5 Token Crypto DeFi yang Patut Dilirik di 2024!

author:

5 Token Crypto DeFi yang Patut Dilirik di 2024!

Memasuki tahun 2024, dunia cryptocurrency terus berkembang dengan pesat, khususnya di sektor DeFi (Decentralized Finance).

Dalam artikel ini, dari Avalanche sampai Lido DAO, kita akan menggali tentang lima token crypto DeFi potensial dan patut mendapatkan perhatian khusus dari para investor dan penggemar teknologi blockchain di tahun ini.

Penasaran ada apa saja? Simak selengkapnya!

Avalanche (AVAX) – Market Cap: $14 Miliar

avalanche 2024
Sumber: Crypto News

Dengan market cap mencapai $14 miliar (12/1/24), Avalanche (AVAX) berhasil menempatkan dirinya sebagai pemimpin dalam daftar lima token crypto DeFi yang patut diperhatikan di tahun 2024.

Sebagai blockchain layer-1, Avalanche berfungsi sebagai platform untuk aplikasi terdesentralisasi dan jaringan blockchain khusus. Menjadi salah satu pesaing Ethereum, Avalanche berambisi untuk menggantikan Ethereum sebagai blockchain paling populer untuk smart contract. Ambisi tersebut didukung oleh kemampuannya untuk mengolah transaksi hingga 6,500 per detik, sebuah angka yang mengesankan tanpa mengorbankan skalabilitas.

Pada akhir tahun 2023, Avalanche mengumumkan kerja sama dengan JP Morgan dan Citi untuk tokenisasi aset dunia nyata (RWA). Kemitraan ini telah mendorong peningkatan inflow ke jembatan Avalanche (AVAX) dan menandakan permintaan yang tumbuh untuk aktivitas pencetakan ASC-20. Simak selengkapnya di Rekor Baru Avalanche (AVAX): Transaksi Melonjak, Apa Rahasianya?

chainlink bullish
Sumber: Crypticker.io

Mengamankan posisi kedua dalam kategori lima token crypto DeFi yang patut diperhatikan di tahun 2024, Chainlink (LINK) menonjol dengan market cap sebesar $8,4 miliar (12/1/24).

Didirikan pada tahun 2017, Chainlink merupakan lapisan abstraksi blockchain yang memungkinkan smart contract terhubung secara universal. Melalui jaringan oracle terdesentralisasi, Chainlink memfasilitasi interaksi aman blockchain dengan sumber data eksternal, peristiwa, dan metode pembayaran, menyediakan informasi penting di luar rantai yang dibutuhkan oleh smart contract kompleks untuk menjadi bentuk perjanjian digital yang dominan.

Di akhir tahun 2023 lalu, Vodafone, melalui platform Digital Asset Broker (DAB) mereka, telah mengumumkan kerja sama yang mengesankan dengan Sumitomo Corporation dan Chainlink Labs.

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mengatasi tantangan lama dalam ekosistem perdagangan global senilai $32 triliun, dengan fokus pada pertukaran dokumen perdagangan yang efisien melintasi berbagai platform dan blockchain.

Internet Computer (ICP) – Market Cap: $5,8 Miliar

harga internet computer
Sumber: The Coin Republic

Di posisi ketiga dalam daftar lima token crypto DeFi yang patut diperhatikan di tahun 2024, Internet Computer (ICP) menonjol dengan market cap sebesar $5,8 miliar.

Baca juga: Internet Computer Protocol (ICP): Terobosan Teknologi Masa Depan!

Blockchain Internet Computer membawa inovasi radikal dalam desain blockchain, didukung oleh terobosan dalam bidang kriptografi. ICP menyediakan blockchain “World Computer” pertama yang dapat digunakan untuk membangun hampir semua sistem atau layanan online, termasuk media sosial web yang menuntut, tanpa memerlukan IT tradisional seperti layanan cloud computing.

Kemampuannya untuk menggantikan infrastruktur IT konvensional dengan blockchain yang lebih efisien dan terdesentralisasi menawarkan potensi revolusioner, tidak hanya dalam DeFi tetapi juga dalam berbagai aplikasi online lainnya.

Uniswap (UNI) – Market Cap: $4 Miliar

uniswap
Sumber: Coinpedia

Menempati posisi keempat dalam kategori lima token crypto DeFi yang patut diperhatikan di tahun 2024, Uniswap (UNI) menonjol dengan market cap sebesar $4 miliar. Sebagai protokol perdagangan terdesentralisasi yang populer, Uniswap dikenal karena perannya dalam memfasilitasi perdagangan otomatis token DeFi.

Uniswap bertujuan untuk menjaga perdagangan token tetap otomatis dan terbuka bagi siapa saja yang memiliki token, sekaligus meningkatkan efisiensi perdagangan dibandingkan dengan bursa tradisional.

Baru-baru ini, Uniswap Labs telah meluncurkan aplikasi dompet mobile Android dengan fungsi swap bawaan, memungkinkan pengguna untuk melakukan swap token langsung dari aplikasi tanpa perlu ekstensi browser web terpisah. Telusuri selengkapnya di Uniswap Luncurkan Dompet Crypto Android yang Revolusioner!

Lido DAO (LDO) – Market Cap: $3,2 Miliar

prediksi harga ldo akhir 2023
Sumber: U Today

Menyegel posisi kelima dalam daftar lima token crypto DeFi yang patut diperhatikan di tahun 2024, Lido DAO (LDO) menonjol dengan market cap sebesar $3,2 miliar.

Sebagai organisasi otonom terdesentralisasi (DAO), Lido DAO menyediakan infrastruktur staking untuk berbagai jaringan blockchain. Keamanan Lido DAO dijamin melalui kombinasi tata kelola terdesentralisasi, kode yang telah diaudit, dan smart contract.

Protokol Lido beroperasi di Ethereum dengan dukungan smart contract yang mengelola deposit pengguna dan mendistribusikan hadiah staking, di samping fungsi lainnya.

Kemampuannya untuk menyederhanakan proses staking di berbagai blockchain menjadikan Lido DAO sebagai entitas penting dalam ekosistem DeFi, menawarkan solusi yang efisien dan aman bagi para pengguna yang ingin memaksimalkan potensi pendapatan mereka dalam dunia crypto yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: