Top 5 Token Lending & Borrowing Crypto di 2024!

author:

Top 5 Token Lending & Borrowing Crypto di 2024!

Di dunia keuangan desentralisasi (DeFi) yang terus berkembang, pasar lending dan borrowing crypto telah menjadi salah satu segmen yang paling dinamis dan inovatif. Tahun 2024 menandai era baru dalam evolusi DeFi, dengan beberapa token lending dan borrowing menonjol berdasarkan kapitalisasi pasar mereka.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam lima token lending dan borrowing teratas di tahun 2024. Dari token yang menawarkan solusi pinjaman yang aman dan efisien hingga platform yang memungkinkan peminjaman aset crypto dengan mudah, daftar ini mencakup pemain kunci yang mendefinisikan tren pasar saat ini.

Internet Computer (ICP) – Market Cap: $4,8 Miliar

ICP token metaverse terbaik 2023

Dengan kapitalisasi pasar yang mengesankan sebesar $4,8 miliar, Internet Computer (ICP) berhasil menempati posisi puncak dalam kategori top 5 token lending/borrowing di tahun 2024.

Blockchain Internet Computer menghadirkan pemikiran radikal dalam desain blockchain, didukung oleh inovasi dalam bidang kriptografi. Ini menyediakan blockchain “World Computer” pertama yang dapat digunakan untuk membangun hampir semua sistem atau layanan online, termasuk media sosial web yang menuntut, tanpa memerlukan IT tradisional seperti layanan komputasi awan.

Keunggulan ini tidak hanya menempatkan ICP sebagai pemimpin dalam sektor pinjaman dan peminjaman crypto, tetapi juga sebagai pelopor dalam evolusi teknologi blockchain dan aplikasinya dalam kehidupan digital kita.

Maker (MKR) – Market Cap: $1,8 Miliar

rantai baru makerdao fork solana
Sumber: Binance

Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $1,8 miliar, Maker (MKR) berhasil menduduki peringkat kedua dalam kategori top 5 token lending/borrowing di tahun 2024.

Baca juga: MakerDAO Mengusulkan Rantai Asli Baru Berdasarkan Fork Solana (SOL), Ini Alasannya!

Maker (MKR) adalah token tata kelola dari MakerDAO dan Maker Protocol — yang masing-masing merupakan organisasi terdesentralisasi dan platform perangkat lunak berbasis blockchain Ethereum — yang memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan dan mengelola stablecoin DAI.

Menurut laporan terbaru dari Pintu News, MKR mendominasi volume transaksi DeFi, dengan performa harian yang kuat mencapai $94,5 juta pada minggu kedua Januari 2024. Meskipun menghadapi tantangan fundamental, dominasi MKR dalam transaksi aset nyata (RWA) di DeFi menunjukkan aktivitas dan minat yang berkelanjutan dalam ekosistem MakerDAO, menandakan peran pentingnya dalam evolusi keuangan terdesentralisasi.

Aave (AAVE) – Market Cap: $1,3 Miliar

Protokol Aave V3
Sumber: The Coin Republic

Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $1,3 miliar, Aave (AAVE) berhasil membawa diri ke posisi ketiga dalam kategori top 5 token lending/borrowing di tahun 2024.

Aave adalah platform cryptocurrency terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk meminjam dan meminjamkan crypto, dengan kontrak pintar yang mengotomatiskan proses tersebut.

Berdasarkan laporan terbaru dari Pintu News, Aave sedang mempertimbangkan ekspansi revolusioner yang akan membawa Aave versi 3 ke Neon EVM, sebuah platform yang memungkinkan aplikasi Ethereum berjalan di jaringan Solana.

Langkah strategis ini tidak hanya akan memperluas jangkauan Aave ke blockchain Solana, tetapi juga menandai langkah penting dalam konsolidasi posisi Aave di dunia crypto dan keuangan terdesentralisasi. Baca selengkapnya di Komunitas Aave Mempertimbangkan Proposal untuk Memperluas ke Neon EVM di Solana.

Kava (KAVA) – Market Cap: $797 Juta

kava chain
Sumber: The Coin Republic

Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $797 juta, Kava (KAVA) memposisikan dirinya menjadi nomor empat dalam kategori top 5 token lending/borrowing di tahun 2024.

Kava merupakan blockchain Layer-1 yang menggabungkan kecepatan dan interoperabilitas Cosmos dengan kekuatan pengembang Ethereum. Dibangun dari dasar untuk mengoptimalkan sumber dayanya demi pertumbuhan protokol, Kava diperkuat oleh teknologi Cosmos EVM yang memungkinkan skalabilitas maksimal, kecepatan, keamanan, dan dukungan pengembang.

Keunggulan ini menjadikan Kava sebagai salah satu platform utama dalam ekosistem pinjaman dan peminjaman crypto, menawarkan solusi yang efisien dan fleksibel bagi pengguna dan pengembang di seluruh dunia.

Baca juga: Kolaborasi Stargate x Kava Chain, Inilah Masa Depan DeFi!

Compound (COMP) – Market Cap: $428 Juta

supply compound
Sumber: CryptoPotato

Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $428 juta, Compound (COMP) berhasil menempati posisi kelima dalam kategori top 5 token lending/borrowing di tahun 2024.

Compound merupakan protokol pinjaman DeFi yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bunga dari cryptocurrency mereka dengan menyetorkannya ke salah satu dari beberapa kolam yang didukung oleh platform.

Pada Desember 2023 lalu, a16z, sebuah perusahaan venture capital ternama, kini menguasai 11% pasokan COMP, token asli dari Compound Finance. Situasi ini memunculkan pertanyaan besar mengenai risiko yang mungkin dihadapi oleh Compound Finance, sekaligus menyoroti potensi pengaruh yang besar terhadap keputusan di Compound Finance.

Di sisi lain, pendiri Compound, Robert Leshner, tengah mengembangkan Superstate, sebuah firma baru yang berambisi mengintegrasikan fitur-fitur crypto ke dalam investasi mainstream, menandai langkah penting dalam evolusi keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: