, dan juga memberikan kesempatan kepada pemegangnya untuk menjadi seniman. Selain itu, QQL ini menarik bagi banyak orang karena seseorang yang menghasilkan benih karya seni tertentu (biasanya pembuat NFT) mendapat sebagian kecil royalti saat karya tersebut dijual kembali.

Pada saat penulisan, harga dasar NFT QQL di OpenSea berkisar 6 ETH.

Proof of Merge

Proof of Merge NFT terbaik 2022
Sumber: OpenSea

NFT Proof of Merge termasuk dalam salah satu perkembangan crypto yang paling dinantikan dan menjadi NFT terbaik tahun 2022. Sebagai proyek sampingan, para staf Andreessen Horowitz, Mason Hall, dan Michael Blau menciptakan NFT Ethereum dinamis “Proof of Merge” untuk merayakan acara tersebut.

Di sini, setiap NFT bertindak sebagai “bukti kehadiran” yang membuktikan bahwa pengguna yang membuatnya berpartisipasi dalam Web3 sebelum penggabungan dilakukan.

NFT Hall dan Blau secara otomatis mengubah metadata mereka melalui koleksi smart contract yang menyimpan kode dan terhubung ke aplikasi terdesentralisasi otonom (dApps), sehingga mengembangkan tampilan NFT sesuai dengan status proses penggabungan secara real time.

Dilansir Decrypt, setiap NFT dimulai sebagai gambar statis dari lingkaran hitam putih yang terpisah. Saat penggabungan dimulai, NFT diperbarui menjadi lingkaran yang digabungkan sebagian. Setelah selesai, NFT diperbarui lagi ke tahap terakhirnya, yaitu simbol Yin-Yang sebagai tanda memberi penghormatan kepada meme beruang panda Ethereum. Pada proses ini, lapisan eksekusi blockchain (beruang hitam) dan lapisan konsensus (beruang putih) digabungkan untuk membentuk hewan mamalia yang menggemaskan!

Shibuya

Shibuya NFT terbaik 2022
Sumber: Coindesk

Untuk mendanai visi baru untuk masa depan perfilm-an, Artist Emily “plppleasr” memanfaatkan pasar NFT. Dilansir Decrypt, Shibuya bertujuan untuk menjadi “A24 of Web3” dengan menjual NFT sebagai semacam chip pemungutan suara, menghasilkan komunitas yang secara kolektif memutuskan bagaimana alur cerita berkembang sambil mendanai proyek masa depan dalam prosesnya.

Pada bulan Desember, Shibuya mengumpulkan dana awal sebesar $6,9 juta, yang dipimpin bersama a16z dan Varian Fund, untuk melanjutkan misinya. Proyek pertamanya adalah serial anime “White Rabbit,” yang bercerita seorang anak muda yang menjelajahi dunia crypto yang mistis. Karena keunikannya, NFT Shibuya bisa dikatakan menjadi NFT terbaik tahun 2022.

Goblintown

Goblintown NFT terbaik 2022
Sumber: Bitcoin

NFT Ethereum Goblintown menjadi viral pada akhir Mei ketika pasar crypto bear dimulai. Tak lama setelah runtuhnya blockchain Terra dan saat “degens” perdagangan NFT mulai kehilangan harapan, banyak penggemar jatuh cinta dan menikmati NFT yang mengandung kebodohan, kotoran, dan kegilaan.

Menurut Decrypt, NFT Goblintown sukses besar dan menjadi salah satu daftar NFT terbaik, meskipun seninya tidak terlalu ciamik. NFT Goblintown diluncurkan dengan “No roadmap. No Discord. No utility,” per proyek. Dari mint gratis hingga muncul perdagangan pasar sekunder senilai $ 96 juta sejak itu. NFT dengan humor yang tidak sopan dan membawa kesembronoan ini nyatanya sangat dibutuhkan komunitas crypto yang sedang berjuang. Maka dari itu, NFT Goblintown menjadi salah satu tren NFT paling liar di tahun 2022.

Pada saat penulisan, harga dasar Goblintown berada di angka 0.689 ETH.

Reddit Collectible Avatars

Reddit collectible avatars NFT terbaik 2022
Sumber: Engadget

Setelah peluncuran di musim panas, NFT Reddit, yang disebut “collectible avatars” memiliki popularitas yang cukup signifikan pada musim gugur. Salah satu NFT terbaik Polygon ini menjadi sangat didambakan dan populer karena pengguna di seluruh platform forum online menggunakan Snoo dengan berbagai warna dan desain, yang telah dikirimkan Reddit ke banyak orang secara gratis. Saat ini, lebih dari 7 juta NFT Reddit telah dicetak di Polygon, dengan lebih dari 5,3 juta pemegang unik dalam campurannya. Secara keseluruhan, peluncuran NFT Reddit mungkin menjadi salah satu yang terbaik hingga saat ini. Dilansir Decrypt, peluncuran ini adalah kemenangan besar untuk adopsi Polygon sidechain Ethereum dan untuk industri NFT secara keseluruhan. Pada saat penulisan, harga dasar Reddit Collectible Avatars sekitar 0.023 8ETH.

Baca juga: NFT Reddit Sukses Luncurkan Koleksi Avatar, Capai $10 Juta Hanya Dalam 3 Bulan!

DeGods

DeGods NFT terbaik 2022
Sumber: OpenSea

Selagi NFT Ethereum masih mendominasi pasar dengan total volume yang diperdagangkan, NFT Solana juga membuat gelombang dan mendapatkan daya tarik lebih berkat koleksi NFT menarik seperti DeGods. Menarik banyak minta, Degods menjadi salah satu NFT terbaik di 2022.

Dibuat oleh wirausahawan “Frank,” DeGods adalah kumpulan gambar profil NFT di Solana yang menawarkan sejumlah manfaat berbeda bagi pemegangnya.

Setelah peluncuran yang gagal di akhir tahun 2021, Frank dan timnya meningkatkan “eksperimen sosial”, dengan meluncurkan karya seni yang ditingkatkan kepada pemilik, seperti menawarkan token DUST yang diperoleh setiap hari kepada pemegang jangka panjang, dan memperoleh kendali untuk mempertaruhkan tim di liga bola basket BIG3 Ice Cube menggunakan dana DAO.

Pergerakan baik inilah yang mendorong DeGods menjadi proyek Solana NFT paling berharga di musim panas tahun ini, dengan peringkat yang mendekati kelas berat Ethereum dalam hal nilai USD. Tak lama, mereka memasukkan hype komunitas ke dalam proyek y00ts yang bahkan lebih ramai pada musim gugur ini. Dust Labs, perusahaan teknologi terkait, juga mengumpulkan $7 juta untuk membantu membangun ekosistem proyek.

Dengan fenomena ini DeGods dan y00ts membantu peningkatan ruang Solana NFT pada tahun 2022, meskipun Frank akan melakukan perubahan besar di tahun 2023, yang mana DeGods akan disalurkan ke Ethereum sementara y00ts disalurkan ke Polygon, sehingga tidak lagi membatasi mereka ke ekosistem aslinya.

Pada saat penulisan, harda dasar DeGods terhitung sekitar 699 SOL.

Pudgy Penguins

Sumber: NYTimes

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak koleksi NFT yang berjuang untuk mempertahankan semangat sebelum akhirnya menghilang, terutama jika reputasi pendiri tidak diketahui oleh banyak komunitas. Hal ini berbeda nasib dengan Pudgy Penguins di Ethereum. Diluncurkan pada Juli 2021, Pudgy Penguins sempat kehilangan daya tarik setelah beberapa bulan, tetapi sekarang, Pudgy Penguins telah bangkit menjadi koleksi populer dan NFT terbaik setelah koleksi tersebut dibeli oleh pengusaha muda, Luca Netz, seharga $ 2,5 juta pada bulan April 2022.

Per 29 Desember 2022, Decrypt mengungkapkan nilai Pudgy Penguins melonjak dari mendekati harga dasar 7 ETH ( harga NFT yang termurah) sampai dengan lebih dari $8.000 atau setara dengan Rp1.244.092 per satu koleksi. Peningkatan ini membuat koleksi NFT Pudy Penguins ini menjadi NFT populer dan cukup besar tahun ini.

Selain itu, di bawah kendali Netz, koleksi ini berencana untuk membuat barang dagangan, buku anak-anak, sampai dengan mengadakan lelang di Sotheby’s. The Penguins juga mengambil dewan penasehat yang terdiri dari Web3, para profesional ritel, para pemimpin dari Nansen, Saks Fifth Avenue, Hasbro, dan juga Meta untuk bergabung membantu proyek tersebut membentuk cerita comeback-nya.

Nah, itu dia daftar koleksi NFT terbaik dan yang paling berkesan menurut laporan Decrypt, dari ke 7 daftar di atas, apa ada koleksi favoritemu?


Referensi: