5 ETF Teratas yang Menarik Minat Investor: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

5 ETF Teratas yang Menarik Minat Investor: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Pekan lalu, pasar saham AS mencatatkan kenaikan mingguan ketiga berturut-turut, dengan November menjadi bulan terkuat tahun ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima ETF yang mendominasi daftar penciptaan teratas minggu lalu dan alasan di balik popularitas mereka.

ETF yang Mendapatkan Minat Investor Terbanyak

Minggu lalu, ETF secara keseluruhan menarik modal sebesar $33,2 miliar, dengan total aliran dana tahun ini mencapai $361,2 miliar. ETF ekuitas AS memimpin dengan aliran dana sebesar $25 miliar, diikuti oleh ETF pendapatan tetap AS sebesar $4,8 miliar dan ETF internasional sebesar $3 miliar.

SPDR S&P 500 ETF Trust (SPY), Invesco QQQ Trust (QQQ), iShares Russell 2000 ETF (IWM), Vanguard S&P 500 ETF (VOO), dan SPDR Gold Trust ETF (GLD) mendominasi daftar penciptaan teratas minggu lalu. SPDR S&P 500 ETF Trust (SPY) menjadi pencipta aset teratas, menarik modal sebesar $5,7 miliar.

Baca Juga: Indonesia dan Singapura Luncurkan Sistem Transaksi Lintas Batas!

ETF ini melacak Indeks S&P 500 dan memiliki 503 saham dalam keranjangnya, dengan masing-masing tidak lebih dari 7,4% dari total aset. SPY berat pada sektor teknologi informasi dengan porsi sebesar 29,4%, diikuti oleh sektor keuangan, kesehatan, dan konsumen diskresioner.

Alasan di Balik Popularitas ETF

institusi keuangan wall street
Sumber: Tesmanian

Pertumbuhan yang kuat di Wall Street dan harapan bahwa kampanye kenaikan suku bunga agresif The Fed mungkin segera berakhir menjadi kontributor utama rally pasar saham. Selain itu, penurunan harga minyak juga mendukung kenaikan pasar saham.

Kekhawatiran tentang permintaan, terutama dari China dan Amerika Serikat, telah menyebabkan penurunan harga minyak, yang pada gilirannya dapat membantu meredakan kekhawatiran inflasi dan meningkatkan kepercayaan investor.

Selain itu, investor juga semakin tertarik pada ETF small-cap yang dikelola secara aktif. Meskipun hanya sekitar 7% aset ETF small-cap yang dipegang dalam dana yang dikelola secara aktif, namun dana tersebut mencakup lebih dari 40% aliran dana tahun ini ke ruang ETF small-cap.

Paragraf Penutup

Dengan harapan bahwa kampanye kenaikan suku bunga The Fed mungkin segera berakhir dan penurunan harga minyak, pasar saham AS mencatatkan kenaikan mingguan ketiga berturut-turut.

Baca Juga: 5 ETF Pilihan Terbaik untuk Meraup Keuntungan dari Lonjakan Nasdaq-100

Dalam situasi ini, ETF menjadi pilihan investasi yang menarik bagi investor, dengan lima ETF teratas minggu lalu adalah SPDR S&P 500 ETF Trust (SPY), Invesco QQQ Trust (QQQ), iShares Russell 2000 ETF (IWM), Vanguard S&P 500 ETF (VOO), dan SPDR Gold Trust ETF (GLD).

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi