5 Crypto yang Naik Hari Ini (20/2/23), Bukan Bitcoin?

author:

5 Crypto yang Naik Hari Ini (20/2/23), Bukan Bitcoin?

Mengikuti tren naik yang telah terjadi sejak awal tahun 2023, berikut 5 aset crypto yang naik cukup signifikan dan masuk ke dalam kategori top movers hari ini menurut market Pintu.

Kira-kira apa saja aset crypto tersebut? Simak berita lengkapnya di bawah!

1. Alchemy Pay (ACH)

Harga Alchemy Pay Hari Ini
Sumber: Pintu Market

Dilansir dari Market Pintu, Alchemy Pay (ACH) masuk ke dalam aset crypto top movers pertama yang naik hingga 39,46% dalam waktu 24 jam, per 20 Februari 2023. Kenaikan harga ini membawa ACH menyentuh harga tertingginya di angka Rp516.

Dilansir dari Investing Cube (17/1/23), terdapat beberapa alasan mengapa harga ACH melonjak. Pertama, Alchemy Pay meningkat karena melonjaknya mata uang digital. Bitcoin telah mencapai sekitar $21.000 sementara Ethereum telah bergerak di atas $1.500. Secara historis, mata uang crypto cenderung bergerak secara berkorelasi. Selain itu, indeks Amerika dan global seperti Dow Jones, Nasdaq 100, dan FTSE 100 telah melonjak dalam beberapa hari terakhir.

Kedua, alasan harga ACH meraung kembali adalah karena investor bereaksi terhadap kemitraan barunya bersama Visa, jaringan pembayaran terbesar di dunia. Visa mendaftarkan Alchemy sebagai salah satu penyedia layanan resminya. Tak hanya itu, Alchemy juga telah bermitra dengan Wonderland, sebuah platform game terkemuka. Alasan lain mengapa ACH melejit adalah penghargaan inovasi baru-baru ini dari Forbes dan kemitraannya dengan CoinTR.

Baca juga: Prediksi Harga Alchemy Pay 2023: Berpotensi Naik Hingga 563%?

2. Waves (WAVES)

Sumber: Pintu Market

Masih dari Market Pintu, per 20 Februari 2023, aset crypto WAVES juga masuk ke dalam jajaran aset crypto top movers ke-2 yang naik hingga 22,47% dalam waktu 24 jam. Kenaikan harga ini mendorong WAVES menyentuh harga tertingginya di angka Rp51.289.

Mengutip dari CoinMarketCap, Waves adalah platform blockchain serbaguna yang mendukung berbagai kasus penggunaan, termasuk aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan smart contract. Diluncurkan pada bulan Juni 2016, Waves awalnya bertujuan untuk meningkatkan platform blockchain pertama dengan meningkatkan kecepatan, utilitas, dan keramahan pengguna.

Lebih lanjut, platform ini telah mengalami berbagai perubahan dan menambahkan fitur-fitur spin-off baru untuk mengembangkan desain aslinya.

Menurut Bitcoinist (17/2/23), jumlah transaksi jaringan Waves (WAVES) telah mengalami peningkatan sejak awal tahun 2023. Waves (WAVES) telah mencatatkan kenaikan pada grafik pertumbuhan selama beberapa minggu terakhir. Dengan demikian, Waves (WAVES) saat ini berada di atas level resistensi $2,36 atau Rp35.776. Meski begitu, beberapa investor mempertimbangkan Waves (WAVES) sebagai opsi investasi jangka pendek.

3. Neo (NEO)

Sumber: Pintu Market

Selanjutnya, token NEO dari Neo menempati posisi ke-3 dari daftar top movers di market Pintu hari ini. Per 20 Februari 2023, NEO naik sebesar 21.08% dalam waktu 24 jam, dan menyentuh harga tertingginya di Rp183.246. Apa yang menyebabkan harga NEO naik?

Dilansir dari Cryptoslate (9/2/23), pada 7 Februari 2023, NEO telah mengumumkan kemitraan barunya dengan “FindTruman,” sebuah game Web3 yang menghadirkan format cerita “a first-person immersion style”, gaya narasi yang dirancang untuk memberikan pengalaman mendalam bagi pemain.

Game ini diinkubasi melalui Program EcoBoost NEO, yang menyediakan dana sebesar $200 juta untuk proyek-proyek kecil dan menengah untuk dikembangkan dan dibangun di atas blockchain NEO N3.

4. Storj (STORJ)

Sumber: Pintu Market

Di sisi lain, token crypto STORJ juga alami peningkatan sebesar 16,71% dalam waktu 24 jam. STORJ sempat menyentuh harga terendahnya di Rp6.545 pada 19 Februari 2023, dan harga tertingginya di Rp7.936 pada 20 Februari 2023.

Secara singkat, Storj (STORJ) adalah mata uang crypto ERC-20 yang dibuat untuk menciptakan rantai penyimpanan data yang terdesentralisasi, dan dianggap sebagai “iCloud” dari blockchain dengan menawarkan penyimpanan yang terjangkau untuk pengguna web3. Setiap node dalam jaringan Storj hanya menerima bagian tertentu dari data, sementara kunci penghapus enkripsi memberikan ruang keamanan internet yang terdesentralisasi di antara node dan host, mengutip dari Blockchain Reporter.

5. Solana (SOL)

Sumber: Pintu Market

Sama seperi 4 aset crypto yang sudah disebutkan di atas, Solana (SOL) hari ini juga masuk ke dalam jajaran top movers di market Pintu. Per 20 Februari 2023, SOL naik 11,69% dalam 24 jam. SOL sempat menyentuh harga terendahnya di Rp357.449 pada 19 Februari 2023, dan mencapai nilai tertingginya Rp405.866 pada hari ini.

Baca juga: Harga Solana Hari Ini 20 Februari 2023: Naik Lebih Dari 11%, Ada Apa Dengan Solana?

Selain karena pasar crypto yang mengalami peningkatan, naiknya harga SOL juga diduga karena adanya peluncuran Solana Mobile Saga dalam waktu dekat, menurut laporan Coingape (19/2/3). Telah diumumkan pada akhir tahun lalu, para komunitas terlihat sangat antusias menantikan adanya smartphone keluaran dari Solana Mobile ini.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: