5 Token Zero Knowledge (ZK) Potensial di 2024!

author:

5 Token Zero Knowledge (ZK) Potensial di 2024!

Memasuki tahun 2024, dunia crypto menyaksikan munculnya tren Zero Knowledge (ZK), sebuah konsep kriptografi yang memungkinkan verifikasi data tanpa mengungkapkan informasi itu sendiri, yang semakin mendominasi.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi lima token Zero Knowledge yang menjanjikan, yang tidak hanya mengedepankan privasi dan keamanan data tetapi juga membuka potensi besar dalam aplikasi blockchain.

Mari kita selami lebih dalam untuk memahami bagaimana token-token ini berpotensi mengubah lanskap teknologi blockchain di tahun 2024.

Polygon (MATIC) – Market Cap: $7,4 Miliar

upgrade polygon matic

Polygon (MATIC), dengan kapitalisasi pasar sebesar $7,4 miliar, berhasil menempati posisi teratas dalam kategori top 5 token Zero Knowledge (ZK) di tahun 2024.

Sebelumnya dikenal sebagai Matic Network, Polygon merupakan platform pertama yang terstruktur dengan baik dan mudah digunakan untuk skalabilitas dan pengembangan infrastruktur Ethereum.

Baca juga: Polygon (MATIC): Dua Upgrade Terbaru dan Langkah Strategis Menuju Polygon 2.0!

Komponen intinya adalah Polygon SDK, sebuah kerangka kerja modular dan fleksibel yang mendukung pembangunan berbagai jenis aplikasi, menandai langkah besar dalam penerapan teknologi Zero Knowledge.

Immutable (IMX) – Market Cap: $2,4 Miliar

ImmutableX (IMX)
Sumber: Immutable

Immutable (IMX), dengan kapitalisasi pasar sebesar $2,4 miliar, berhasil menduduki posisi kedua dalam kategori top 5 token Zero Knowledge (ZK) di tahun 2024.

Immutable memposisikan dirinya sebagai solusi skalabilitas layer-dua pertama untuk NFT di Ethereum, mengatasi keterbatasan Ethereum seperti skalabilitas rendah, pengalaman pengguna yang kurang baik, likuiditas yang buruk, dan pengalaman pengembangan yang lambat.

Sebagai gantinya, pengguna mendapatkan keuntungan dari perdagangan instan dan skalabilitas besar, sambil menikmati biaya gas nol untuk pencetakan dan perdagangan NFT tanpa mengorbankan keamanan pengguna atau aset.

Pada Desember 2023 lalu, Immutable telah saja meluncurkan Immutable Passport, sebuah infrastruktur dompet yang memudahkan para gamer untuk mengelola identitas dan aset digital mereka dengan satu akun Google atau Apple.

Mina (MINA) – Market Cap: $1,1 Miliar

prediksi harga mina 2024
Sumber: Crypto News

Mina (MINA), dengan kapitalisasi pasar sebesar $1,1 miliar, menduduki posisi ketiga dalam kategori top 5 token Zero Knowledge (ZK) di tahun 2024.

Protokol Mina adalah blockchain “ringkas” minimal yang dibangun untuk membatasi kebutuhan komputasi guna menjalankan DApps secara lebih efisien. Mina dikenal sebagai blockchain paling ringan di dunia karena ukurannya dirancang untuk tetap konstan meskipun penggunaannya bertambah.

Lebih lanjut, Mina menonjol dengan protokol uniknya yang mengubah struktur blockchain konvensional. Menggunakan zk-SNARKs, Mina mengompres seluruh blockchain menjadi bukti kriptografis berukuran tetap, sekitar 22KB, menjadikannya perubahan permainan dalam skalabilitas dan aksesibilitas.

Baca juga: Prediksi Harga Mina Protocol (MINA): Berpotensi Meroket ke $4 di 2024? Ini Analisanya!

dYdX (ethDYDX) – Market Cap: $860 Juta

persetujuan proposal dydx
Sumber: Coin Republic

dYdX (ethDYDX), dengan kapitalisasi pasar sebesar $860 juta, menempati posisi keempat dalam kategori top 5 token Zero Knowledge (ZK) di tahun 2024.

Berbasis di Ethereum, DYDX ($ethDYDX) adalah token tata kelola yang memungkinkan komunitas dYdX untuk benar-benar mengatur Protokol Layer 2 dYdX yang dibangun di atas Ethereum (“dYdX v3”).

Saat ini, ethDYDX sedang dalam proses migrasi dari Ethereum ke dYdX Chain, dan informasi lebih lanjut tentang migrasi ini serta panduan tentang cara menjembatani ethDYDX ke dYdX Chain DYDX untuk mengaktifkan staking, keamanan, dan tata kelola dYdX Chain dapat ditemukan di panduan yang tersedia.

Manta Network (MANTA) – Market Cap: $602 Juta

manta network airdrop
Sumber: CoinMarketCap

Manta Network (MANTA), dengan kapitalisasi pasar sebesar $602 juta, berhasil menempati posisi kelima dalam kategori top 5 token Zero Knowledge (ZK) di tahun 2024.

Manta Network merupakan ekosistem modular untuk web3, di mana pengguna dapat membangun dan menerapkan aplikasi terdesentralisasi berbasis Solidity di Manta dan memanfaatkan tumpukan teknologinya untuk menghasilkan kecepatan transaksi yang lebih cepat daripada Layer 1 dan biaya gas yang lebih rendah daripada Layer 2.

Ini menjadikan Manta Network sebagai solusi yang menjanjikan dalam ekosistem blockchain, menggabungkan kecepatan, efisiensi, dan privasi dalam satu platform.

Baru-baru ini, BeInCrypto melaporkan bahwa Manta Network berhasil melampaui Base network milik Coinbase sebagai solusi skalabilitas Ethereum layer-dua terbesar keempat. Dengan TVL yang mencapai $840 juta, Manta Network menawarkan airdrop sebanyak 50 juta token MANTA. Baca selengkapnya di Airdrop Token Manta Network Guncang Dunia Crypto dan Mengalahkan TVL Base!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: