5 Top DePIN Token Crypto 2024: LINK, HNT, FIL, MIOTA, DOT

5 Top DePIN Token Crypto 2024: LINK, HNT, FIL, MIOTA, DOT

Dalam dunia crypto yang terus berkembang, Decentralized Physical Infrastructure Networks (DePIN) menjadi topik hangat yang mendefinisikan ulang cara kita berinteraksi dengan infrastruktur fisik melalui teknologi blockchain.

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun keemasan bagi token DePIN, dengan beberapa token menonjol sebagai pemimpin pasar. Berikut ini adalah lima token DePIN yang tidak boleh kamu lewatkan.

kolaborasi chainlink dan circle
Sumber: CryptoSlate

Chainlink telah memperkuat posisinya sebagai penyedia oracle terdesentralisasi terkemuka, memungkinkan smart contract untuk berinteraksi dengan data dunia nyata. Dengan fokus pada keandalan dan keamanan, Chainlink berperan penting dalam ekosistem DePIN.

Baca Juga: 5 Fakta Staking Ethereum 2.0 di Tahun 2024: Peluang Menguntungkan Menanti?

Integrasi Chainlink dengan berbagai proyek DePIN menawarkan solusi yang transparan dan tidak dapat diubah. Ini memastikan bahwa data yang digunakan dalam smart contract adalah akurat dan dapat dipercaya, meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam transaksi DePIN.

2. Helium (HNT)

Helium telah merevolusi jaringan IoT dengan memanfaatkan teknologi blockchain. Token HNT diberikan sebagai insentif untuk operator Hotspot yang memperluas jaringan dan memvalidasi transaksi data.

Jaringan Helium memberikan solusi konektivitas biaya rendah untuk perangkat IoT, memungkinkan adopsi DePIN skala besar. Dengan pertumbuhan eksponensial jaringan, HNT diprediksi akan menjadi salah satu token DePIN terkemuka di tahun 2024.

3. Filecoin (FIL)

Filecoin menawarkan solusi penyimpanan terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna menyewa ruang penyimpanan yang tidak terpakai. Dalam konteks DePIN, Filecoin memastikan bahwa data infrastruktur fisik disimpan dengan aman dan efisien.

Dengan meningkatnya kebutuhan akan penyimpanan data yang aman dan terdistribusi, Filecoin berada di garis depan untuk menyediakan infrastruktur yang diperlukan. Ini menjadikan FIL sebagai token DePIN yang penting untuk dimiliki.

4. IOTA (MIOTA)

harga iota melonjak
Sumber: iota.org

IOTA dirancang khusus untuk ekosistem IoT, menawarkan transaksi yang cepat dan tanpa biaya. Dalam DePIN, IOTA memungkinkan pertukaran data yang aman dan efisien antara perangkat dan infrastruktur fisik.

Teknologi Tangle IOTA, yang berbeda dari blockchain tradisional, menawarkan skalabilitas dan efisiensi yang lebih tinggi. Ini membuat MIOTA menjadi pilihan yang menarik bagi proyek-proyek DePIN yang membutuhkan transaksi data volume tinggi.

5. Polkadot (DOT)

Polkadot memfasilitasi interoperabilitas antar blockchain, memungkinkan berbagai jaringan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Dalam ekosistem DePIN, Polkadot dapat menghubungkan berbagai infrastruktur fisik yang terdesentralisasi, menciptakan jaringan yang terintegrasi.

Dengan kemampuan untuk menghubungkan berbagai blockchain, Polkadot memungkinkan pembangunan DePIN yang lebih fleksibel dan modular. Ini menjadikan DOT sebagai token kunci dalam pengembangan DePIN yang terhubung.

Baca Juga: 5 Top Governance Token 2024: UNI, AAVE, COMP, MKR, CRV

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun penting bagi DePIN dan token-token terkait. Dengan teknologi yang terus berkembang, token-token ini menawarkan peluang yang menarik bagi investor dan pengembang yang ingin terlibat dalam revolusi infrastruktur fisik terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: