5 Altcoin yang Patut Diperhatikan di Januari 2024!

author:

5 Altcoin yang Patut Diperhatikan di Januari 2024!

Memasuki tahun baru, pasar crypto terus menawarkan peluang menarik, terutama melalui altcoin yang menunjukkan potensi besar. Lima altcoin ini, KAVA, Near Protocol (NEAR), Avalanche (AVAX), Axie Infinity (AXS), dan Stellar (XLM), telah menarik perhatian dengan perkembangan bullish mereka yang dapat memicu lonjakan harga signifikan.

Simak lebih lanjut, yuk!

KAVA: Reduksi Inflasi Menjadi 0

Baru-baru ini, tim KAVA telah mengumumkan bahwa setelah peluncuran KAVA Mainnet 15, token tersebut akan memiliki inflasi nol mulai 1 Januari 2024, mengarah pada pasokan tetap sebanyak 1 miliar token. Karena tidak ada koin baru yang akan dicetak, hadiah staking akan bersumber dari Kava Strategic Vault.

Baca juga: 3 Mata Uang Crypto di Bawah $1 yang Berpotensi Meledak di 2024!

Dilansir BeInCrypto, harga KAVA telah meningkat sejak menembus garis resistensi menurun pada Oktober. Penembusan ini juga menyebabkan pergerakan di atas area horizontal $0,70, mengarah pada puncak $0,95 minggu ini.

RSI adalah indikator momentum yang digunakan trader untuk mengevaluasi apakah pasar overbought atau oversold dan apakah akan mengakumulasi atau menjual aset.

Pembacaan di atas 50 dan tren naik menunjukkan bahwa bulls masih memiliki keuntungan, sementara pembacaan di bawah 50 menunjukkan sebaliknya.

RSI mingguan mendukung penembusan karena meningkat di atas 50 (ikon hijau) ketika harga menembus.

Sumber: TradingView

KAVA kini mendekati resistensi berikutnya di $1. Jika ditutup di atasnya, harga bisa meningkat 60% ke resistensi berikutnya di $1,50.

Meskipun prediksi harga KAVA ini bullish, kegagalan untuk menutup di atas $1 dapat memicu penurunan 25% ke area dukungan $0,70.

Avalanche (AVAX): Peluncuran Dompet Baru

Menurut pengumuman bulan lalu, dompet Avalanche saat ini akan dihentikan pada 23 Januari 2024. Ini adalah hasil dari transisi ke Core Wallet, yang memudahkan operasi portofolio dan staking. Penting untuk dicatat bahwa ini tidak akan mempengaruhi delegator dan validator aktif, dan frasa benih yang sama akan berfungsi untuk Core Wallet.

Menurut laporan BeInCrypto, harga AVAX telah mengalami lonjakan tajam sejak Oktober 2023, dimulai dari harga rendah $8,65 dan mencapai puncak $49,95 pada 24 Desember 2023.

Selama kenaikan mengesankan ini, AVAX berhasil keluar dari garis resistensi menurun 750 hari yang telah berlangsung sejak mencapai harga tertinggi sepanjang masa, secara signifikan mempercepat lintasan naiknya setelah itu.

Selama sepuluh minggu terakhir, harga AVAX telah menghasilkan sembilan candlestick bullish mingguan, menegaskan kekuatan momentum bullishnya.

Baca juga: Heboh! Avalanche Foundation Borong Memecoin Demi Budaya Crypto

Sumber: TradingView

Meskipun AVAX mencapai puncak tahunan baru $49 minggu lalu, saat ini sedang membentuk candlestick bearish engulfing. Namun, jika pergerakan naik berlanjut, AVAX dapat meningkat 70% ke resistensi berikutnya di $68.

Meskipun prediksi harga AVAX ini bullish, pembentukan candlestick bearish engulfing akan berarti puncak lokal telah tercapai. Dalam hal ini, harga AVAX bisa turun 15% ke dukungan retracement Fib 0,382 di $34.

Axie Infinity (AXS): Pengenalan Evolusi Bagian

Baru-baru ini, Axie Infinity mengumumkan pembaruan baru untuk Axie Origins. Mulai 3 Januari 2024, “Parts Evolution Utility” akan diluncurkan, mengubah Axies menjadi NFT dinamis yang dapat ditingkatkan seiring waktu.

Berdasarkan catatan BeInCrypto, harga AXS telah meningkat sejak jatuh ke harga rendah $4,05 pada Oktober. Bulan berikutnya, harga tersebut berhasil menembus garis resistensi menurun yang telah ada selama 520 hari. Hal ini mengarah pada puncak $11,15 minggu ini.

Namun, AXS mengalami penurunan setelah ditolak oleh area resistensi $9,50 dan menciptakan sumbu atas yang panjang (ikon merah). Penting untuk disebutkan bahwa masih ada dua hari lagi hingga penutupan mingguan.

Baca juga: Heboh! Axie Infinity Luncurkan Toko Merchandise dan Beri Hak Komersial ke Pemilik NFT

Sumber: TradingView

Jika harga AXS ditutup di atas area resistensi $9,50, harga tersebut dapat meningkat 100% lagi dan mencapai resistensi berikutnya di $19. Meskipun prediksi ini bullish, jika AXS gagal ditutup di atas $9,50, harga tersebut bisa turun 33% ke dukungan terdekat di $6,50.

Stellar (XLM): Pembaruan Mainnet

Menurut cuitan pada 20 Desember 2023 lalu, validator jaringan Stellar telah sepakat untuk melakukan pemungutan suara pada 30 Januari 2024 mengenai pembaruan Mainnet ke Protokol 20. Protokol 20 akan mengimplementasikan 12 Core Advancement Proposals baru dan mengaktifkan kemampuan Soroban, menambahkan platform untuk eksekusi kontrak pintar ke Jaringan Stellar.

Harga XLM telah meningkat sejak Oktober 2023, ketika berhasil menembus garis resistensi menurun. Sejak itu, telah terjadi tiga percobaan breakout yang gagal (ikon merah) di atas level resistensi retracement Fib 0,382 dari penurunan sebelumnya di $0,14.

Sumber: TradingView

Karena resistensi melemah setiap kali disentuh, breakout akhirnya kemungkinan besar akan terjadi. Hal ini dapat memicu kenaikan 20% ke resistensi berikutnya di $0,16. Meskipun prediksi harga XLM ini bullish, kegagalan untuk breakout dapat memicu penurunan 15% ke dukungan terdekat di $0,11.

Near Protocol (NEAR): Penutupan Altcoin Pilihan Januari

Pada Oktober 2023 lalu, tim Protokol NEAR mengeluarkan pembaruan tentang NEAR Block Explorers. Meskipun NEAR Block Explorer asli awalnya penting bagi blockchain, kini explorer blok alternatif telah melampaui performanya.

Baca juga: NEAR dan Polygon Labs Bersatu, Inovasi Baru di Dunia Crypto!

Akibatnya, NEAR Block Explorer Selector diluncurkan pada Oktober, dan Explorer asli akan dimatikan pada 31 Januari. Langkah ini diambil untuk memungkinkan pengguna dan pengembang memilih explorer buatan komunitas favorit mereka sendiri.

Mirip dengan altcoin lainnya pada bulan Januari, NEAR berhasil menembus garis resistensi menurun pada Oktober. Peningkatan ini menyebabkan breakout di atas area resistensi $3,20 dan mengarah pada puncak tahunan baru $4,62 minggu ini. Area ini kini diharapkan dapat memberikan dukungan.

Sumber: TradingView

Jika breakout berlanjut, NEAR dapat meningkat 50% lagi dan mencapai resistensi berikutnya di $6. Meskipun prediksi harga NEAR ini bullish, penutupan di bawah $3,10 akan membatalkan breakout. Dalam hal itu, NEAR bisa turun 45% ke dukungan terdekat di $2,10.

Secara keseluruhan, lima altcoin ini menawarkan peluang menarik bagi para investor crypto di bulan Januari 2024. Dengan perkembangan terbaru dan potensi pertumbuhan harga, mereka mewakili pilihan investasi yang menjanjikan di awal tahun.

Meski begitu, tetaplah perhatikan pasar dan lakukan risetmu sebelum berinvestasi, karena pasar crypto selalu bergerak secara dinamis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: