5 Top Real World Crypto Assets 2024: AVAX, LINK, ICP, MKR, SNX

5 Top Real World Crypto Assets 2024: AVAX, LINK, ICP, MKR, SNX

Dunia investasi terus berkembang, dan salah satu tren terbaru yang paling menarik adalah munculnya aset dunia nyata (RWA) yang ditokenisasi. Aset dunia nyata adalah aset fisik atau keuangan yang ada di dunia nyata, seperti real estat, saham, dan komoditas. Ketika aset dunia nyata ditokenisasi, mereka diwakili oleh token digital yang dapat diperdagangkan di blockchain.

Tokenisasi aset dunia nyata menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan aset tradisional. Pertama, tokenisasi membuat aset dunia nyata lebih mudah diakses oleh investor. Kedua, tokenisasi dapat meningkatkan likuiditas aset dunia nyata. Ketiga, tokenisasi dapat mengurangi biaya transaksi aset dunia nyata.

Tokenisasi Aset Dunia Nyata

tokenisasi di dunia keuangan
Sumber: Noobpreneur

Tokenisasi aset dunia nyata adalah proses mengubah aset fisik atau keuangan menjadi token digital yang dapat diperdagangkan di blockchain. Token ini mewakili kepemilikan atas aset dunia nyata, dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti investasi, perdagangan, dan pembayaran.

Proses tokenisasi aset dunia nyata biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Aset dunia nyata diidentifikasi dan dinilai.
  2. Aset dunia nyata dibagi menjadi beberapa unit yang lebih kecil.
  3. Setiap unit aset dunia nyata diwakili oleh token digital.
  4. Token digital diterbitkan dan didistribusikan kepada investor crypto.

Tokenisasi aset dunia nyata menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan aset tradisional. Pertama, tokenisasi membuat aset dunia nyata lebih mudah diakses oleh investor. Aset dunia nyata tradisional seringkali sulit diakses oleh investor kecil karena memerlukan investasi awal yang besar dan proses transaksi yang rumit.

Baca Juga: Harga BitTorrent (BTT) Akan Meroket di Tahun 2024? Simak Prediksinya!

Tokenisasi memecahkan masalah ini dengan memungkinkan investor untuk membeli pecahan kecil dari aset dunia nyata, sehingga membuatnya lebih terjangkau dan mudah untuk berinvestasi. Kedua, tokenisasi dapat meningkatkan likuiditas aset dunia nyata. Aset dunia nyata tradisional seringkali tidak likuid, artinya sulit untuk dijual dengan cepat tanpa mengalami kerugian.

Manfaat Tokenisasi Aset Dunia Nyata

Manfaat Tokenisasi Aset Dunia Nyata
CoinMarketCap

Tokenisasi aset dunia nyata menawarkan sejumlah manfaat bagi investor, di antaranya:

  • Aksesibilitas yang lebih baik: Tokenisasi membuat aset dunia nyata lebih mudah diakses oleh investor, termasuk investor kecil yang tidak memiliki modal besar.
  • Likuiditas yang lebih tinggi: Token aset dunia nyata dapat diperdagangkan di bursa crypto, yang beroperasi 24/7, sehingga meningkatkan likuiditas aset dunia nyata.
  • Biaya transaksi yang lebih rendah: Transaksi token aset dunia nyata dilakukan langsung di blockchain, yang mengurangi biaya transaksi secara signifikan.
  • Transparansi yang lebih besar: Blockchain adalah sistem yang transparan, sehingga semua transaksi token aset dunia nyata dapat dilacak dan diverifikasi.
  • Keamanan yang lebih baik: Blockchain adalah sistem yang aman, sehingga token aset dunia nyata terlindungi dari pencurian dan penipuan.

Risiko Tokenisasi Aset Dunia Nyata

Meskipun tokenisasi aset dunia nyata menawarkan sejumlah manfaat, namun juga terdapat beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:

  • Volatilitas harga: Harga token aset dunia nyata dapat berfluktuasi secara liar, sehingga investor dapat mengalami kerugian jika harga token turun.
  • Risiko teknologi: Blockchain adalah teknologi yang masih baru, sehingga terdapat risiko teknologi yang terkait dengan tokenisasi aset dunia nyata, seperti serangan siber dan kegagalan sistem.
  • Regulasi: Regulasi aset crypto masih belum jelas di banyak negara, sehingga terdapat risiko regulasi yang terkait dengan tokenisasi aset dunia nyata.

Contoh Aset Dunia Nyata yang Sudah Ditokenisasi

AI, Web3, dan Real Estate: Visi Inovatif CEO Propy
CryptoSlate

Beberapa contoh aset dunia nyata yang sudah ditokenisasi antara lain:

  • Real estat: Beberapa perusahaan telah menokenisasi real estat, seperti Propy dan RealT.
  • Saham: Beberapa perusahaan telah menokenisasi saham, seperti tZERO dan Polymath.
  • Komoditas: Beberapa perusahaan telah menokenisasi komoditas, seperti Digix dan Tether Gold.

Cara Berinvestasi di Aset Dunia Nyata yang Ditokenisasi

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi di aset dunia nyata yang ditokenisasi, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, di antaranya:

  • Pilih aset dunia nyata yang ingin kamu investasikan. Ada berbagai macam aset dunia nyata yang sudah ditokenisasi, jadi kamu perlu memilih aset yang sesuai dengan tujuan investasi kamu.
  • Pilih platform perdagangan aset crypto yang mendukung perdagangan token aset dunia nyata. Ada beberapa platform perdagangan aset crypto yang mendukung perdagangan token aset dunia nyata, seperti Binance, Huobi, dan KuCoin.
  • Buat akun di platform perdagangan aset crypto yang kamu pilih. Untuk membuat akun, kamu perlu memberikan informasi pribadi kamu, seperti nama, alamat, dan nomor telepon.
  • Deposit dana ke akun kamu. Kamu perlu mendepositkan dana ke akun kamu untuk dapat membeli token aset dunia nyata.
  • Beli token aset dunia nyata yang kamu inginkan. Setelah kamu memiliki dana di akun kamu, kamu dapat membeli token aset dunia nyata yang kamu inginkan.

Perbandingan Token Aset Dunia Nyata

Berikut ini adalah tabel perbandingan antara beberapa token aset dunia nyata:

TokenHargaPasokanVolume Perdagangan
Avalanche (AVAX)$20,7322.995.488 AVAX$1.263.536.738
Chainlink (LINK)$12,1927.530.430 LINK$571.777.047
Internet Computer (ICP)$6,6713.494.515 ICP$195.688.326
Maker (MKR)$2,6771.681 MKR$207.605.747
Synthetix (SNX)$1,6221.966.149 SNX$108.756.691

Kesimpulan

Tokenisasi aset dunia nyata adalah tren terbaru yang menarik di dunia investasi. Tokenisasi aset dunia nyata menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan aset tradisional, seperti aksesibilitas yang lebih baik, likuiditas yang lebih tinggi, biaya transaksi yang lebih rendah, transparansi yang lebih besar, dan keamanan yang lebih baik.

Namun, terdapat juga beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan, seperti volatilitas harga, risiko teknologi, dan risiko regulasi. Jika kamu tertarik untuk berinvestasi di aset dunia nyata yang ditokenisasi, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan memahami risiko yang terlibat.

Baca Juga: Bitcoin Tembus $73.000, Lahirkan 1.500 Jutawan Baru Setiap Hari!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi