5 Cryptocurrency Paling Banyak Dicari Tahun 2022, Ada Favoritmu?

author:

5 Cryptocurrency Paling Banyak Dicari Tahun 2022, Ada Favoritmu?

Untuk memulai atau mengeksplor volatilitas di pasar mata uang crypto, baik investor dan calon investor pastinya melakukan pencarian informasi mengenai mata uang crypto yang paling populer dan paling banyak dibicarakan.

Langkah paling awal dan mudah dalam melakukan riset, pencarian Google menjadi salah satu medium yang membantu banyak orang mengetahui informasi terkini mengenai aset crypto.

Kira-kira, apa ya aset crypto yang paling banyak dicari orang-orang di Google? Penasaran? Cari tau selengkapnya, yuk!

Pasang Surut Crypto di Tahun 2022

Dilansir dari Cointelegraph, market cap dari semua gabungan cryptocurrency telah turun 70% year-to-date (YTD) menjadi hampir $770 miliar, yang berarti terdapat kapitulasi besar-besaran oleh pedagang dan juga investor.

Ditambah, menurunnya permintaan juga menyebabkan pencarian kata kunci “buy cryptocurrency” di internet turun ke level terendah pada Juli dan November 2022 , menurut Google Trends.

Kata Kunci buy cryptocurrency selama 2022
Kata kunci “buy cryptocurrency” selama 12 bulan terakhir. Sumber: Google Trend

Meskipun begitu, menurut laporan Pembayaran Konsumen Global Accenture 2022 terbaru menunjukkan bahwa minat investor ataupun calon investor terhadap cryptocurrency tetap tinggi meskipun terjadi pasang surut pada pasar di tahun 2022 ini. Adapun beberapa kata kunci berkaitan dengan crypto yang dicari oleh responden adalah berkaitan tentang “investasi jangka panjang” (28%), “rasa ingin tahu” (22%), “spekulasi jangka pendek” (21%), dan lain sebagainya.

10 Aset Crypto yang Paling Banyak Dicari di Google 2022

Sementara itu, penelitian terpisah oleh portal keuangan pribadi DollarGeek membahas mata uang crypto terpopuler 2022 atau yang paling banyak dicari di seluruh dunia. Dari penelitian ini, sedikit gambaran kasar terkait aset crypto yang menarik minat untuk diinvestasikan para investor di tahun 2023 mendatang bisa terlihat.

10 aset crypto paling dicari di Google 2022
10 cryptocurrency teratas berdasarkan pencarian bulanan US dan global. Sumber: DollarGeek

Bitcoin Ungguli Daftar Pencarian Google di Tahun 2022

Di penghujung tahun 2022, Bitcoin (BTC) menduduki posisi nomor 1 sebagai aset crypto yang paling banyak dicari di Google dengan jumlah pencarian bulanan mencapai 28,41 juta, menurut penelitian DollarGeek.

Seperti yang diketahui, Bitcoin (BTC) adalah aset crypto pertama. Sejak diluncurkan pada tahun 2008, harga Bitcoin telah berlipat ganda dari $1 hingga mencapai ATH sekitar $70.000 pada November 2021.

Selain itu, menurut Cointelegraph, minat investor terhadap Bitcoin akan tetap relatif tinggi karena para ahli menilai kualitasnya baik selama ini.

Tim draper ungkap harga bitcoin akan naik

Sumber: Twitter

Sebagai contoh, akun Twitter investor modal ventura, Tim Draper berpendapat bahwa di crypto winter, Bitcoin mempunyai kemungkinan untuk bisa tembus $250 ribu.

minat kata kunci beli bitcoin
Minat kata kunci “buy Bitcoin” (biru) dan “sell Bitcoin” (merah) selama 12 bulan terakhir. Sumber: Google Trend

Faktanya, meskipun harga BTC turun hampir 65%, pencarian internet selama 12 bulan terakhir mengungkapkan bahwa kebanyakan orang atau calon investor malah mencari Bitcoin untuk dibeli, bukan menjualnya. Hal inilah yang menunjukkan bahwa banyak orang ingin investasi jangka panjang untuk aset Bitcoin.

Selain itu, beberapa waktu lalu, beberapa analis dan tokoh miliarder menyebutkan bahwa Bitcoin memiliki kesempatan untuk bisa reli ke $18.000.

Koin Jagoan Elon Musk, DogeCoin, Tempati Posisi Kedua

Menyabet posisi kedua, Dogecoin berada tepat di bawah Bitcoin, menarik rata-rata 5,85 juta pencarian bulanan di seluruh dunia pada tahun 2022.

Diluncurkan pada 2013, Dogecoin dianggap sebagai salah satu koin meme terbaik di ruang aset digital. Salah satu alasan utama adalah popularitasnya yang berasal dari dukungan publik, seperti Elon Musk, CEO Tesla. Seiring dengan ketenarannya, meme-cryptocurrency ini menjadi berita besar setelah Elon Musk membeli Twitter dan menggoda para pengikutnya dengan gagasan ingin mengintegrasikan pembayaran DOGE untuk pembayaran Twitter. Tak hanya itu, Dogecoin juga mendapatkan daya tarik setelah terdaftar di Robinhood, platform perdagangan bebas komisi yang berbasis di US.

minat kata kunci dogecoin di google 2022
Minat kata kunci “Dogecoin” selama 12 bulan terakhir. Sumber: Google Trend

2 peristiwa tersebut akhirnya membantu Dogecoin mencatat lonjakan sementara dalam pencarian internet, seperti yang ditunjukkan pada bagan Google Trends di atas.

grafik kata kunci beli dogecoin
Minat kata kunci “buy Dogecoin” (biru) dan “sell Dogecoin” (merah) selama 12 bulan terakhir. Sumber: Google Trend

Meskipun harga DOGE turun sekitar 55% Year-To-Date, berdasarkan data Google Trends di atas mengindikasikan bahwa jumlah investor yang ingin membeli dogecoin relatif lebih tinggi dibanding yang ingin menjualnya.

Selain itu, dilaporkan oleh Viraj Randev di Business2Community pada November 2022, Dogecoin berhasil memberi investor pengembalian yang mengejutkan sepanjang tahun 2021. Diperdagangkan dari $0,01 pada awal tahun dan naik menjadi $0,7 pada bulan Mei, yang menandakan adanya kenaikan harga sebesar 6.900%.

Berada di Posisi Ketiga, Shiba Inu Kalahkan Dogecoin di Pencarian Area US

minat kata kunci shiba inu di google 2022
Minat terhadap kata kunci “Shiba Inu” selama 12 bulan terakhir. Sumber: Google Trend

Kata kunci Shiba Inu tempati nomor 3 di pencarian internet bulanan secara global, mencapai 4,43 juta volume pencarian. Meski merah peringkat 3 secara global, dalam pencarian area US, Shiba Inu berhasil mendapatkan lebih banyak volume pencarian sekitar 1,29 juta, dibandingkan koin rivalnya, Dogecoin yang mendapatkan volume pencarian sekitar 729,00.

Biarpun SHIB turun sekitar 75% Year-To-Date dalam kapitulasasi pasar, koin ini tetap menjadi berita hangat karena mulai terjun ke metaverse dan juga peluncuran Shibarium, blockchain lapisan-2 Ethereum Shiba Inu.

Ethereum Posisikan Diri di Nomor 4

minat kata kunci ethereum di google 2022

Minat pada kata kunci “Merge” selama 12 bulan terakhir. Sumber:
Google Trend

Selanjutnya, Ethereum menempati nomor ke-4 sebagai cryptocurrency yang paling banyak dicari di Google di seluruh dunia dengan 3,84 juta pencarian bulanan pada tahun 2022. Terlepas dari turunnya harga ETH hingga 67% Years-To-Date di market cap, menurut Cointelegraph.

Berdasarkan kapitalisasi pasar, blockchain terbesar kedua ini tetap menjadi berita sepanjang tahun karena peralihannya dari proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS). Selebihnya, ketertarikan kata kunci “Ethereum” dan istilah terkait seperti “Ethereum 2.0” dan “Merge” memuncak pada bulan September 2022 ketika peralihan PoS Ethereum berlangsung.

Pada 15 September 2022 juga, Vitalik Buterin (Pencipta Ethereum) men-tweet bahwa penggabungan Ethereum telah resmi aktif. Pembaruan baru yang dilakukannya diharapkan dapat meningkatkan transaksi Ethereum per detik menjadi sekitar 100.000.

Baca juga: Ethereum Shanghai Upgrade Maret 2023: Ethereum to the Moon?

Cardano Hadir di Jajaran 5 Cryptocurrency yang Banyak Dicari

Dilansir Cointelegraph, Cardano berhasil menarik rata-rata 1,47 juta pencarian internet bulanan pada tahun 2022, yang membawanya menjadi mata uang crypto yang paling banyak dicari di Google di seluruh dunia.

minat kata kunci cardano di google 2022
Minat pada kata kunci “Cardano” selama 12 bulan terakhir. Sumber: Google Trend

Tren Cardano mengambil momentum khususnya pada Januari 2022, ketika ADA melampaui harga Bitcoin dan Ether. Namun, beberapa bulan kemudian, pencarian Cardano menurun meskipun adanya Vasil hard fork pada bulan September 2022. Nyatanya, peristiwa ini gagal menarik lonjakan minat pengunjung Google.

Nah, itu dia 5 koin crypto peringkat teratas dalam pencarian Google selama 2022, ada koin favorite?


*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: