5 Token Crypto Storage Teratas di 2024

author:

5 Token Crypto Storage Teratas di 2024

Di tengah perkembangan pesat teknologi blockchain dan peningkatan kebutuhan akan penyimpanan data atau storage yang aman dan terdesentralisasi, token crypto yang berfokus pada solusi penyimpanan telah mendapatkan perhatian signifikan.

Memasuki tahun 2024, beberapa token crypto penyimpanan menonjol karena inovasi, keamanan, dan efisiensi mereka dalam menyediakan layanan penyimpanan data terdesentralisasi. Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai lima token storage. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya!

Internet Computer (ICP) – Market Cap: $5,5 Miliar

internet-computer
Sumber: Asia Crypto Today

Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $5,5 miliar, Internet Computer (ICP) berhasil mendominasi daftar 5 token penyimpanan teratas di tahun 2024, menandai posisinya sebagai pemimpin dalam inovasi blockchain.

Desain blockchain Internet Computer menampilkan pemikiran radikal yang didukung oleh terobosan dalam bidang kriptografi, menjadikannya sebagai “World Computer” blockchain pertama yang dapat digunakan untuk membangun hampir semua sistem atau layanan online, termasuk media sosial web yang menuntut, tanpa memerlukan infrastruktur TI tradisional seperti layanan komputasi awan.

Kesuksesan ini menegaskan peran Internet Computer dalam merevolusi cara kita membangun dan mengakses layanan digital, menawarkan solusi yang lebih efisien dan terdesentralisasi.

Per 26 Januari 2024, token crypto ICP berhasil melampaui valuasi $5 miliar, menempatkannya dalam daftar 20 token teratas. Simak selengkapnya di Lonjakan Harga ICP Crypto yang Tak Terduga!

Filecoin (FIL) – Market Cap: $2,5 Miliar

filecoin q2 2023

Mengamankan posisi kedua dalam kategori 5 token penyimpanan teratas di tahun 2024, Filecoin (FIL) menonjol dengan kapitalisasi pasar sebesar $2,5 miliar.

Sebagai sistem penyimpanan terdesentralisasi, Filecoin bertujuan untuk “menyimpan informasi paling penting umat manusia”. Dengan sifatnya yang open-source dan terdesentralisasi, Filecoin memberikan kekuasaan penuh tata kelola kepada komunitasnya.

Platform Filecoin membuka peluang bagi para pengembang untuk menciptakan layanan penyimpanan file cloud yang mirip dengan Dropbox atau iCloud, menawarkan alternatif yang lebih aman dan terbuka untuk penyimpanan data digital. Inisiatif ini menandai langkah besar menuju penyimpanan informasi yang lebih berkelanjutan dan dapat diakses oleh semua orang.

Pada Desember 2023 lalu, io.net, ZKFair, dan Filecoin bergabung dalam sebuah kolaborasi yang menggemparkan, membuka lembaran baru bagi penyedia layanan penyimpanan data dan pengembang aplikasi.

Storj (STORJ) – Market Cap: $277 Juta

harga storj hari ini
Sumber: Coin Central

Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $277 juta, Storj (STORJ) berhasil menempati urutan ketiga dalam daftar 5 token penyimpanan teratas di tahun 2024.

Diucapkan sebagai “storage”, Storj merupakan platform penyimpanan cloud bersifat open-source yang memanfaatkan jaringan terdesentralisasi dari berbagai node untuk menyimpan data pengguna.

Baca juga: Gokil! Harga Altcoin Ini Meroket hingga 53%, Gara-gara Hari Kemerdekaan Amerika Serikat?

Selain itu, platform ini mengamankan data yang dihosting dengan menggunakan enkripsi canggih, menawarkan solusi penyimpanan yang tidak hanya efisien tetapi juga sangat aman bagi penggunanya.

Keberhasilan Storj dalam mengintegrasikan teknologi terdesentralisasi dengan keamanan data tingkat lanjut menjadikannya salah satu pilihan utama dalam ekosistem penyimpanan berbasis blockchain.

Ocean Protocol (OCEAN) – Market Cap: $246 Juta

Prediksi Harga OCEAN 2023

Ocean Protocol (OCEAN), dengan kapitalisasi pasar sebesar $246 juta, berhasil menduduki posisi keempat dalam kategori 5 token penyimpanan teratas di tahun 2024.

Platform ini menggabungkan teknologi blockchain, jaringan terdesentralisasi, dan teknik kriptografi untuk memfasilitasi berbagi data yang aman dan menjaga privasi. Tujuan utama Ocean Protocol adalah untuk mengembangkan alat dan layanan yang mendukung ekonomi data baru, memberikan kontrol kepada pemilik data sambil menjaga privasi dan memacu komersialisasi data, termasuk pasar data.

Inisiatif ini menandai langkah penting dalam memanfaatkan teknologi untuk memberdayakan individu dan organisasi dalam mengelola dan memonetisasi aset data mereka dengan cara yang aman dan transparan.

iExec RLC (RLC) – Market Cap: $171 Juta

Sumber: CoinMarketCap

Menyandang posisi kelima dalam kategori 5 token penyimpanan teratas di tahun 2024, iExec RLC menonjol dengan kapitalisasi pasar sebesar $171 juta.

Baca juga: iExec RLC: Revolusi Komputasi Awan Desentralisasi!

Sebagai penyedia terkemuka dalam layanan komputasi terdesentralisasi berbasis blockchain, iExec memanfaatkan teknologi blockchain untuk mengatur jaringan pasar di mana individu dapat memonetisasi kekuatan komputasi mereka, aplikasi, dan bahkan kumpulan data.

Inisiatif ini membuka peluang baru dalam ekonomi digital, memungkinkan sumber daya komputasi dan data menjadi lebih mudah diakses dan diperdagangkan, sekaligus menawarkan transparansi dan keamanan yang ditingkatkan melalui pemanfaatan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: