5 Cryptocurrency AI yang Sedang Naik Daun di Tahun 2024!

Array

5 Cryptocurrency AI yang Sedang Naik Daun di Tahun 2024!

Jakarta, Pintu News – Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan cryptocurrency adalah dua teknologi yang sedang tren saat ini. Tak heran, kedua bidang ini mulai bersatu dalam bentuk cryptocurrency AI. Artikel ini akan membahas 5 cryptocurrency AI teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, menurut CoinMarketCap.

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang digital yang dikenal sebagai investasi berisiko tinggi. Cryptocurrency dapat digunakan untuk berbelanja atau diperdagangkan, tetapi tidak dikeluarkan oleh bank sentral atau disimpan di lembaga keuangan tradisional.

Cryptocurrency bersifat terdesentralisasi, artinya catatan saldo dan transaksi tidak dikontrol oleh bank atau penyedia pembayaran, melainkan oleh orang-orang yang secara sukarela melacak semuanya menggunakan perangkat lunak khusus.

Para sukarelawan ini berpartisipasi karena berkesempatan untuk mendapatkan cryptocurrency berharga tanpa harus membayarnya. Spekulasi besar pada nilai cryptocurrency telah menyebabkan ledakan dalam jumlah dan nilai aset di ruang ini selama beberapa tahun terakhir – memuncak pada November 2021 sebelum jatuh pada musim semi 2022.

Baca Juga: Daftar 7 Crypto Termurah di Dunia yang Patut Kamu Pertimbangkan!

Apa itu AI?

altcoin crypto
Generated by AI

Kecerdasan buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang memungkinkan mesin untuk membuat keputusan berdasarkan data, semakin meniru kecerdasan manusia. Contoh populer baru-baru ini termasuk karya seni yang dihasilkan AI – di mana program menafsirkan permintaan pengguna, yang ditulis dalam bahasa alami, untuk membuat karya seni digital, dan ChatGPT, aplikasi yang dapat ‘menulis’ sesuai dengan ringkasan yang diajukan oleh pengguna.

Dalam kedua kasus, hasilnya cukup dekat dengan apa yang mungkin dibuat oleh orang sungguhan sehingga dapat disalahartikan sebagai ciptaan manusia, dan aplikasi ini semakin canggih. Kasus penggunaan untuk AI secara efektif tidak terbatas, dan teknologi ini telah menemukan jalannya ke dalam ruang cryptocurrency.

Apa itu Cryptocurrency AI?

Cryptocurrency AI adalah token yang mendukung platform blockchain AI seperti The Graph. Pengguna membelanjakan token untuk menggunakan platform dan manfaat dari kecerdasan buatan yang terintegrasi. Berikut adalah beberapa proyek cryptocurrency AI terkemuka berdasarkan kapitalisasi pasar crypto mereka untuk melihat bagaimana AI digunakan dalam sektor ini.

5 Cryptocurrency AI Teratas

near pangkas karyawan
Sumber: Near Blog

1. Near Protocol (NEAR)

  • Kapitalisasi pasar: £5,9 miliar
  • NEAR saat ini diperdagangkan pada £5,54.

2. Render (RNDR)

  • Kapitalisasi pasar: £3 miliar
  • RNDR saat ini diperdagangkan pada £7,89.

3. The Graph (GRT)

  • Kapitalisasi pasar: £2,1 miliar
  • Cryptocurrency asli berbasis Ethereum, GRT, bernilai £0,22 pada saat penulisan, turun dari puncaknya pada Februari 2021 sebesar £2,09.

4. Bittensor (TAO)

  • Kapitalisasi pasar: £2 miliar
  • TAO saat ini diperdagangkan pada £2,99

Bagaimana Cara Membeli Cryptocurrency AI?

Banyak cryptocurrency AI dapat dibeli menggunakan beberapa bursa crypto, seperti cryptocurrency tradisional seperti Bitcoin dan Ethereum.

Untuk berdagang, investor perlu membuka akun – yang sering kali melibatkan beberapa langkah verifikasi identitas, dan menyetor sejumlah mata uang fiat. Mereka kemudian dapat menavigasi ke halaman cryptocurrency AI yang ingin mereka beli di bursa, memasukkan jumlah yang ingin mereka beli, dan mengeksekusi perdagangan.

Bagaimana Cara Menyimpan Cryptocurrency AI?

Sebagian besar bursa menawarkan fasilitas dompet crypto gratis untuk menyimpan kunci pribadi dan publik – kredensial yang diperlukan untuk membelanjakan atau memperdagangkan aset crypto. Jika investor crypto lebih suka, mereka dapat menyimpan kunci mereka di cold wallet offline.

Cold wallet bisa dibilang lebih aman daripada dompet panas, karena peretas tidak dapat menargetkannya dengan mudah. Namun, jika investor kehilangan detail login untuk dompet dingin mereka, mereka tidak akan mendapatkan dukungan untuk mendapatkan kembali akses ke kunci mereka yang seharusnya mereka dapatkan dengan hot wallet.

Penutup

Cryptocurrency AI adalah bidang yang menarik dengan banyak potensi. Namun, penting untuk diingat bahwa cryptocurrency adalah investasi berisiko tinggi, dan tidak ada jaminan bahwa Anda akan menghasilkan uang. Pastikan untuk melakukan riset sebelum berinvestasi dalam cryptocurrency AI, dan hanya berinvestasi dengan uang yang kamu mampu untuk kehilangan.

Baca Juga: Harga Stacks (STX) Sempat Meroket 22%, Akankah Kenaikan Harga Ini Terulang Kembali?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array