Top 5 Market Cap Crypto di Bulan Mei 2024

Top 5 Market Cap Crypto di Bulan Mei 2024

Jakarta, Pintu News – Dalam dunia keuangan digital yang selalu berkembang, cryptocurrency telah menjadi pusat perhatian sebagai aset revolusioner dalam lanskap keuangan modern. Baik kamu seorang penggemar crypto berpengalaman atau pemula yang ingin terjun ke ranah mata uang digital, artikel ini akan memberikan wawasan berharga tentang top 5 crypto berdasarkan kapitalisasi pasar di bulan Mei 2024. Simak selengkapnya berikut ini!

Bitcoin (BTC): Pionir Revolusi Finansial

Marketcap: $1,2 Triliun

harga bitcoin melonjak
Generated by AI

Bitcoin terkenal karena memperkenalkan teknologi blockchain dan menawarkan transaksi keuangan yang terdesentralisasi, aman, dan transparan. Pasokannya terbatas, terbatas pada 21 juta koin, dan acara halving (yang mengurangi imbalan penambangan setiap empat tahun sekali) memainkan peran penting dalam memengaruhi nilainya.

Bitcoin telah menjadi ikon revolusi finansial global dengan menciptakan paradigma baru dalam sistem keuangan. Sebagai mata uang digital pertama yang berhasil, Bitcoin mengilhami lahirnya ribuan cryptocurrency lainnya.

Potensi untuk memperluas akses ke keuangan bagi jutaan orang di seluruh dunia telah membuatnya menjadi subjek pembicaraan yang mendalam di kalangan investor, regulator, dan pengamat pasar keuangan. Keputusan baru-baru ini oleh Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat untuk menyetujui Bitcoin ETF semakin mengukuhkan posisinya sebagai aset kelas dunia yang sah dan dapat diakses oleh investor institusi serta ritel.

Ethereum (ETH): Mesin Smart Contract dan DeFi

Marketcap: $387 Miliar

prediksi harga ethereum april 2024
Sumber: Crypto Briefing

Ethereum adalah cryptocurrency terbesar kedua dari segi kapitalisasi pasar. Ini memperkenalkan kontrak pintar (smart contracts), memungkinkan aplikasi terdesentralisasi yang kompleks.

Ethereum tidak hanya sekadar mata uang digital, tetapi juga sebuah platform yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan kontrak pintar yang menjalankan operasi secara otomatis. Dengan kontrak pintar, Ethereum memfasilitasi ekosistem DeFi (Decentralized Finance), yang meliputi berbagai layanan keuangan seperti pinjaman, pertukaran, dan staking, semuanya berjalan tanpa keterlibatan pihak ketiga.

Sebagai pemimpin dalam inovasi blockchain, Ethereum juga berada di garis depan pengembangan teknologi scaling, dengan upgrade Ethereum 2.0 yang diantisipasi akan meningkatkan kecepatan dan efisiensi jaringan secara signifikan. Potensi Ethereum untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan internet dan sistem keuangan tradisional membuatnya tetap menjadi salah satu cryptocurrency yang paling menarik untuk diamati oleh komunitas crypto dan investor global.

Baca Juga: 5 Airdrop Terbaru Mei 2024

Tether (USDT): Stabilitas dalam Kekacauan Pasar

Marketcap: $110 Miliar

tether akumulasi bitcoin
The image created by AI

Tether adalah stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, mendekati $100 miliar pada awal 2024. USDT diikat pada dolar AS untuk menjaga rasio nilai 1:1.

Tether telah menjadi pijakan stabil dalam pasar crypto, memberikan solusi untuk volatilitas yang sering terjadi di pasar mata uang digital. Dengan mempertahankan nilai yang selalu setara dengan dolar AS, Tether memberikan kepastian bagi pengguna untuk melakukan transaksi dan menyimpan nilai tanpa khawatir tentang fluktuasi harga.

Meskipun kontroversi yang mengelilingi transparansi dan cadangan yang dipegang oleh Tether Limited, stablecoin ini tetap menjadi salah satu aset yang paling banyak diperdagangkan di pasar crypto. Keberadaan Tether juga memainkan peran penting dalam memfasilitasi perdagangan dan likuiditas di berbagai bursa crypto di seluruh dunia, membuatnya menjadi elemen yang tak terpisahkan dalam ekosistem crypto modern.

Binance Coin (BNB): Kunci Sukses di Ecosystem Binance

Marketcap: $87,5 Miliar

megadrop binance
Sumber: Watcher Guru

Binance Coin adalah cryptocurrency asli dari bursa cryptocurrency Binance, salah satu bursa terbesar di dunia menurut volume perdagangan.

Binance Coin bukan hanya sekadar aset digital, tetapi juga kunci kesuksesan dalam ekosistem Binance yang luas. Sejak diluncurkan pada tahun 2017, BNB telah menjadi salah satu cryptocurrency yang paling banyak diadopsi dan digunakan di dunia crypto.

Selain berfungsi sebagai mata uang digital untuk membayar biaya transaksi dan mendapatkan potongan biaya perdagangan di Binance, BNB juga menjadi aset yang sangat dicari untuk berbagai tujuan lainnya, termasuk staking, partisipasi dalam peluncuran proyek token baru di platform Binance Launchpad, dan berinvestasi dalam proyek-proyek yang terdaftar di Binance Smart Chain.

Dukungan yang kuat dari Binance serta integrasi yang erat dengan berbagai layanan dan produk Binance membuat BNB tetap menjadi salah satu cryptocurrency yang paling menarik dan bernilai di pasar crypto saat ini.

Baca Juga: 3 Altcoin Terbaik di Bulan Mei 2024

Solana (SOL): Menjadi Magnet untuk Inovasi Blockchain

Marketcap: $61 Miliar

solana 2024
Sumber: ByteTree

Solana sedang muncul sebagai pusat inovasi blockchain. Platform ini juga telah mengalami pertumbuhan pengembang 10x dari 2020 hingga 2023.

Solana adalah proyek blockchain yang menarik perhatian banyak pihak dalam industri crypto karena kemampuannya untuk menangani skala besar dengan biaya yang rendah dan kecepatan transaksi yang tinggi. Dibangun dengan teknologi yang inovatif, Solana memiliki kapasitas untuk menjadi salah satu jaringan blockchain terbesar di dunia dengan kemampuan untuk mendukung aplikasi dan proyek terdesentralisasi yang kompleks.

Pertumbuhan pesat dalam jumlah pengembang yang bergabung dengan ekosistem Solana adalah bukti nyata dari minat yang terus meningkat dalam platform ini. Dengan sejumlah besar proyek dan aplikasi yang sedang dikembangkan di atas Solana, cryptocurrency SOL memiliki potensi untuk menjadi salah satu aset yang paling berharga dan menarik dalam ekosistem crypto di masa mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: