7 Narrative Crypto 2024 yang Wajib Kamu Pantau!

author:

7 Narrative Crypto 2024 yang Wajib Kamu Pantau!

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun yang menarik bagi pasar mata uang kripto, dengan potensi munculnya berbagai mata uang kripto baru yang siap mengguncang dunia crypto.

Dari teknologi lintas rantai hingga solusi skalabilitas Ethereum, inilah tujuh narrative crypto baru yang patut kamu pantau.

LayerZero (ZRO)

LayerZero, protokol pesan lintas rantai yang diluncurkan oleh LayerZero Labs pada September 2021, memungkinkan pengembang membangun aplikasi yang berfungsi di berbagai jaringan terdesentralisasi.

Baca juga: Inilah 5 Tren Crypto yang akan Mendominasi 2024!

Dengan TVL gabungan lebih dari $600 juta dari beberapa protokol yang dibangun di atas teknologi LayerZero, seperti Stargate Finance dan Radiant Capital, LayerZero telah mengumpulkan sekitar $250 juta dalam beberapa putaran pendanaan dan kini bernilai pasar $3 miliar.

Sumber: X

LayerZero berencana meluncurkan token ZRO-nya pada paruh pertama tahun 2024, termasuk strategi airdrop dalam peluncurannya.

Dengan dukungan dari firma investasi besar seperti Andreessen Horowitz (a16z), Circle Ventures, OKX Ventures, dan Sequoia, LayerZero berpotensi menjadi pemain utama di ekosistem pesan lintas rantai.

zkSync Era

zkSync, solusi skalabilitas berbasis Ethereum yang dibangun di atas teknologi zero-knowledge, diluncurkan oleh Matter Labs pada Februari 2023. Dengan pendanaan sebesar $458 juta, $200 juta di antaranya dialokasikan untuk adopsi zkSync, proyek ini belum secara resmi mengumumkan kapan tokennya akan terdaftar.

Namun, spekulasi tentang peluncuran yang akan datang telah muncul setelah halaman harga di CoinMarketCap ditambahkan.

Dengan TVL lebih dari $500 juta dan pangsa pasar 3,3% di antara jaringan layer-2, zkSync berada di posisi untuk menjadi salah satu mata uang kripto baru utama yang diluncurkan pada tahun 2024.

Baca juga: Wih, 4 Faktor Ini Jadi Penanda Crypto Bakal Bull Run di 2024!

StarkNet (STRK)

StarkNet, jaringan layer-2 yang diluncurkan oleh StarkWare Industries dari Israel pada Februari 2022, telah menarik TVL sebesar $36,85 juta.

Sumber: DefiLlama

Pada Desember, StarkNet mengumumkan program distribusi token besar dan insentif untuk mendorong adopsi, mengonfirmasi niat jaringan untuk meluncurkan token asli yang diharapkan pada April 2024.

Dengan rencana untuk mendistribusikan lebih dari 1,8 juta koin STRK, StarkNet berpotensi menarik minat investor dan mungkin terdaftar di bursa tier-1.

Aset Dunia Nyata (RWA)

RWAs, yang mencakup digitalisasi instrumen keuangan tradisional seperti real estate ke dalam jaringan blockchain, telah tumbuh dalam beberapa bulan terakhir, mencapai kapitalisasi pasar lebih dari $2 miliar.

Tokenisasi dianggap sebagai salah satu kasus penggunaan teknologi kripto utama.

Baca juga: Top 5 RWA Token Terbaik di 2024

Kripto AI

Sumber: Coingecko

Interseksi antara kripto dan kecerdasan buatan telah berkembang menjadi ekosistem aset digital senilai $9 miliar yang siap mengalami pertumbuhan lebih lanjut karena meningkatnya perbincangan seputar AI dan aset blockchain.

Gaming

Crypto dan Blockchain Game Metaverse
Sumber: EKRUT

Industri gaming blockchain global sedang naik daun, dengan ukuran pasar diperkirakan mencapai $614 miliar pada tahun 2030. Dengan 20% permainan secara umum diperkirakan akan mengadopsi blockchain dalam beberapa kapasitas, industri gamefi berpotensi menarik miliaran investasi.

Kapitalisasi pasar total gamefi ditempatkan di $18 miliar oleh Coingecko, menawarkan potensi pertumbuhan yang besar dan ruang untuk mata uang kripto baru jika industri gaming blockchain memenuhi harapan.

Alat Bantu

Investor sering kesulitan menemukan koin kripto baru atau menentukan kripto baru mana yang memiliki potensi terbesar karena lanskap aset digital yang bergerak cepat. Namun, ada platform khusus di mana pengguna dapat meneliti token, menemukan data koin, dan metrik.

Dengan sentimen bullish yang membanjiri pasar kripto dan investor ritel kembali menanamkan modal ke aset berisiko, peluang kemungkinan akan melimpah.

Dalam siklus ini, investor harus mengelola risiko mereka dan tetap waspada untuk menghindari penipuan. Juga, jangan lupa untuk melakukan riset sendiri (DYOR) saat memetakan kripto baru untuk diperhatikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: