5 Artis Kenamaan Dunia Selenggarakan Konser di Metaverse!

5 Artis Kenamaan Dunia Selenggarakan Konser di Metaverse!

Jika Metaverse sudah memiliki hampir semua hal yang dimiliki dunia nyata mulai dari pakaian, makanan, dan juga real estate maka sangat masuk akal jika musik juga akan menentukan masa depannya di Metaverse.

Saat metaverse masih dalam tahap awal pengembangannya, beberapa artis besar kenamaan dunia telah tampil di Metaverse untuk menunjukkan karyanya. Terhentinya tur acara musik karena pandemi sejak tahun 2020 membuat Metaverse menjadi salah satu pilihan yang semakin menarik bagi para artis.

Metaverse merupakan platform alternatif bagi mereka yang mencari cara untuk dapat terhubung dengan audiens. Berikut ini adalah 5 artis papan atas dunia yang telah tampil di Metaverse dan membawa pengalaman konser yang tidak pernah kamu saksikan sebelumnya.

1. Marshmello: Fortnite

Konser Metaverse
Getty Images

Marshmello sang DJ bertopeng terkenal telah melakukan debut Metaverse-nya pada tahun 2019 bahkan sebelum metaverse sepopuler sekarang. Konser musik yang diselenggarakan Fortnite ini menandai persilangan pertama antara industri musik dan Metaverse yang berkembang pesat.

2. Travis Scott: Fortnite

Konser Metaverse
Forbes

Meskipun Travis Scott bukan artis pertama yang tampil di Fortnite, konsernya yang berlangsung pada April 2020 adalah konser Metaverse kali pertama yang benar-benar terdaftar di lanskap musik yang lebih luas. Konser Scott menjadi salah satu konser yang paling banyak dihadiri di Metaverse dengan hampir 28 juta orang penonton.

3. Justin Bieber: Wave

Konser Metaverse
The Hollywood Reporter

Pada 19 November 2021 yang lalu, Justin Bieber mengadakan pertunjukan Metaverse pertamanya di sebuah platform musik virtual Wave. Avatar Bieber tampak seperti nyata dengan latar belakang panggung yang spektakuler. Bieber menampilkan beberapa lagu hits seperti “Peaches” dan “Lonely” dari album Justice di konsernya.

Baca Juga: 5 Selebriti Populer Dunia Ini Faktanya Penggemar Berat Crypto!

4. Ariana Grande: Fortnite

Konser Metaverse
Digital Trends

Melanjutkan kesuksesan penampilan Fornite Travis Scott, Epic Games membawa Ariana Grande ke konser Metaverse pada Agustus 2021. Selain menyaksikan penampilan Grande di atas panggung virtual, pemirsa juga dibawa ke serangkaian mini-game dan berbagai fitur interaktif lainnya.

5. Post Malone: Horizon World

Konser Metaverse
Financial Times

Pada Februari 2021, Post Malone menyelenggarakan konser di Metaverse untuk merayakan ulang tahun ke-25 Pokemon. Setelah itu pada Juni 2021, Malone menyelenggarakan “block party” di Metaverse Meta’s Horizon World.

Beberapa tamu spesial seperti Roddy Ricch, Kid LAROI dan Fleet Foxes bergabung dengan Malone untuk membawakan beberapa lagu dari album terbarunya, Twelve Carat Toothache.

Menarik sekali, bukan? Siapa lagi nih kira-kira musisi yang kamu tunggu di dunia Metaverse?

Referensi:

Adrian Pennington. Ariana Grande’s Fortnite Concert Opens Up the Metaverse. Diakses tanggal: 03-10-22

ONE37pm. Ten Major Artists Who Have Performed in the Metaverse. Diakses tanggal: 03-10-22

Victoria Copans. Justin Bieber Joins the Metaverse With Wave Performance. Diakses tanggal: 03-10-22