5 Pemilik Bitcoin (BTC) Terbanyak di Dunia, Siapa Saja Ya?

author:

5 Pemilik Bitcoin (BTC) Terbanyak di Dunia, Siapa Saja Ya?

Bitcoin (BTC), sebagai mata uang crypto pionir yang telah mendefinisikan ulang cara banyak orang memandang uang dan investasi, telah menciptakan gelombang baru jutawan dan miliarder di seluruh dunia.

Dari individu yang membeli Bitcoin di tahap awal hingga institusi besar yang mengakumulasi aset digital ini dalam jumlah besar, kepemilikan Bitcoin telah menjadi topik yang menarik dan sering diperdebatkan. Dalam artikel ini, kita akan menyelami dunia Bitcoin untuk mengungkap siapa saja pemilik Bitcoin terbanyak di dunia!

Satoshi Nakamoto

Berapa Nilai Bitcoin pada tahun 2009?
Patung Satoshi Nakamoto di Budapest Hungaria. Sumber: Forbes

Menurut perusahaan riset dan analisis Bitcoin, River Intelligence, Satoshi Nakamoto, pencipta anonim di balik Bitcoin, terdaftar sebagai pemegang BTC terbanyak pada tahun 2023. Perusahaan ini mencatat bahwa Satoshi Nakamoto memiliki sekitar 1,1 juta token BTC di sekitar 22.000 alamat berbeda.

Dalam sejarahnya, Satoshi Nakamoto adalah nama orang atau organisasi yang dianggap berjasa dalam menciptakan Bitcoin. Seluruh sejarah pencipta ini dikaburkan oleh misteri karena identitasnya tidak pernah dipublikasikan.

Baca juga: Siapa itu Satoshi Nakamoto, Sosok Penemu Bitcoin?

Lebih lanjut, Satoshi Nakamoto, menyebut Bitcoin sebagai “versi uang elektronik murni peer-to-peer” yang “memungkinkan pembayaran online dikirim langsung dari satu pihak ke pihak lain tanpa melalui lembaga keuangan atau perantara apa pun.” Dia dikatakan sebagai pemegang Bitcoin individu terbesar dan konon merupakan penambang pertama mata uang ini.

Michael Saylor

Michael Saylor miliarder crypto terkaya
Sumber: Business Insider

Michael Saylor, seorang pengusaha dan CEO MicroStrategy, dilaporkan memiliki setidaknya 17.000 BTC.

Saylor, salah satu eksekutif gelembung Internet paling terkenal, menjadi miliarder pada akhir 1990-an sebagai hasil dari kepemilikannya atas MicroStrategy. Lebih lanjut, Saylor adalah seorang pendukung Bitcoin yang menyebutnya sebagai sebuah bank di dunia maya, yang dijalankan oleh perangkat lunak yang tidak dapat rusak, menawarkan rekening tabungan global, terjangkau, sederhana, dan aman kepada miliaran orang yang tidak memiliki pilihan atau keinginan untuk menjalankan dana lindung nilai mereka sendiri.

Baru-baru ini dia telah menjadi salah satu dari sedikit maksimalis Bitcoin yang secara terbuka merangkul Ordinals. Keduanya, Saylor dan MicroStrategy adalah investor Bitcoin yang sangat besar.

Per 26 September 2023, Pintu News melaporkan bahwa Michael Saylor, melalui MicroStrategy, baru-baru ini menambahkan 5,445 Bitcoin atau setara dengan $147,3 juta ke portofolionya. Telusuri lebih lanjut di Perusahaan Michael Saylor MicroStrategy Kembali Borong Bitcoin Senailai $147 Juta!

Si Kembar Winklevoss

winklevoss twin
Sumber: Forbes

Cameron dan Tyler Winklevoss, yang juga dikenal sebagai si kembar Winklevoss, mendirikan Gemini, sebuah bursa mata uang crypto pada tahun 2014. Pertukaran ini saat ini menangani sekitar $40 juta dalam perdagangan setiap hari.

Menurut laporan, pada tahun 2013, kedua bersaudara ini membeli hampir 1% dari seluruh saham Bitcoin. Selain aset digital lain yang mungkin dimiliki oleh kedua bersaudara ini, kepemilikan bitcoin Winklevoss saat ini diperkirakan mencapai sekitar 70.000 Bitcoin.

Meskipun dikabarkan bahwa kegagalan pertukaran mata uang crypto FTX pada November 2022 lalu menyebabkan si kembar Winklevoss kehilangan lebih dari 60% kekayaan Bitcoin mereka, si kembar Winklevoss dan investasi Bitcoin mereka adalah kekuatan yang harus diperhitungkan hingga saat ini.

Tim Draper

tim draper bitcoin

Timothy Cook Draper, atau yang lebih dikenal dengan nama Tim Draper adalah pemodal ventura Amerika dan pendiri banyak perusahaan di bawah namanya ini, dikenal sebagai pendukung Bitcoin yang sangat besar.

Investasinya yang paling terkenal adalah di perusahaan-perusahaan FinTech seperti Twitter, DocuSign, Coinbase, Robinhood, Tesla, Hotmail, Skype, dan lain-lain.

Baca juga: Sejarah Uptober, Begini Prediksi Harga Bitcoin untuk Halloween 2023!

Menurut laporan, Tim Draper membayar $18,7 juta, atau sekitar $632 per koin, pada tahun 2014 untuk membeli 30.000 Bitcoin yang disita oleh US Marshals dari pasar gelap Silk Road yang ditutup. Tidak hanya itu, Draper diketahui mendukung desentralisasi dan menentang kontrol Pemerintah.

Brian Armstrong

brian amstrong miliarder crypto terkaya
Sumber: Coindesk

Brian Armstrong, selaku CEO bursa crypto Coinbase sempat mengungkapkan bahwa perusahaanya memegang 2 juta Bitcoin, yang saat itu senilai $39,9 miliar pada 30 September 2022.

Tidak hanya itu, ketika keruntuhan FTX tengah mencuri perhatian publik, Armstrong menjelaskan bahwa Coinbase tidak memiliki eksposur material apa pun terhadap FTX atau Alameda Research, dan mengingatkan para investor untuk meninjau laporan keuangan yang telah diaudit yang ditangani oleh manajemen dan konsultasi Deloitte.

Pada saat itu, Armstrong juga mengatakan bahwa Coinbase memiliki $5 miliar uang tunai di neraca, dan memegang aset tersebut dalam bentuk dolar, sehingga perusahaan tidak terpapar pada volatilitas crypto yang lebih luas.

Dalam perjalanan Bitcoin yang penuh gejolak dan menarik, telah lahir sejumlah individu dan entitas yang memegang kekuatan signifikan dalam ekosistem crypto. Pemilik Bitcoin terbanyak di dunia ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan yang mendalam terhadap potensi mata uang digital, tetapi juga menggambarkan bagaimana distribusi kekayaan bisa berubah dengan inovasi teknologi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.