5 Crypto Paling Populer 2023, Ada Koin Jagoanmu?

author:

5 Crypto Paling Populer 2023, Ada Koin Jagoanmu?

Di tengah gejolak dan perkembangan dunia crypto, tahun 2023 telah menyaksikan munculnya beberapa mata uang digital yang mendominasi pasar. Dari veteran industri hingga pendatang baru yang revolusioner, lima cryptocurrency ini telah berhasil menarik perhatian investor, pengguna, dan pengamat teknologi dari seluruh dunia.

Kira-kira, koin crypto apa saja yang populer di tahun 2023? Simak jawabannya di bawah ini!

Bitcoin (BTC)

crypto populer 2023

Bitcoin (BTC), mata uang digital yang telah lama menjadi pemimpin dalam dunia crypto, kembali menunjukkan kekuatannya di tahun 2023. Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai angka mengesankan sebesar $723 miliar, Bitcoin tidak hanya mempertahankan posisinya sebagai salah satu mata uang crypto terpopuler, tetapi juga terus menarik perhatian investor dan penggemar crypto di seluruh dunia.

Saat penulisan, harga BTC tercatat telah melonjak sekitar 123,59% dalam waktu 1 tahun terakhir. BTC menyentuh harga terendahnya di Rp256.047.934 dan harga tertingginya Rp589.116.472.

Pada tahun 2023 ini, Bitcoin mencatatkan sebuah pencapaian yang signifikan. Menurut data terbaru dari CoinShares, arus masuk investasi ke dalam produk Bitcoin mencapai rekor baru dengan total sebesar $1,5 miliar. Ini menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari para investor terhadap Bitcoin, meskipun di tengah fluktuasi pasar crypto yang sering kali tidak terduga. Telusuri selengkapnya di Investasi Produk Bitcoin Capai $1,5 Miliar di Tahun Ini! Bagaimana dengan Tahun 2024?

Ethereum (ETH)

crypto populer 2023

Ethereum (ETH), salah satu mata uang digital terkemuka, telah menunjukkan kekuatannya sebagai pemimpin di dunia crypto pada tahun 2023. Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $241 miliar, Ethereum tidak hanya mempertahankan posisinya sebagai salah satu mata uang crypto terpopuler, tetapi juga terus menunjukkan inovasi dan dominasi di pasar.

Menurut laporan terbaru dari Messari, Ethereum telah mendominasi pasar Layer-1 dengan menguasai lebih dari 90% pendapatan di kuartal ketiga tahun ini. Ini adalah pencapaian yang menegaskan posisi Ethereum sebagai pemimpin pasar, terutama di tengah persaingan yang semakin ketat di antara berbagai blockchain.

Telusuri selengkapnya di Jaringan Ethereum Menyumbang Lebih dari 90% dalam Pendapatan Layer 1 di Q3 Tahun Ini.

Tether (USDT)

crypto populer 2023

Tether (USDT), mata uang crypto yang dikenal sebagai stablecoin, telah menegaskan dominasinya di pasar crypto pada tahun 2023. Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $88 miliar, USDT tidak hanya mempertahankan posisinya sebagai salah satu mata uang crypto terpopuler, tetapi juga terus menunjukkan kekuatannya di pasar stablecoin.

Menurut laporan terbaru dari Glassnode, Tether telah mencapai tingkat dominasi yang belum pernah terlihat sejak awal 2021, dengan memegang 72% pangsa pasar stablecoin. Ini bukan hanya sebuah kebangkitan, melainkan demonstrasi berkelanjutan dari dominasi Tether yang tidak pernah goyah. Dalam sejarahnya, USDT selalu berhasil mengungguli stablecoin lainnya yang beredar.

Baca juga: Tether (USDT) Kuasai Pasar Stablecoin dengan 72% Dominasi, Pecahkan Rekor Baru!

Dominasi USDT di pasar stablecoin tidak bisa diabaikan. Dengan pasokan beredar sebesar 88,5 miliar, USDT telah mencapai tonggak baru. Pasokan ini didistribusikan di berbagai blockchain, dengan 48 miliar di Tron dan 40 miliar di Ethereum, menunjukkan fleksibilitas dan penerimaan luas USDT di berbagai platform.

BNB (BNB)

bnb chain layer 2 testnet

BNB (Binance Coin), mata uang crypto yang dikembangkan oleh Binance, salah satu platform perdagangan crypto terkemuka di dunia, telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2023. Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $34 miliar, BNB terus menunjukkan inovasi dalam ekosistem crypto.

Salah satu pencapaian penting Binance di tahun ini adalah peluncuran BNB Safe{Wallet}, sebuah dompet digital yang dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra bagi pengguna. BNB Safe{Wallet} berbasis pada protokol Gnosis Safe, yang menawarkan keamanan dan multifungsi. Dompet ini dapat diakses melalui Binance Smart Chain (BSC) dan opBNB, menunjukkan fleksibilitas dan inovasi yang ditawarkan oleh Binance. Simak selengkapnya di Binance Tingkatkan Keamanan dengan Peluncuran Dompet Digital BNB Safe{Wallet}!

Ripple (XRP)

potensi ripple

Ripple (XRP), perusahaan fintech yang terkenal dengan mata uang crypto-nya, telah menunjukkan kekuatan yang signifikan di pasar crypto pada tahun 2023. Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $32 miliar, Ripple juga konsisten menunjukkan inovasi dan pengaruhnya di industri.

Baca juga: Ripple Buat Gebrakan, Berhasil Masuk ke Daftar Fintech 100 Terbaik Dunia 2023!

Salah satu pencapaian penting Ripple di tahun ini adalah meraih dua penghargaan bergengsi di Future Digital Awards for Fintech & Payments 2023 yang diselenggarakan oleh Juniper Research. Penghargaan tersebut adalah “Sustainability in Fintech Innovation of the Year” dan “CBDC Innovation”. Penghargaan ini diberikan kepada Ripple atas inovasinya dalam menciptakan Palau Stablecoin (PSC) yang didukung oleh Dolar AS dan diterbitkan di XRP Ledger (XRPL), yang dikenal sebagai blockchain yang netral terhadap karbon.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: