5 Layer 2 Crypto List yang Patut Dipertimbangkan di 2024!

author:

5 Layer 2 Crypto List yang Patut Dipertimbangkan di 2024!

Di tengah evolusi pesat dunia crypto, tahun 2024 membawa sorotan pada lima layer 2 crypto list yang patut dipertimbangkan, menjanjikan peningkatan skalabilitas, kecepatan, dan efisiensi dalam ekosistem blockchain yang semakin berkembang.

Simak lebih lanjut mengenai layer 2 crypto list di bawah ini!

Arbitrum (ARB)

arbitrum proposal staking
Sumber: The Block

Arbitrum adalah sebuah proyek layer 2 crypto inovatif yang memungkinkan pengguna untuk membangun di atas blockchain layer-1 terbesar, Ethereum. Proyek ini dikembangkan oleh Offchain Labs, yang memanfaatkan teknologi rollup yang menggabungkan beberapa transaksi menjadi satu. Oleh karena itu, pengguna dapat menikmati skalabilitas tinggi dan biaya transaksi on-chain yang rendah.

Baca juga: 5 Layer 1 Crypto List Teratas, Apa yang Harus Diperhatikan di 2024?

Saat penulisan, kapitalisasi pasar Arbitrum mencapai $1 miliar. ARB adalah token asli dari ekosistem Arbitrum, dan pengguna dapat menggunakannya untuk pemungutan suara dalam pengembangan protokol dan alokasi dana. Pengguna dapat dengan mudah mentransfer ethereum ke Arbitrum melalui jembatan dan melakukan pertukaran dengan platform lain juga.

Menurut laporan BeInCrypto, 12,5% token ARB telah beredar saat ini. Token ini mengikuti pembukaan kunci bulanan yang dimulai pada Maret 2024 dan berakhir pada 2027.

Polygon (MATIC)

upgrade polygon matic

Polygon adalah proyek layer 2 crypto yang terkemuka dengan lebih dari 350 ribu pengguna aktif harian. Jaringan ini menawarkan transaksi cepat, hingga 7.000 per detik (TPS).

Proyek ini memiliki Total Value Locked (TVL) yang diperkirakan mencapai $796 juta. Selain itu, Polygon sepenuhnya kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) setelah peluncuran terbaru Polygon zkEVM. Ini terintegrasi dengan mulus ke dalam smart contract dan alat pengembang.

Pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi dalam staking melalui pemungutan suara atau sebagai delegasi. Jembatan tersedia untuk memfasilitasi transfer dari token asli mereka (MATIC) ke blockchain Ethereum.

Token MATIC digunakan dalam tata kelola jaringan, staking, dan pembayaran. Fitur menarik lainnya dari Polygon adalah adopsinya ke dalam rantai e-commerce, dengan waralaba seperti Starbucks, Reddit, dan Nike.

Optimism (OP)

Optimism Siap Lakukan Pembaruan Bedrock

Optimism adalah proyek layer 2 crypto terkemuka, yang menampilkan rollup yang meningkatkan efisiensi dan skalabilitas jaringan Ethereum di bawah Optimism Foundation. Dengan demikian, ia berfungsi sebagai ekstensi minimal dalam lapisan Ethereum.

Solusi skalabilitas ini sedang membangun platform “Superchain”, yang terdiri dari jaringan rantai OP Stack yang bergabung dengan OP Mainnet dengan rantai L2 lainnya. Ini berarti peluncuran Superchain akan menyatukan Optimism Mainnet dan rantai lainnya menjadi satu jaringan OP Chains, memajukan komputasi yang skalabel dan terdesentralisasi secara global.

Baca juga: Transaksi Ethereum Layer 2 Melonjak 330% di 2023: ARB dan OP Memimpin Pasar!

dYdX (DYXDX)

naiknya harga dydx
Sumber: U Today

dYdx adalah bursa terdesentralisasi yang bergeser dari rantai Ethereum utama ke solusi penskalaan layer 2, dengan fokus utama pada perdagangan derivatif perpetual. Saat ini dYdx berada di peringkat ke-7 DEX terbesar berdasarkan volume.

Mengutip laporan CoinPedia, proyek ini memiliki potensi untuk meningkatkan skalabilitas dan menampung pengguna yang tak terbatas pada blockchain-nya. Proyek ini juga memastikan penarikan dan penyetoran yang cepat dan aman serta menawarkan tingkat anonimitas tertinggi.

Immutable X (IMX)

ImmutableX (IMX)
Sumber: Immutable

Immutable X adalah jaringan Ethereum layer 2 crypto yang dibangun untuk menawarkan kecepatan, skala, dan fleksibilitas melalui solusi web3 ujung ke ujung yang sederhana. Ini terdiri dari jaringan yang solid dengan alat dan infrastruktur untuk menciptakan game crypto generasi berikutnya.

Immutable X memiliki fitur yang tak terhitung jumlahnya yang memungkinkan pengguna untuk membangun proyek NFT dengan mudah. Pengguna dapat memanfaatkan keamanan Ethereum, biaya gas nol, dan API yang ramah pengguna.

Selain itu, pengguna dapat menjelajahi pasar yang imersif untuk berdagang dan mengumpulkan di pasar Immutable sambil melihat proyek-proyek baru dan menarik.

Sebagai penutup, kelima layer 2 crypto ini menjanjikan lompatan inovatif dalam tahun 2024, membuka jalan bagi solusi blockchain yang lebih efisien, cepat, dan skalabel, yang siap mengubah wajah teknologi keuangan masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: