5 Proyek NFT yang Akan Meledak di 2024: Jangan Ketinggalan!

5 Proyek NFT yang Akan Meledak di 2024: Jangan Ketinggalan!

Meskipun pasar NFT mengalami penurunan yang berkepanjangan, dengan berita terbaru tentang OpenSea yang memangkas setengah dari stafnya, analisis terkini menunjukkan bahwa pasar ini diperkirakan akan mengalami kebangkitan.

Dengan proyeksi pertumbuhan hingga dua kali lipat dari $1,6 miliar pada tahun 2023 menjadi $3,2 miliar pada tahun 2027, NFT tampaknya masih memiliki daya tarik yang kuat. Apakah kamu siap menyaksikan transformasi pasar NFT di tahun 2024?

Transformasi Digital Melalui NFT

NFT tidak hanya tentang karya seni digital atau koleksi yang unik, tetapi juga tentang bagaimana mereka memberikan bukti kepemilikan dan memastikan asal-usul yang jelas. Ini sangat penting di sektor seperti seni, permainan, dan keterlibatan pelanggan.

NFT dianggap sebagai pintu gerbang untuk menciptakan ekosistem digital yang lebih transparan dan akuntabel. Menurut Matt Medved, pendiri dan CEO nft now, tantangan terbesar adalah pendidikan pasar.

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Menggambar NFT, Kamu Sudah Punya?

Banyak orang masih mengasosiasikan NFT dengan proyek gambar profil (PFP) yang seragam dan harga yang tidak masuk akal. Edukasi menjadi kunci untuk membantu pasar mainstream memahami kekuatan dan potensi dari kepemilikan digital, kasus penggunaan yang muncul, dan pergeseran paradigma yang kita lihat dengan Web3.

Integrasi NFT dengan Aset Nyata

nft crypto

Integrasi NFT dengan Aset Nyata (Real-World Assets – RWAs) membuka peluang untuk mengubah aset fisik yang tidak likuid menjadi token on-chain yang sangat likuid. Ini memfasilitasi investasi lintas batas yang instan.

John Wu, Presiden AVA Labs, menekankan potensi transformatif NFT bagi para seniman untuk menetapkan kepemilikan atas kreasi digital mereka, menciptakan aliran pendapatan baru, dan melibatkan komunitas di sekitar karya seniman. Namun, ada kebutuhan mendesak untuk kejelasan regulasi.

Para ahli menyerukan infrastruktur yang lebih ramah pengguna dan kejelasan regulasi untuk NFT. Ini akan membantu memastikan bahwa pertumbuhan pasar NFT berkelanjutan dan sehat, serta memungkinkan adopsi yang lebih luas di berbagai sektor.

Kolaborasi Merek dan Seniman

Kolaborasi antara merek terkenal, seniman, dan komunitas seni digital dilihat sebagai langkah penting dalam mempromosikan adopsi NFT dan ekspresi kreatif. Ini juga merupakan indikasi dari pasar yang matang, di mana NFT yang berbasis nilai menjadi lebih penting daripada sekadar spekulasi.

Selain itu, ada kekhawatiran tentang jejak karbon yang terkait dengan perhitungan yang diperlukan untuk memvalidasi transaksi dan mencetak token baru di blockchain. Ini menjadi perhatian yang semakin meningkat di tengah kesadaran global tentang perubahan iklim dan keberlanjutan.

Paragraf Penutup

Pasar NFT mungkin tidak akan mengulangi kenaikan tajam seperti pada tahun 2021, namun dengan berbagai inovasi dan integrasi yang sedang berlangsung, potensi untuk kebangkitan di tahun 2024 sangatlah nyata. Apakah kamu akan menjadi bagian dari revolusi digital ini?

Baca Juga: 7 Proyek NFT Terbaik di 2022, Ada Favoritmu?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi