Top 5 Gamefi Project 2024, Bagaimana Perkembangan Tokennya?

Top 5 Gamefi Project 2024, Bagaimana Perkembangan Tokennya?

Menurut data terakhir dari DappRadar per November 2023, industri gaming berbasis blockchain telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan popularitas yang berkelanjutan.

Sektor dinamis ini telah mencapai tonggak penting dengan 1,2 juta dompet aktif unik harian (dUAW), menandai peningkatan sebesar 14% dari bulan sebelumnya. Menyumbang sebesar 34% dari seluruh domain Web3, gaming berbasis blockchain mengukuhkan posisinya sebagai komponen krusial dalam lanskap desentralisasi.

uaw dapp ekosistem
Data Dompet Aktif Unik Harian menurut DappRadar per November 2023. Sumber: DappRadar

Dengan latar belakang ini, fenomena yang dikenal sebagai GameFi, yang menggabungkan dunia gaming dengan teknologi crypto, muncul sebagai inovasi yang menarik. Melampaui sekadar hobi, GameFi telah mengubah cara kita melihat permainan menjadi kegiatan yang tidak hanya menyenangkan tapi juga menguntungkan.

Kira-kira di tahun 2024 ini, apa saja GameFi project yang potensial dan bagaimana perkembangan tokennya? Mari kita ulas 5 GameFi project terdepan di 2024 yang sedang merevolusi industri ini!

Beam Network (BEAM)

beam network
Sumber: Medium

BEAM Network, dikenal sebagai platform yang memprioritaskan privasi, membawa inovasi unik dalam ekosistem crypto. Dengan menggunakan teknologi blockchain canggih, BEAM menjamin transaksi yang aman dan anonim. Platform ini menggunakan mekanisme consensus model baru yang tidak hanya efisien tapi juga ramah lingkungan, mengurangi jejak karbon yang besar seringkali dikaitkan dengan operasi crypto.

Teknologi BEAM menawarkan pengalaman gaming yang lebih pribadi dan aman. Dengan fokus pada privasi, pemain dapat menikmati berbagai game tanpa khawatir tentang keamanan data pribadi mereka. Ini merupakan langkah besar dalam melindungi informasi pribadi pengguna di dunia digital yang semakin terbuka.

Bagaimana proyek dan perkembangan token BEAM?

harga beam
Harga BEAM 1 Tahun. Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari market Pintu, perkembangan harga BEAM terlihat signifikan. BEAM pernah menyentuh harga terendahnya di Rp48 pada 23 Oktober 2023, kemudian meroket hingga mencapai harga tertingginya di Rp371.

beamhub
Sumber: Beamhub

Menurut informasi dari situs resmi di https://hub.onbeam.com/games, platform BEAM saat ini memiliki lebih dari 180 game yang bisa dimainkan. Selain itu, BEAM juga sedang menyiapkan beberapa game baru yang akan segera diluncurkan di tahun 2024. Beberapa game yang akan datang ini termasuk Forgotten Playland, Dremica, Haven’s Compass, Devomon Callisto, dan Eclipse of Edenhorde.

Baca Juga: Apa Itu Genopets Crypto dan Cara Memainkannya?

Shrapnel (SHRAP)

game shrapnel
Sumber: Coincu News

SHRAPNEL mengusung konsep GameFi dengan cara yang unik. Proyek ini menawarkan sebuah permainan yang menggabungkan strategi dan kecepatan, memberikan pengalaman yang menegangkan dan mengasyikkan. Pemain diundang untuk terjun dalam pertempuran seru, dimana keterampilan dan strategi mereka diuji.

Keunikan SHRAPNEL terletak pada sistem ekonomi dalam game yang berbasis crypto. Pemain dapat mengumpulkan dan memperdagangkan aset digital yang mereka dapatkan selama permainan, membuka peluang baru untuk mendapatkan keuntungan. Ini tidak hanya menambah dimensi baru pada gameplay, tapi juga memberikan kesempatan finansial bagi para pemain.

Bagaimana proyek dan perkembangan token SHRAPNEL?

harga shrapnel
Harga Shrapnel 1 Tahun. Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari market Pintu, perkembangan harga Shrapnel terlihat signifikan. Shrapnel pernah menyentuh harga terendahnya di Rp519 pada 6 November 2023, kemudian meroket hingga mencapai harga tertingginya di Rp6.463 pada 8 Desember 2023.

Dilansir dari Medium, mengenai distribusi token, 6 juta token $SHRAP akan dirilis pada bulan April atau Mei 2024. Kemudian, mulai dari bulan November 2024, sekitar 46 juta token $SHRAP akan tersedia setiap bulannya.

roadmap shrapnel
Sumber: Shrapnel

Menurut website resmi di laman https://www.shrapnel.com/, Shrapnel pada tahun 2024 memiliki rencana besar dengan berbagai fitur baru dan ekspansi. Fitur yang akan datang termasuk pembuatan Insignia untuk mendesain identitas unik, portabilitas item di berbagai platform, fitur pasar untuk jual beli dan promosi item, serta kustomisasi profil pemain untuk meningkatkan persona publik mereka.

Ada juga peningkatan peluang untuk mendapatkan token SHRAP. Untuk pengembangan dan ekspansi masa depan, Shrapnel menyiapkan akses Pre-Alpha eksklusif bagi pemegang Operators dan pemilik Extraction Pack, kustomisasi skin untuk peralatan dan senjata, akses awal untuk fitur permainan baru, insentif komunitas bagi pembuat konten dan kurator, serta peluang untuk mengembangkan, menghosting, dan mempromosikan peta-peta buatan pemain.

Baca Juga: League of Ancients: Game NFT Untuk Penggemar DOTA, Bisa Dapat Penghasilan?

Illuvium (ILV)

ILLUVIUM, platform GameFi berbasis NFT, menawarkan dunia virtual yang luas dan penuh warna. Dengan grafis yang menakjubkan dan gameplay yang mendalam, ILLUVIUM membawa pemain ke sebuah pengalaman gaming yang belum pernah ada sebelumnya. Dunia ILLUVIUM penuh dengan makhluk fantastis yang dapat ditangkap, dilatih, dan dibawa bertarung.

Yang menarik dari ILLUVIUM adalah penggunaan NFT dalam setiap aspek permainan. Setiap makhluk dan item di dalam game adalah NFT unik, yang berarti pemain bisa mengumpulkan, memperdagangkan, dan bahkan menjualnya di pasar. Ini memberikan nilai nyata pada setiap item dalam game, menjadikan ILLUVIUM lebih dari sekedar permainan.

Bagaimana proyek dan perkembangan token ILV?

harga illuvium
Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari market Pintu, perkembangan harga Illuvium (ILV) terlihat signifikan. Shrapnel pernah menyentuh harga terendahnya di Rp595.118 pada 25 Juli 2023, kemudian meroket hingga mencapai harga tertingginya di Rp1.827.354 pada 26 November 2023.

uaw illuvium
UAW, Volume, dan Transaksi Illuvium dalam 30 hari. Sumber: DappRadar

Menurut Castle Crypto, salah satu pendiri Illuvium telah membahas tentang pembaruan game, termasuk mode PVP, wish list untuk upgrade, dan tanggapan positif dari uji coba permainan oleh komunitas.

Illuvium juga sedang mengembangkan fitur sosial dan multiplayer, dengan rencana untuk menambahkan fitur lobi dan fitur pendamping di masa depan, serta rencana untuk membuat game ini tersedia di perangkat seluler. Pendiri tersebut juga membahas tentang integrasi AR/VR dalam gaming, keterbatasan perangkat keras dalam Unreal Engine, dan potensi dari ETF (Exchange-Traded Fund) gaming.

Baca Juga: Cara Bermain CryptoKitties, Salah Satu Game NFT Pertama di Dunia

Pixels (PIXELS)

pixels game
Sumber: Chainplay

PIXELS membawa angin segar dengan peluncuran token PIXELS dan airdrop game yang dinanti-nanti. Platform ini menawarkan pengalaman gaming yang menyenangkan dengan tambahan elemen crypto. Pemain dapat memperoleh token PIXELS melalui berbagai aktivitas dalam game, memberikan insentif ekstra untuk bermain.

Pertumbuhan ekosistem PIXELS didukung oleh komunitas yang aktif dan bersemangat. Dengan dukungan komunitas ini, PIXELS berpotensi menjadi salah satu platform GameFi terpopuler. Keunikannya tidak hanya terletak pada gameplay, tapi juga pada integrasi crypto yang memperkaya pengalaman bermain.

Bagaimana proyek dan perkembangan token PIXELS?

Menurut akun X resmi Pixels di @pixels_official, peluncuran token PIXELS akan segera diluncurkan setelah airdrop Season 2 pada 19 Januari 2024 sukses dilaksanakan.

Dilansir dari Decrypt, Founder Pixels, Luke Barwikowski, menyatakan bahwa, “Kami tidak akan memperpanjang Play-to-Airdrop, dan ini adalah kesempatan terakhir. Ini adalah kesempatan terakhir untuk mendapatkan token PIXEL sebelum kami mengadakan acara pembuatan token. Kami tidak akan mengadakan season lain, saya janji. Token PIXEL sudah sangat dekat. Kami sangat antusias tentang tahap-tahap selanjutnya.”

Pada tanggal 31 Oktober 2023, Pixels pindah dari jaringan skala Ethereum, Polygon, ke Ronin, yang memicu lonjakan besar dalam jumlah pengguna untuk sidechain gaming yang dibuat oleh tim di balik Axie Infinity.

pixels data
Sumber: Akun X Jihoz_Axie

Menurut data yang dibagikan oleh Jeff Zirlin, salah satu pendiri Axie Infinity, Ronin memiliki hampir 180.000 pemain aktif harian per 18 Januari 2024. Dilansir dari Decrypt, angka ini merupakan peningkatan yang sangat besar dibandingkan dengan sekitar 20.000 pemain harian yang tercatat sebelum migrasi Pixels.

Baca Juga: Apa itu Plant vs Undead NFT?

Vulcan Forged (PYR)

vulcan
Sumber: Bitcoin News

Vulcan Forged, platform yang menggabungkan gaming dengan blockchain, menawarkan berbagai permainan menarik dengan sistem ekonomi internal yang kuat. Dikenal dengan token PYR, platform ini memungkinkan pemain untuk bertransaksi, memperoleh, dan membelanjakan token ini di dalam ekosistem game mereka.

Karakteristik unik Vulcan Forged adalah fokusnya pada pembangunan komunitas dan pengembangan ekosistem yang berkelanjutan. Ini bukan hanya tentang bermain game, tapi juga tentang menjadi bagian dari komunitas yang berkembang dan berkontribusi pada ekosistem GameFi yang lebih besar.

Bagaimana proyek dan perkembangan token PYR?

harga vulcan forged
Harga Vulcan Forged (PYR) 1 Tahun. Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari market Pintu, perkembangan harga Vulcan Forged (PYR) terlihat signifikan. PYR pernah menyentuh harga terendahnya di Rp42.642 pada 15 Juni 2023, kemudian meroket hingga mencapai harga tertingginya di Rp136.223 pada 1 Januari 2024.

vulcan verse
Sumber: One37pm

Dilansir dari Medium, Vulcan Forged memiliki perpustakaan game yang beragam, menawarkan lebih dari 10 game berbeda, termasuk Metaverse unggulannya, VulcanVerse. Tidak puas hanya dengan situasi saat ini, tim tersebut baru-baru ini meluncurkan blockchain khusus Metaverse Layer 1 mereka sendiri, Elysium, dengan tujuan untuk menjadi tempat hosting bagi game dan dApps (aplikasi terdesentralisasi).

Di dunia luas VulcanVerse, token PYR tidak hanya berfungsi sebagai mata uang digital yang beredar, tetapi juga sebagai inti dari ekosistem gaming Vulcan Forged. Token ERC-20 yang serbaguna ini meresap ke seluruh ekosistem dApp, menjadi mata uang universal bagi pemain di semua game di bawah naungan Vulcan Forged.

Strategi ekonomi token Vulcan Forged telah dirancang dengan hati-hati, dengan total pasokan 50 juta token PYR, di mana 20 juta di antaranya saat ini beredar di pasar. Untuk lebih mendorong keterlibatan dan partisipasi komunitas, 10 juta token PYR tambahan disediakan untuk reward pool dan imbalan staking.

Kesimpulan

Revolusi GameFi telah membuka pintu baru bagi pemain di seluruh dunia untuk menikmati hobi mereka sambil berpotensi menghasilkan pendapatan. Dengan perkembangan teknologi blockchain dan integrasi dengan gaming, masa depan industri ini tampak sangat cerah. Dengan platform-platform seperti BEAM, SHRAPNEL, ILLUVIUM, PIXELS, dan Vulcan Forged, kami memasuki era baru di mana bermain game berarti lebih dari sekedar hiburan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: